10 Serial Kamen Rider dengan Konsep Kekuatan yang Paling Menarik

 

Setiap serial Kamen Rider selalu menghadirkan tema beserta konsep kekuatan yang unik. Selain itu, serial tersebut seringkali menghadirkan formula-formula yang mainstream, seperti pertarungan antara Rider dan form yang terinspirasi dari hewan.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin membagikan opini pribadi terkait serial Kamen Rider dengan konsep kekuatan yang paling menarik. Apa sajakah itu? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Kamen Rider Ryuki

Kamen Rider Ryuki merupakan serial yang menyuguhkan konsep baru dan out of the box pada masanya. Tidak seperti cerita Kuuga dan Agito, para Rider dalam cerita Ryuki menggunakan device yang lebih canggih untuk bertransformasi.

Mereka menggunakan Visor dan Advent Card yang berisi kartu-kartu pendukung dalam pertempuran. Selain itu, mereka juga menjalin kontrak dengan monster cermin. Cerita juga semakin menarik berkat adanya battle royale yang melibatkan seluruh Rider.

2. Kamen Rider Kabuto 

Salah satu aspek yang membuat serial Kamen Rider Kabuto berbeda dari serial lain adalah para Rider mempunyai dua armor utama, yaitu Masked Form dan Rider Form. Masked Form mempunyai keunggulan dalam hal pertahanan, sedangkan Rider Form sangat unggul dalam hal serangan. 

Untuk memasuki Rider Form, mereka bisa mengaktifkan sistem Cast Off dan melepas armor mereka. Selain itu, mereka juga bisa meningkatkan kecepatan mereka melalui Clock Up. Dengan cara itu, mereka bisa melawan kekuatan Worm.

3. Kamen Rider Den-O

Berbeda dari serial sebelumnya, Kamen Rider Den-O menyuguhkan konsep yang jauh lebih unik dan anti mainstream pada masanya. Bagaimana tidak? Nogami Ryotaro sebagai karakter utama bisa bergabung dengan para monster Imajin untuk mengakses berbagai form keren.

Setelah Kamen Rider Den-O, beberapa serial Kamen Rider juga menggunakan konsep yang hampir sama. Contohnya adalah Kamen Rider Kiva yang bisa bergabung dengan beberapa monster, seperti Galulu dan Dogga. 

Baca juga: 18 Form Kamen Rider Geats yang Keren dan Menarik

4. Kamen Rider Decade

Sejujurnya, Kamen Rider Decade mempunyai kekuatan yang sangat keren dan mempunyai potensi yang sangat besar untuk dieksplorasi. Dia bisa menjelajahi dunia Rider lain sesuka hatinya. Selain itu, dia juga bisa mengakses kekuatan Rider lain.

Meskipun konsep Kamen Rider Decade sangat bagus, alur cerita dari serial tersebut sangatlah buruk dan tidak tertata dengan rapi. Ada banyak adegan-adegan absurd yang kurang nyambung, seperti momen saat Decade yang berkunjung ke dunia Super Sentai.

5. Kamen Rider Double

Sejak awal, Kamen Rider Double memang begitu menarik perhatian karena serial itu mengusung konsep 2 in 1. Dalam serial tersebut, ada dua karakter utama yang bergabung bersama untuk menjadi Kamen Rider Double.

Selain itu, konsep detektif yang dihadirkan dalam serial Double juga membuat alur cerita jadi tambah menarik. Meskipun sedikit berbeda, formula 2 in 1 juga dipakai lagi dalam cerita Kamen Rider Build.

6. Kamen Rider OOO

Berbeda dengan Double, Kamen Rider OOO mempunyai form bernama Combo yang bisa diakses dengan menggunakan tiga Core Medal. Hal itu membuat dia mampu mengakses tiga kekuatan tertentu dalam satu form.

Selama cerita, OOO bisa menggunakan berbagai form dan kombinasi yang sangat banyak. Namun, kekuatannya bisa mencapai maksimal apabila dia menggunakan tiga Core Medal sejenis. Contohnya adalah Latorartar dan Tajadol Combo

7. Kamen Rider Gaim

Kebanyakan serial Kamen Rider menghadirkan form yang berbasis pada hewan, seperti serangga, naga, dan sejenisnya. Namun, Kamen Rider Gaim menghadirkan konsep yang sangat fresh karena form yang ada di serial tersebut terinspirasi dari buah dan samurai. 

Ide itulah yang membuat serial Kamen Rider Gaim jadi sangat unik dan anti mainstream. Selain itu, alur cerita dari Kamen Rider Gaim tidak hanya berfokus pada pertarungan melawan monster. Akan tetapi, konflik antar Rider juga terasa begitu kuat. 

Baca juga: 8 Serial Tokusatsu Menarik yang Berasal dari Korea

8. Kamen Rider Ghost

Banyak fans yang beranggapan bahwa Kamen Rider Ghost adalah serial yang buruk karena ada banyak factor, seperti alur cerita yang jelek dan garing. Terlepas dari hal itu, konsep kekuatan yang dihadirkan dalam serial itu sebenarnya terbilang unik.

Dalam cerita Kamen Rider Ghost, para Rider bisa menggunakan Eyecon yang menyimpan kekuatan dari tokoh-tokoh terkenal. Contohnya adalah Robin Hood, Thomas Edison, Beethoven. Sayangnya, form-form yang dihadirkan terlihat kurang pas dan cenderung absurd.

9. Kamen Rider Ex-Aid

Kamen Rider Ex-Aid termasuk serial yang sangat unik dan juga anti mainstream. Pertama-tama, desain dari para Rider terlihat sangat lucu walaupun mungkin banyak yang kurang suka. Selain itu, sistem kekuatan para Rider tersebut juga sangat menarik.

Para Rider dalam cerita Ex-Aid bisa dibilang sebagai perpaduan antara dokter dan gamer. Mereka mempunyai berbagai form menarik yang terinspirasi dari game. Tidak hanya itu aja, mereka juga bisa naik level dan bertambah kuat. 

10. Kamen Rider Geats

Kamen Rider Geats memang menggunakan formula-formula yang pernah digunakan pada serial sebelumnya, seperti persaingan antar Rider dan motif berbasis hewan. Namun, serial tersebut menghadirkan konsep kekuatan unik bernama Revolve On.

Revolve On memungkinkan Rider untuk bertukar posisi armor dari tubuh bagian atas ke bagian bawah dan begitupun sebaliknya. Selain itu, armor yang digunakan para Rider pun sangat bervariasi dan tidak berfokus pada hewan aja, seperti Magnum Buckle, Zombie Buckle, dan Ninja Buckle.

Baca juga: Daftar Pre-Form atau Form Dasar Kamen Rider yang Belum Sempurna

Previous Post Next Post

Contact Form