Mengenal Lebih Dekat Yukichi Fukuzawa dalam Bungo Stray Dogs


Yukichi Fukuzawa merupakan pemimpin dari Detektif Bersenjata yang cukup sering mendapat sorotan dalam cerita Bungo Stray Dogs. Dia sangat dihormati oleh para bawahannya. Selain itu, dia juga mempunyai kemampuan spesial.

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin mengulas lebih lanjut tetang sosok Yukichi Fukuzawa beserta latar belakangnya. Penasaran? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

Sifat dan Kepribadian

Sebagai seorang pemimpin atau ketua, Fukuzawa mempunyai sifat yang sangat tegas dan berwibawa. Dia selalu tampil serius dan jarang sekali tersenyum. Meskipun demikian, dia adalah orang yang lembut dan penuh simpati.

Fukuzawa juga sangat memperhatikan keadaan bawahannya. Apabila ada bawahannya yang terancam atau berada dalam bahaya, dia akan meminta seluruh anggotanya untuk bertindak dan menyelamatkannya.

Latar Belakang

Saat masih muda, Fukuzawa sempat berlatih di sebuah dojo bela diri yang dikelola oleh pemerintah. Selama belajar di sana, dia menjalin pertemanan yang baik dengan pemim[in Hunting Dogs yang bernama Ōchi Fukuchi.

Fukuzawa juga pernah menjadi bagian dari kelompok bernama Goken yang beranggotakan lima pendekar pedang terbaik. Mereka ditugaskan sebagai pembunuh yang menghabisi nyawa siapapun yang menentang pemerintahan.

Pada titik tertentu, Fukuzawa merasa bahwa tindakannya tidak benar. Dia jadi ragu untuk menghabisi nyawa orang lain. Karena itulah, dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan tersebut dan beralih profesi sebagai bodyguard profesional.

Awal Mula Mendirikan Detektif Bersenjata

Selama menjalani profesi sebagai bodyguard, Fukuzawa bertemu dengan Ranpo Edogawa yang pada saat itu luntang-luntung di jalanan. Dia kemudian menawarkan sebuah pekerjaan kepada Ranpo untuk membantunya dalam menyelesaikan sebuah kasus kriminal.

Fukuzawa juga menyadari kejeniusan Ranpo sebagai seorang detektif. Dia sempat berpikir bahwa kejeniusan Ranpo adalah kemampuan super/spesial. Namun, dia pun menyadari bahwa Ranpo memang jenius dari lahir tanpa kekuatan super.

Setelah bekerja sama dengan Ranpo, Fukuzawa kemudian memutuskan untuk membentuk Detektif Bersenjata. Dia meminta bantuan dari Sōsuke Natsume agar ijin pendirian organisasi itu bisa dipermudah.

Pada awalnya, Detektif Bersenjata hanya beranggotakan Fukuzawa dan Ranpo. Lambat laun, mereka mendapatkan tambahan anggota seiring berjalannya waktu, seperti Akiko Yosano hingga Atsushi Nakajima. 

Baca juga: 10 Musuh yang Paling Menarik dalam Cerita Bungo Stray Dogs

Mempunyai Sejarah Panjang dengan Ōgai Mori

Fukuzawa pertama kali bertemu dengan Ōgai Mori atas perintah dari Natsume. Sejak pertemuan pertama mereka, dia telah mengetahui sifat Mori yang haus darah dan punya sisi jahat. Mereka kemudian menjalin kerja sama untuk melindungi Yokohama dari ancaman musuh.

Meskipun pandangan mereka bertolak belakang, mereka nyaris tidak pernah bermusuhan selama bertahun-tahun. Mereka juga saling mengakui kemampuan satu sama lain. Selain itu, kekuatan mereka pun setara.

Hubungan mereka sempat memanas ketika Fukuzawa melihat Mori yang tega memanfaatkan kemampuan spesial Yosano untuk hal yang tidak dibenarkan. Dia pun menyelamatkan Yosano dari tangan kejam Mori dan merekrutnya sebagai anggota Detektif Bersenjata.

Dalam insiden virus kanibalisme, Fukuzawa dan Mori sempat bertarung satu sama lain. Mereka terkena perangkap dari Fyodor. Meskipun begitu, mereka berdua berhasil dihentikan oleh Natsume yang datang tepat waktu.

Terlepas dari permusuhan mereka, Fukuzawa terkadang juga meminta bantuan dari Mori dan Port Mafia. Contohnya adalah saat Detektif Bersenjata difitnah atas tuduhan terorisme dan diburu oleh kelompok Hunting Dogs.

Kemampuan Bertarung

Fukuzawa mempunyai kemampuan spesial bernama All Men Are Equal. Kemampuan itu memungkinkan dia untuk menekan kekuatan orang-orang yang ada di Detektif Bersenjata. Kemampuan itu bisa mempermudah mereka untuk mengontrol kekuatannya.

Contohnya adalah kasus Atsushi Nakajima. Dia awalnya yang lepas kontrol mampu mengendalikan kekuatan harimaunya dengan baik. Meskipun demikian, kekuatan Fukuzawa hanya aktif apabila seseorang telah lulus dari ujian yang dia buat.

Meskipun kemampuan itu tidak begitu berguna dalam pertarungan, hal itu bukanlah masalah besar karena Fukuzawa adalah ahli pedang yang hebat. Selain itu, dia juga menguasai fisik yang terlatih sehingga dia bisa melawan musuh tanpa rasa takut.

Referensi Karakter

Di dunia nyata, Fukuzawa Yukichi merupakan penulis asal Jepang yang cerdas. Dia mempunyai keahlian sebagai penerjemah, pengusaha, dan pengajar sekaligus pendiri Universitas Keio di era Meiji.

Salah satu karya Fukuzawa yang paling populer adalah Gokumon no Susume. Kemampuan karakter Fukuzawa di Bungo Stray Dogs terinspirasi dari salah satu kutipan buku tersebut yang menjelaskan tentang kesetaraan pria.

Baca juga: 10 Anggota Guild yang Paling Menarik dalam Cerita Bungo Stray Dogs

Previous Post Next Post

Contact Form