Mengenal Lebih Dekat Osamu Dazai dalam Cerita Bungo Stray Dogs


Buat kalian penggemar cerita Bungo Stray Dogs, kalian pasti tidak asing lagi dengan karakter yang bernama Osamu Dazai. Dia mempunyai sifat dan kekuatan yang sangat menarik. Selain itu, dia seringkali memegang peran yang penting dalam cerita.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin mengajak kalian untuk mengenal lebih dekat sosok Osamu Dazai di Bungo Stray Dogs. Penasaran? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

Sifat dan Kepribadian

Dazai merupakan karakter yang nyentrik dengan kepribadian yang cukup kompleks. Dia terkadang bersikap tenang dan cool, tetapi dia juga bisa berubah menjadi konyol. Dia juga punya kebiasaan yang aneh dan berbahaya, seperti menerjunkan dirinya ke sungai.

Alur pemikirannya pun sangat sulit untuk ditebak oleh orang lain. Dia bisa menghilang secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Meskipun demikian, dia selalu bisa diandalkan oleh teman-temannya dalam situasi yang genting. 

Pernah Menjadi Eksekutif Muda di Port Mafia

Sebelum bergabung dengan Detektif Bersenjata, Dazai sempat menjadi anggota Port Mafia. Tidak tanggung-tanggung, dia mampu mencapai posisi eksekutif di usianya yang masih muda. Dia juga mendapatkan kepercayaan dari Ōgai Mori. 

Selama berada di Port Mafia, Dazai seringkali melakukan tindakan kriminal dan aktivitas ilegal. Setelah dia keluar dari Port Mafia, catatan kriminalnya berhasil dihilangkan oleh Seventh Agency yang disewa oleh Ango Sakaguchi.

Alasan Bergabung dengan Detektif Bersenjata

Dazai mempunyai sahabat baik bernama Sakunosuke Oda. Meskipun Oda adalah anggota Port Mafia, dia mempunyai tekad untuk tidak membunuh. Dia selalu bermimpi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Suatu ketika, Oda terbunuh dalam pertempuran melawan pemimpin organisasi teroris bernama Gid. Sebelum menghembuskan napas terakhir, Oda menitipkan sebuah pesan kepada Dazai untuk meninggalkan Port Mafia dan berjuang di pihak kebaikan.

Kata-kata Oda berhasil mengetuk pintu hati Dazai. Dia pun memantapkan dirinya untuk keluar dari Port Mafia dan bergabung dengan Detektif Bersenjata. Dia juga menggunakan kekuatannya untuk tujuan yang baik.

Baca juga: 10 Musuh yang Paling Menarik dalam Cerita Bungo Stray Dogs

Menjalin Rivalitas yang Sengit dengan Chuuya Nakahara

Dazai pertama kali bertemu dengan Chuuya ketika dia ditugaskan oleh Mori untuk menyelidiki kasus misteri mantan bos Port Mafia dan insiden Arabaki. Selain itu, Dazai termasuk salah satu alasan yang membuat Chuuya mau bergabung dengan Port Mafia.

Sejak awal, Dazai dan Chuuya tidak bisa akur dan seringkali bertengkar dan bersaing satu sama lain. Persaingan mereka pun terus berlanjut sampai saat ini. Terlepas dari hal itu, mereka pada dasarnya saling menaruh respek.

Mentor yang Hebat

Kemampuan Dazai sebagai seorang mentor terlihat jelas sejak dia masih berada di Port Mafia. Dia sempat melatih Akutagawa di bawah bimbingannya. Dia seringkali menggunakan cara yang kasar terhadap Akutagawa.

Setelah bergabung dengan Detektif Bersenjata, Dazai kemudian berperan sebagai mentor pribadi Atsushi Nakajima. Dia seringkali membeikan nasihat yang penting dan berharga kepada Atsushi. Berkat bantuan Dazai, Atsushi bisa tumbuh menjadi lebih kuat.

Ahli Strategi yang Jenius

Dazai mempunyai pemikiran yang sangat jenius. Dia mampu menganalisa situasi dan menebak pergerakan musuh. Selain itu, memikirkan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh teman-temannya. 

Contoh yang paling nyata adalah pada saat pertempuran melawan Fyodor dan Rats in the House of the Dead. Dazai mampu mengikuti alur pemikiran Fyodor hingga dia bisa menemukan lokasi Fyodor yang sulit dilacak.

Kemampuan Bertarung Dazai

Dazai memiliki kemampuan unik bernama No Longer Human. Kemampuan itu memungkinkan Dazai untuk meniadakan kemampuan orang lain melalui kontak fisik. Uniknya, kemampuan itu selalu aktif sehingga Dazai bisa menyerang lawan dengan cepat.

Tidak cuman itu, Dazai juga mempunyai keahlian yang sangat mengesankan dalam pertarungan tangan kosong. Sebagai bukti, dia mampu mengimbangi kekuatan Chuuya dalam pertempuran satu lawan satu. 

Referensi Karakter

Di dunia nyata, Osamu Dazai merupakan seorang penulis Jepang yang hidup di zaman Showa. Dia dikenal suka mengarang cerita pendek dan novel dengan gaya autobiografi. Dia juga pernah menulis naskah sandiwara dan dongeng.

Beberapa karyanya yang terkenal antara lain adalah Tsugaru, Otogizōshi, Shayō (The Setting Sun), dan Ningen Shikkaku (No Longer Human).

***

Barangkali itu saja penjelasan tentang karakter Osamu Dazai dalam cerita Bungo Stray Dogs. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Yukichi Fukuzawa dalam Bungo Stray Dogs

Previous Post Next Post

Contact Form