Bocchi The Rock Vs K-ON!, Manakah yang Lebih Menarik?


Bocchi The Rock dan K-ON! merupakan anime tentang musik yang sangat populer. Mungkin banyak fans yang membandingkan kedua serial tersebut sampai mereka bingung menentukan yang terbaik di antara kedua anime tersebut.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin mengoba mengulas perbandingan Bocchi The Rock dan K-ON! berdasarkan pandangan pribadi beserta sedikit fakta pendukung. Tanpa basa-basi lagi, cek pembahasan selengkapnya berikut ini! 

Penokohan Karakter

Dari segi penokohan karakter, Bocchi The Rock dan K-ON! mempunyai banyak kemiripan karena kedua anime tersebut berfokus pada gadis sekolah yang imut dan energik. Selain itu, mereka juga mempunyai sisi yang lucu.

Setiap karakter di kedua anime tersebut sama-sama punya warna dan saling melengkapi satu sama lain. Mereka juga saling mendukung satu sama lain ketika ada teman mereka yang kesulitan atau kurang percaya diri.

Sebagai MC utama, Hitori Gotoh/Bocchi dan Yui Hirasawa sama-sama punya sifat yang unik dan punya penokohan kuat sehingga penulis agak kesulitan memilihnya. Mereka mampu mempersatukan tim mereka dengan cara unik mereka.

Meskipun begitu, ada satu alasan khusus yang membuat penulis lebih suka dari Bocchi The Rock, yaitu kehadiran karakter Kikuri Hiroi. Dia digambarkan sebagai perempuan nyleneh yang suka mabuk tapi pintar bermain bass. Dia suka bertindak konyol dan lucu untuk ditonton. 

Alur Cerita

Jika berbicara tentang alur cerita, penulis sejujurnya lebih suka dengan K-ON!. Meskipun terkesan klise dan penuh drama, arah cerita K-ON! lebih jelas dan temponya lebih teratur sehingga ceritanya mudah dinikmati.

Menurut penulis, Bocchi The Rock yang cenderung membosankan di awal dan kurang greget karena alur ceritanya muter-muter di situ-situ saja. Cerita baru seru ketika Bocchi beserta teman-temannya ingin tampil di pentas seni sekolah mereka.

Baca juga: 10 Karakter yang Paling Menarik dalam Cerita Hibike! Euphonium

Tampilan Visual

Mungkin banyak fans yang bersepakat bahwa tampilan visual Bocchi The Rock adalah salah satu keunggulan dari anime tersebut. Tampilan visual Bocchi The Rock sangatlah warna-warni dan penuh dengan kreativitas yang anti mainstream.

Berbeda dengan Bocchi The Rock, K-ON! menghadirkan visual yang tidak jauh beda dengan anime-anime pada umumnya. Jadi, penulis merasa bahwa serial Bocchi The Rock lebih baik dari K-ON! dalam hal tampilan visual.

Permainan Musik

Permainan musik merupakan tema utama yang dihadirkan dalam kedua anime tersebut. Musik yang dihadirkan di kedua anime tersebut terbilang identik dan khas seperti musik J-rock/pop. Lirik lagu dan musik yang dimainkan oleh Kesoku Band dan Ho-kago Tea Time sama-sama menarik. 

Penulis sama-sama menyukai musik di kedua anime tersebut. Meskipun demikian, penulis merasa bahwa momen manggung tim Kesoku Band di Bocchi The Rock terlihat lebih sedikit ketimbang momen konser Ho-kago Tea Time di K-ON!.

Rating di MyAnimeList

Jika kita melihat rating yang ada di MyAnimeList, Bocchi The Rock mempunyai rating sebesar 8,85 dan K-ON! mempunyai rating sebesar 7,85. Perbandingan jumlah rating kedua anime tersebut terbilang cukup jauh. 

Penilaian tersebut menunjukkan bahwa Bocchi The Rock lebih menarik dan populer di mata penggemar dibandingkan K-ON!.

***

Sebagai penutup artikel ini, penulis ingin menyampaikan bahwa kedua anime tersebut sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Namun, penulis pribadi lebih menikmati K-ON! karena penulis suka dengan alur cerita K-ON! yang lebih enak diikuti. Pendapat tersebut murni subjektivitas penulis karena selera masing-masing orang pasti berbeda.

Baca juga: 10 Karakter yang Paling Menarik dalam Cerita Oshi no Ko

Previous Post Next Post

Contact Form