Inilah Level atau Tingkatan Penjara Impel Down dalam Cerita One Piece

Impel Down merupakan penjara terkuat yang mempunyai sistem keamanan tingkat tinggi. Penjara tersebut menariknya terbagi ke dalam berbagai level atau tingkatan. Masing-masing level mempunyai karakteristik atau cara penyiksaan tertentu. 

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin mengulas lebih lanjut tentang level/tingkatan penjara Impel Down. Penasaran? Cek informasi selengkapnya berikut ini!

Level 1: Neraka Merah

Level 1 dikenal dengan sebutan “Neraka Merah”. Mengapa disebut seperti itu? Di sana, ada sebuah hutan yang berisi pepohonan merah. Dedaunan dari pohon tersebut sangatlah tajam seperti pedang dan dikenal dengan istilah Kenju.

Bukan cuman itu, lantai dasar dari level tersebut dipenuhi dengan rerumputan tajam seperti duri yang disebut Haribarisō. Para tahanan yang mencoba melarikan diri dan melewati hutan tersebut akan terluka parah akibat sayatan dari tanaman tersebut.

Para tahanan yang mendekam di Level 1 rata-rata adalah bajak laut yang lemah dan punya harga buronan yang rendah. Contohnya adalah Buggy. Dia harus mendekam di sana karena dia ditangkap Angkatan Laut ketika dia sedang berburu harta karun.

Level 2: Neraka Binatang Buas

Berbeda dengan Level 1, Level 2 mempunyai julukan “Neraka Binatang Buas”. Sesuai namanya, ada banyak monster buas dan agresif yang berjaga-jaga di tempat tersebut. Mereka akan menyerang hingga menerkam siapapun yang mencoba kabur.

Beberapa contoh binatang buas yang berjaga di sana adalah Puzzle Scorpion, Manticore, Basilisk, hingga Sphinx yang dianggap sebagai bos mereka. Jangan lupa! Masih ada Minotaurus yang biasanya berkeliling dan memantau aktivitas para tahanan. 

Para tahanan yang mendekam di Level 2 setidaknya mempunyai harga buronan di atas 15.000.000 Belly. Galdino alias Mr. 3 pernah merasakan betapa menakutkannya berhadapan dengan monster-monster tersebut. 

Level 3: Neraka Kelaparan

Level selanjutnya adalah “Neraka Kelaparan”. Tempat tersebut sangatlah kering seperti halnya sebuah gurun padang pasir. Panas yang ada di level tersebut berasal dari tungku api dari Level 4 yang terletak tepat di bawah level tersebut.

Selain itu, para tahanan di sana hanya diberi porsi makan yang sangat sedikit sehingga mereka merasakan kelaparan. Mereka pun punya tubuh yang kurus dan terlihat seperti orang yang sedang sekarat.

Para tahanan di sana rata-rata mempunyai harga buronan di atas 50.000.000 Belly, seperti Bentham/Mr. 2. Meskipun suhu sangat panas, Bentham uniknya tetap mampu bersikap biasa dan menjalani hari-harinya dengan ceria.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Crocodile dalam Cerita One Piece

Level 4: Neraka Api

Level 4 Impel Down bisa disebut sebagai gambaran neraka yang sesungguhnya karena tempat tersebut dipenuhi dengan api panas yang membara. Karena itulah, level tersebut dikenal dengan julukan “Neraka Api”.

Di level tersebut, ada sebuah tungku raksasa yang berisi kolam darah yang mendidih. Panas yang ada di Level 3 tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Level 4. Saking panasnya, lilin Mr. 3 yang biasanya sekeras baja langsung meleleh seketika.

Para tahanan di Level 4 berisi para buronan berbahaya seperti Daz Bones. Mereka dipaksa untuk bekerja keras, seperti membawa potongan-potongan kayu berukuran besar. Selain itu, mereka mendapatkan siksaan yang kejam dari para penjaga.

Level 5: Neraka Beku


Berbanding terbalik dengan Level 4, Level 5 diselimuti oleh es dan salju yang sangat dingin sehingga level tersebut disebut “Neraka Beku”. Meskipun begitu, para tahanan di level tersebut sama-sama merasakan siksaan yang luar biasa.

Mereka sangat kedinginan hingga tubuh mereka jadi membeku. Mereka tidak diberikan pakaian hangat sama sekali oleh para penjaga. Selain itu, mereka pun tidak bisa makan karena roti yang diberikan penjaga berubah jadi es yang keras.

Yang lebih menakutkan lagi adalah Level 5 dijaga oleh sekumpulan serigala yang sangat ganas dan menakutkan. Mereka akan memburu dan memangsa siapapun yang berkeliaran di level tersebut. Para tahanan di level tersebut setidaknya punya harga buronan 100.000.000 Belly.

Level 5.5: Newkama Land

Di tengah-tengah Level 5 dan Level 6, ada sebuah lantai tersembunyi yang dikenal dengan sebutan Newkama Land. Di masa lalu, lantai tersebut dibuat oleh anggota Pasukan Revolusioner yang bernama Morley yang punya kekuatan buah iblis .

Lantai tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai markas rahasia oleh para tahanan yang dipimpin oleh Ivankov. Mereka setiap hari melakukan pesta dan hal-hal yang menyenangkan. Selain itu, mereka bisa memantau aktivitas di Impel Down lewat monitor.

Karena lantai tersebut bersifat rahasia, para penghuni lantai itu tidak diperbolehkan berinteraksi secara bebas dengan lantai lain. Mereka harus bergerak secara sembunyi-sembunyi agar mereka tidak menarik perhatian penjaga Impel Down.

Level 6: Neraka Abadi

Di kalangan para tahanan Impel Down, banyak yang mengira bahwa level terbawah Impel Down adalah Level 5. Faktanya, masih ada satu lantai lagi di bawah Level 5, yaitu Level 6 yang dijuluki sebagai Neraka Abadi.

Level tersebut berisi para tahanan kelas kakap yang eksistensinya ingin dihapuskan dari dunia. Tidak seperti bajak laut atau kriminal biasa, seorang tahanan Level 6 punya kekuatan untuk mengancam sebuah negara.

Contohnya adalah Shiki, Crocodile, Catarina Devon, Avalo Pizzaro, Ace, Jinbe, San Juan Wolf, Vasco Shot, dan Doflamingo. Mereka semua mempunyai reputasi yang sangat terkenal di lautan. Mereka yang mendekam di penjara tersebut hanya bisa menunggu hukuman mati. 

***

Mungkin itu penjelasan tentang level/tingkatan penjara Impel Down. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian seputar One Piece. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca juga: 25+ Harga Buronan Tertinggi dalam Cerita One Piece (Update Terbaru)

Previous Post Next Post

Contact Form