8 Serial Tokusatsu Menarik yang Berasal dari Korea

Tokusatsu merupakan serial superhero yang sangat populer dari Jepang, contohnya adalah Super Sentai dan Kamen Rider. Serial tersebut biasanya bercerita tentang ksatria berarmor yang bertarung melawan para monster jahat.

Kepopuleran tokusatsu pun menyebar ke berbagai negara, seperti Korea. Meskipun tidak sebanyak serial tokusatsu Jepang, ada beberapa serial tokusatsu menarik yang berasal dari Korea. Apa sajakah itu? Cek pembahasan berikut ini agar kalian tahu jawabannya!

1. Legend Hero Samgugjeon

Legend Hero Samgugjeon merupakan serial tokusatsu Korea yang sangat populer dengan desain armor yang keren. Serial tersebut mengusung konsep yang mirip dengan Super Sentai, mulai dari formasi tim hingga kehadiran mecha canggih.

Serial tersebut berfokus pada pertempuran lima pahlawan melawan spirit jahat yang berusaha menguasai dunia.  Salah satu dari lima pahlawan tersebut adalah Liu Bei yang menjadi karakter utama. 

Liu Bei merupakan pria yang kurang beruntung sejak muda. Hidupnya berubah setelah dia bertemu dengan spirit bernama Xu Shu. Spirit itu menjelaskan bahwa Liu Bei merupakan pewaris dari kekuatan pahlawan legendaris yang bernama Guan Yu.

2. X-Garion

“X-Garion” merupakan sebuah entitas misterius yang mempunyai kekuatan tanpa batas. Entitas tersebut memilih orang-orang yang memenuhi kriteria untuk menjadi ksatria yang melindungi dunia dari ancaman Black Army Corps.

Kekuatan X-Garion termanifestasikan dalam bentuk empat hewan mistis, yaitu White Tiger, Blue Dragon, Turtle, dan Phoenix. Kekuatan tersebut kemudian diwariskan kepada empat orang terpilih, yaitu Gaon, Han-gyeol, Maru, dan Tori.

3. Mobilize! K-Cop

Jika serial sebelum berfokus pada sekelompok orang, Mobilize! K-Cop bercerita tentang dua petugas kepolisian yang bertarung melawan alien jahat. Kedua polisi itu mendapatkan kekuatan super untuk berubah setelah mereka menyelamatkan seorang putri bernama Stella.

Para alien tersebut bisa menggunakan emosi negative manusia untuk membangkitkan phoenix hitam dan menaklukkan alam semesta. Demi menghentikan kejahatan mereka, para petugas kepolisian harus menemukan fifthelement yang ada di bumi.

4. Erexion

Di planet Airon yang jauh, ada sebuah kristal yang menyimpan energi besar dan berfungsi untuk menjaga keseimbangan galaksi. Kristal itupun menarik perhatian dari penjahat bernama Tera. Demi mencegah malapetaka, kristal itu terpaksa dihancurkan dan terpecah menjadi tujuh fragmen.

Pendeta Airon beserta pengawalnya yang bernama Mokki pergi ke bumi untuk menemukan ketujuh kristal tersebut. Perjuangan mereka juga dibantu oleh enam orang pemberani di bumi. Mereka pun harus melawan Tera yang masih terobsesi dengan kristal tersebut.

Baca juga: Daftar Lengkap Transformasi Ultraman dari Masa ke Masa

5. Armored Saurus

Berbeda dengan serial sebelumnya, Armored Saurus menghadirkan konsep yang terbilang unik. Hero utama serial tersebut bukanlah ksatria yang bisa berubah menjadi ksatria berarmor. Namun, mereka adalah para pilot yang mengendarai mecha berbentuk dinosaurus.

Cerita berfokus pada seorang anak muda bernama JIN. DIa mengendarai sebuah mesin berwujud T-Rex yang diberi nama RED DRAGON. Dia beserta rekan-rekannya harus mengalahkan pasukan dinosaurus dari luar angkasa yang ingin menghancurkan bumi.

6. Power Master Maxman

Power Master Maxman bercerita tentang tiga prajurit pemberani yang mendapatkan kekuatan super. Mereka mendapatkan kekuatan untuk berubah menjadi Maxman. Mereka mempunyai misi untuk melindungi bumi beserta seorang putri bernama Soophia.

Putri Soophia diincar oleh penjahat bernama D’ga karena dia adalah kunci penting terhadap akses energi Leonia. Dengan bantuan dari Maxman, Soophia berusaha untuk menemukan keberadaan sembilan batu Leonia.

7. Nano Fighters LOKAPA

Berbeda dengan serial sebelumnya, Nano Fighters LOKAPA bercerita tentang empat pahlawan yang bertarung melawan monster virus. Sesuai namanya, monster itu punya kekuatan untuk menginfeksi tubuh manusia.

Saat virus berada di dalam tubuh manusia, LOKAPA bisa mengecilkan tubuhnya hingga seukuran nano. Apabila virusnya berada di luar tubuh dan menjadi raksasa, LOKAPA bisa menggunakan robot raksasa untuk menghancurkannya.

8. Vectorman: Warriors of the Earth

Sebagai penutup, ada serial tokusatsu Korea yang berjudul Vectorman: Warriors of the Earth. Pahlawan dalam serial ini harus bertarung melawan penjahat bernama Medusa yang memimpin pasukan Satan Empire.

Pasukan tersebut sangatlah kuat dan tidak ragu-ragu untuk menghancurkan sebuah wilayah demi mendapatkan sumber dayanya. Setelah Venus dihancurkan, Putri Ledia datang ke bumi untuk melatih para Vectorman demi menghentikan ambisi jahat mereka.

Baca juga: 10 Serial Kamen Rider dengan Konsep Kekuatan yang Paling Menarik

Previous Post Next Post

Contact Form