18 Tipe Pokemon Beserta Kekuatan dan Kelemahannya

Pokemon merupakan monster unik yang mempunyai bentuk beraneka macam dengan berbagai ukuran dan kekuatan spesial. Mereka pun bisa berevolusi menjadi lebih kuat seiring dengan latihan yang dilakukan bersama trainer mereka.

Pokemon diklasifikasikan menjadi 18 tipe atau jenis. Masing-masing dari tipe tersebut punya kekuatan dan kelemahan. Pemain harus mengetahui hal tersebut agar mereka bisa menyusun strategi yang tepat saat bertanding melawan Pokemon milik lawan.

1. Normal

Tipe Normal bisa dibilang sebagai tipe Pokemon yang paling dasar. Dalam pertarungan, mereka cenderung menggunakan serangan fisik secara alami. 

Serangan tipe Normal pada dasarnya tidak begitu berdampak besar pada tipe manapun. Selain itu, tipe tersebut lemah terhadap beberapa tipe, seperti Rock, Ghost, dan Steel.

2. Fire

Fire termasuk tipe yang populer dan seringkali muncul dalam cerita Pokemon. Tipe tersebut biasanya mempunyai warna dan karakteristik yang identik dengan api.

Pokemon tipe Fire mempunyai serangan yang efektif terhadap tipe Steel, Grass, dan Bug. Kelemahan tipe ini adalah Pokemon tipe Rock dan Water.

3. Water

Berikutnya, ada tipe Water yang berkaitan dengan air. Pokemon bertipe itu rata-rata mempunyai bentuk yang terinspirasi dari hewan perairan, seperti ikan, kura-kura, buaya, dan sejenisnya.

Tipe Water mempunyai keunggulan saat berhadapan dengan tipe Ground dan Rock. Namun, tipe tersebut kurang diuntungkan saat bertarung melawan tipe Electric dan Grass.

4. Grass

Berbeda dengan tipe sebelumnya, Grass mempunyai penampilan yang mirip seperti anatomi tumbuhan, seperti dedaunan, bunga, rumput, dan sejenisnya. 

Pokemon tipe ini sangat unggul dalam pertempuran melawan tipe Water, Rock, dan Ground. Namun, tipe Grass kurang cocok digunakan apabila musuhnya adalah Steel, Fire, Dragon, dan Bug.

5. Electric

Jika berbicara tentang tipe Electric, para penggemar pasti langsung mengarah kepada Pikachu. Ya, tipe tersebut termasuk tipe yang populer dan cocok digunakan dalam pertandingan.

Tipe Electric biasanya punya karakteristik seperti petir atau muatan listrik. Serangan tipe tersebut sangat efektif terhadap tipe Steel dan Flying, tetapi serangannya kurang cocok untuk melawan tipe Dragon dan Grass.

6. Ice

Selanjutnya, ada tipe Ice yang terbilang cukup langka. Tipe tersebut mempunyai karakteristik unik yang berhubungan dengan es, seperti beruang kutub hingga es krim.

Tipe Ice mempunyai keunggulan saat berhadapan dengan tipe Flying dan Grass. Namun, tipe itu lemah terhadap tipe Fire, Rock, Steel, dan Fighting.

Baca juga: 8 Region atau Wilayah Utama yang Terkenal dalam Cerita Pokemon

7. Fighting

Tipe Fighting tidak kalah unik dibandingkan tipe sebelumnya. Sesuai namanya, tipe tersebut mempunyai karakteristik seperti petarung atau seniman bela diri.

Serangan tipe Fighting sangat efektif terhadap tipe Dark, Normal, dan Ice. Namun, tipe itu tidak mempunyai kelemahan terhadap tipe Flying, Fairy, dan Psychic.

8. Poison

Tipe selanjutnya adalah Poison. Pokemon bertipe tersebut rata-rata mempunyai berwujud hewan beracun dan berwarna ungu, seperti Arbok milik tim Rocket.

Meskipun terlihat menakutkan, banyak yang beranggapan bahwa tipe Poison kurang begitu kuat karena serangan tipe itu hanya efektif melawan tipe Grass dan Fairy. Selain itu, tipe tersebut lemah terhadap tipe Rock dan Ghost.

9. Ground

Pokemon tipe Ground terkenal berkat kemampuan pertahanannya yang mengesankan. Selain itu, statistik ofensif dari tipe tersebut juga bagus.

