10 Ciri-Ciri Utama MC dalam Cerita Manga & Anime Shounen


Manga dan anime shounen selalu menghadirkan alur cerita pertarungan yang seru dan menarik di mata para penggemar. Keseruan cerita tersebut juga tidak lepas dari peran MC atau protagonis utama yang menjadi fokus utama dalam cerita.

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin mengulas ciri-ciri MC dalam cerita manga dan anime shounen. Siapa sajakah mereka? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

1. Mempunyai Impian Besar

Hampir semua MC dalam cerita anime shounen mempunyai impian dan tujuan besar yang ingin mereka capai. Impian itulah yang memacu semangat mereka untuk terus bertarung dan melewati setiap rintangan yang ada di depan mereka.

Contohnya adalah Naruto yang punya impian menjadi seorang Hokage atau Luffy yang ingin menjadi seorang Raja Bajak Laut. Mereka berdua sama-sama punya mimpi besar dan selalu mengatakan impiannya dengan penuh kebanggaan.

2. Pantang Menyerah

Selain mempunyai impian besar, MC anime shounen punya sifat pantang menyerah tidak peduli sebesar apapun hambatan dan rintangan yang mereka hadapi. Mereka selalu bangkit setiap kali mereka mengalami keterpurukan.

Mereka selalu berusaha mengembangkan jurus-jurus baru yang bisa mengalahkan musuh-musuh mereka. Contoh MC anima shounen yang pantang menyerah adalah Goku, Naruto, Luffy, Asta, Deku, Gon, dan masih banyak lagi.

3. Bersifat Bodoh dan Konyol

Meskipun tidak semua, hampir kebanyakan MC anime mempunyai sifat yang bodoh. Mereka juga mempunyai sisi yang konyol, seperti rakus terhadap makanan, suka berbuat hal-hal di luar logika, dan sejenisnya.

Contohnya adalah Luffy yang suka ngomong ceplas-ceplos dan terobsesi dengan daging. Contoh lainnya adalah Asta yang suka melamar Sister Lily secara tiba-tiba setiap kali mereka berdua bertemu. 

Baca juga: 15 Energi yang Paling Menarik dalam Cerita Anime

4. Sangat Peduli Terhadap Teman-Temannya

Salah satu formula yang paling sering dipakai di anime shounen adalah pentingnya seorang teman alias nakama. MC anime selalu memprioritaskan keselamatan teman-temannya ketimbang diri mereka.

Setiap kali teman mereka kesusahan, MC anima akan berada di samping mereka dan memberikan dukungan. Dalam beberapa kasus, mereka suka mengeluarkan ceramah motivasi yang bisa meningkatkan semangat hidup seseorang.

5. Karismatik

Setiap MC anime selalu mempunyai sifat karismatik yang mampu menarik perhatian orang-orang di sekelilingnya. Mereka biasanya membuat sebuah gebrakan atau aksi di luar dugaan yang membuat kagum orang lain.

Ada banyak MC anime yang sangat berkarisma, seperti Son Goku, Naruto, Monkey D. Luffy, Ichigo Kurosaki, Asta, Deku, Meliodas, Sakata Gintoki, Souma Yukihira, dan masih banyak lagi. 

6. Punya Jiwa Heroik

Selain memiliki karisma yang unik, MC anime juga mempunyai sifat yang heroik dan sangat suka menolong orang lain. Mereka sangat benci apabila ada orang lain yang tertindas atau tersakiti oleh penjahat.

MC anime berusaha sekuat mungkin untuk menghancurkan musuh atau penjahat yang berbuat kejam. Mereka pun seringkali dianggap sebagai pahlawan oleh orang-orang yang telah mereka selamatkan.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime tentang Detektif yang Wajib Ditonton

7. Mempunyai Latar Belakang yang Tragis

Meskipun tidak semua, kebanyakan MC anime mempunyai masa lalu yang kelam, menyakitkan, dan penuh dengan tragedi. Rasa sakit yang mereka alami membuat mereka tumbuh menjadi kuat. Mereka juga tidak ingin orang lain merasakan penderitaan yang sama dengan mereka.

Contoh yang paling nyata adalah Naruto yang dulu dikucilkan oleh warga Konoha karena dia punya kekuatan Kyubi. Dia selalu hidup sendirian sampai dia akhirnya mendapat pengakuan dari orang-orang.

8. Mempunyai Kekuatan Tersembunyi

Dalam cerita anime dan manga shounen, karakter utamanya seringkali mempunyai kekuatan tersembunyi yang membuatnya jadi lebih unggul dari orang lain. Mereka biasanya kesulitan untuk mengendalikan kekuatan tersebut.

Ada banyak contohnya, seperti Naruto yang punya Kyubi, Deku yang punya One For All, Itadori yang memakan jari Sukuna, Goku yang punya Super Saiyan, Ichigo yang punya banyak kekuatan terpendam, dan Luffy yang telah membangkitkan kekuatan buah iblis Nika.

9. Sering Mendapatkan Plot Armor 

Poin ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Suka atau tidak, hampir semua MC anime seringkali mendapatkan plot armor yang menyelamatkan mereka dari situasi kritis seperti pertarungan hidup dan mati.

Plot armor dalam cerita manga dan anime shounen sangatlah umum dan sering terjadi. Meskipun demikian, plot armor yang terlalu tebal seringkali dibenci oleh para penggemar.

10. From Nothing be Something

Kalian pasti pernah mendengar ungkapan from nothing be something. Ungkapan itu bisa mengacu pada seseorang yang awalnya bukan siapa-siapa berubah menjadi seseorang yang dijagokan atau spesial di mata orang lain.

Ungkapan tersebut berlaku pada MC anime shounen. Mereka pada awalnya sering diremehkan dan bahkan ada yang direndahkan oleh karakter lain. Namun, mereka bisa membuktikan bahwa diri mereka kuat dan pantas mendapatkan pengakuan dari orang.

Baca juga: 10 Karakter Anime yang Sangat Menyukai Pertarungan

Previous Post Next Post

Contact Form