8 Region atau Wilayah Utama yang Terkenal dalam Cerita Pokemon


Selain menghadirkan monster-monster lucu dan menarik, serial Pokemon seringkali mengeksplorasi berbagai region alias wilayah yang berbeda-beda. Setiap wilayah punya jenis Pokemon yang khas beserta sejarah atau cerita mitologi yang melegenda di penduduk setempat.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin mengulas daftar region utama yang terkenal dan mendapat sorotan dalam cerita Pokemon. Tanpa berbasa-basi panjang lebar, cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

1. Kanto Region

Kanto merupakan wilayah yang pertama kali diperkenalkan dalam cerita Pokemon. Wilayah tersebut menjadi tempat tinggal karakter-karakter ternama, seperti Profesor Oak. Selain itu, ada beberapa Pokemon khas yang berasal dari wilayah tersebut, seperti Charmander, Bulbasaur, dan Squirtle.

Meskipun Kanto tidak begitu mengeksplorasi cerita mitologi, ada tiga Pokemon burung legendaris di wilayah itu. Mereka adalah Zapdos, Moltres, dan Articuno. Hal menarik lainnya dari Kanto adalah kota-kota di sana punya nama berbasis warna spesifik. 

2. Johto Region

Wilayah yang terkenal selanjutnya adalah Johto Region yang terletak di sebelah barat Kanto dan selatan Sinnoh. Johto merupakan kampung halaman dari Profesor Elm. Di sana, ada beberapa Pokemon yang ikonik, seperti Chikorita, Cyndaquil, dan Totodile.

Selain itu, Johto mempunyai mitos terkenal yang berhubungan dengan dua Pokemon legendaris, yaitu Ho-Oh yang menguasai langit dan Lugia yang menguasai lautan. Hal lain yang khas dari Johto adalah kota-kota di wilayah itu rata-rata terinspirasi dari nama tumbuhan.  

3. Hoenn Region

Selanjutnya, ada Hoenn Region yang terletak di sebelah selatan Sinnoh. Hoenn merupakan rumah bagi Profesor Birch. Ada banyak Pokemon baru dan menarik yang ada di sana, seperti Treecko, Torchic, dan Mudkip.

Nama kota di wilayah tersebut menariknya terdiri dari gabungan dua kata, seperti Mossdeep, Lavaridge, dan Littleroot. Di sana, ada mitologi menarik yang berhubungan dengan tiga Pokemon legendaris, yaitu Kyogre, Primal Grouden, dan Rayquaza.

4. Sinnoh Region

Sinnoh merupakan sebuah region yang punya peran penting dalam cerita Pokemon. Salah satu penghuni wilayah tersebut adalah Profesor Rowan. Contoh Pokemon khas yang ada di sana adalah Turtwig, Chimchar, dan Piplup.

Salah satu alasan yang membuat Sinnoh sangat melegenda adalah wilayah tersebut menjadi tempat kelahiran Arceus yang dianggap sebagai dewa Pokemon. Arceus kemudian menciptakan Dialga dan Palkia lalu memberi mereka kekuatan untuk mengontrol waktu dan ruang.

Baca juga: 6 Bentuk Charizard yang Muncul dalam Cerita Pokemon

5. Unova Region

Selanjutnya, ada sebuah wilayah menarik bernama Unova Region. Wilayah tersebut menjadi rumah bagi Profesor Juniper dan berbagai jenis Pokemon. Meskipun begitu, ada beberapa Pokemon khas yang berasal dari sana, seperti Snivy, Tepig, dan Oshawott.

Konon, wilayah tersebut ditemukan oleh dua pahlawan bersaudara yang menggunakan seekor naga untuk menyatukan penduduk di sana. Namun, mereka kemudian bertengkar hingga naga tersebut terbagi menjadi dua Pokemon legenda, yakni Reshiram dan Zekrom.

6. Kalos Region

Salah satu hal yang unik dari Kalos Region adalah anatomi wilayahnya yang mirip seperti bintang dengan beberapa sungai yang mengalirinya. Kalos menjadi rumah bagi Profesor Sycamore. Beberapa Pokemon khas dari sana adalah Chespin, Fennekin, dan Froakie.

Mitologi yang ada di wilayah Kalos menariknya terinspirasi dari mitologi Nordik. Ada dua Pokemon yang melegenda di sana, yaitu Xerneas yang erat dengan kehidupan dan Yveltal yang berkaitan dengan kehancuran. 

7. Alola Region

Berbeda dengan wilayah sebelum-sebelumnya, Alola Region menariknya terbagi menjadi empat pulau utama. Wilayah itu merupakan tempat tinggal dari Profesor Kukui. Contoh Pokemon yang khas di sana adalah Rowlet, Litten, dan Popplio.

Konon, empat pulau di Alola adalah rumah bagi empat entitas agung yang dianggap sebagai Guardian. Mereka kemudian dikalahkan oleh Solgaleo dan Lunala yang muncul dari Ultra Wormhole. Setelah mengalahkan mereka, kedua Pokemon legenda itu kembali ke Ultra Space

8. Galar Region

Sebagai penutup, ada wilayah menarik yang bernama Galar Region. Wlayah tersebut menjadi rumah bagi Profesor Magnolia. Ada banyak Pokemon yang menarik di sana. Beberapa contohnya adalah Grookey, Scorbunny, dan Sobble.

Galar mempunyai sejarah kuno berkaitan dengan Pokemon kegelapan bernama Eternatus. Wilayah itu nyaris musnah akibat bencana besar yang disebut Darkest Day. Untungnya, dua Pokemon legendaris yang bernama Zacian dan Zamazenta berhasil menyelamatkan wilayah tersebut.

Baca juga: 10 Pokemon Milik Tim Rocket yang Paling Berguna

Previous Post Next Post

Contact Form