Tipe Ground bisa mendominasi pertarungan melawan tipe Poison, Rock, Steel, Fire, dan Electric. Namun, tipe tersebut lemah terhadap tipe Flying, Bug, dan Grass.

10. Flying

Sesuai namanya, tipe Flying mempunyai kemampuan untuk terbang di udara. Kebanyakan tipe tersebut mempunyai wujud burung.

Tipe Flying mempunyai keunggulan terhadap tipe Fighting dan Bug. Namun, tipe tersebut lemah terhadap tipe Electric, Rock, dan Steel.

11. Bug

Tipe selanjutnya, adalah Bug yang mempunyai karakteristik berbasis serangga, seperti kumbang, ngengat, kupu-kupu, dan sejenisnya.

Pokemon bertipe Bug punya serangan yang efektif terhadap tipe Grass, Psychic, dan Dark. Selain itu, tipe Bug punya beberapa kelemahan, yaitu tipe Fighting, Flying, Poison, Ghost, Steel, Fire, dan Fairy.

12. Rock

Tipe Rock mempunyai kemiripan dengan tipe Ground dan punya keunggulan dalam pertahanan. Namun, Pokemon tipe itu punya wujud yang unik seperti bebatuan. 

Pokemon tipe ini bisa mendominasi pertempuran melawan tipe Flying, Bug, Fire, dan Ice. Namun, tipe tersebut lemah terhadap tipe Fighting, Ground, dan juga Steel.

Baca juga: 10 Pokemon Tipe Rumput yang Paling Menarik dalam Cerita Pokemon

13. Ghost

Ghost merupakan tipe Pokemon yang identik dengan kejahatan. Pokemon tersebut punya wujud yang menyeramkan dan biasanya suka berbuat masalah di sekitarnya.

Tipe Ghost punya serangan yang efektif terhadap sesama tipe Ghost dan tipe Psychic. Namun, tipe tersebut lemah terhadap tipe Normal dan Dark.

14. Dragon

Selanjutnya, ada tipe Dragon yang sangat menarik. Tipe tersebut terkenal sangat sulit untuk dilatih karena tipe itu membutuhkan banyak poin EXP.

Pokemon tipe Dragon mempunyai serangan dengan efektivitas tinggi terhadap sesama tipe Dragon. Namun, serangannya jadi tidak berdampak besar apabila musuhnya adalah Steel dan Fairy.

15. Dark

Sama seperti Ghost, tipe Dark seringkali dianggap sebagai Pokemon yang jahat. Pokemon tersebut punya wujud yang menyeramkan dan bisa mengintimidasi lawan.

Tipe Dark mempunyai keunggulan dalam pertarungan melawan tipe Ghost dan Psychic. Namun, tipe tersebut mempunyai kelemahan terhadap tipe Bug, Fighting, dan Fairy.

16. Steel

Sesuai namanya, Pokemon tipe Steel mempunyai karakteristik tubuh yang mirip logam baja. Tipe tersebu terkenal punya pertahanan yang kokoh.

Tipe Steel selalu unggul dalam pertandingan melawan tipe Ice, Rock, dan Fairy. Namun, tipe tersebut bisa kalah dengan cepat apabila musuhnya adalah tipe Water dan Electric.

17. Psychic

Psychic termasuk tipe Pokemon yang paling unik. Bentuk Pokemon tipe itu bisa bermacam-macam, tetapi mereka punya kekuatan yang berkaitan dengan psikis. 

Tipe Psychic sangat cocok dipanggil ke arena apabila musuhnya adalah tipe Fighting dan Poison. Namun, tipe tersebut mempunyai kelemahan terhadap tipe Steel dan Dark.

18. Fairy

Tipe Pokemon yang terakhir adalah Fairy. Tipe tersebut rata-rata mempunyai wujud yang cantik, elegan, dan terlihat sangat estetik layaknya peri.

Pokemon tipe Fairy mampu memberikan serangan berdampak besar terhadap tipe Dragon, Fighting, dan Dark. Kelemahan dari tipe Fairy adalah tipe Poison, Steel, dan juga Fire.

Baca juga: 10 Pokemon Tipe Air yang Paling Keren dan Menarik

Previous Post Next Post

Contact Form