10 Kota yang Paling Ikonik dalam Semesta DC


DC mempunyai banyak superhero yang keren dan populer di kalangan penggemar, seperti Batman dan Superman. Para superhero tersebut seringkali beroperasi di kota atau wilayah masing-masing yang menjadi tempat tinggal mereka.

Dalam semesta DC, ada beberapa kota fiksi yang sangat ikonik dan mempunyai keunikan tersendiri. Penasaran, kota apa sajakah itu? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini agar kalian tahu jawabannya!

10. Coast City

Coast City merupakan sebuah kota yang sangat mirip seperti Los Angeles atau San Francisco. Kota tersebut adalah kampung halaman dari Hal Jordan, anggota dari Green Lantern Corps. Apabila dia tidak sedang bertugas di luar angkasa, dia akan pulang ke sana.

Hal bahkan mempunyai reputasi yang terkenal sebagai superhero di kota tersebut, khususnya selama pertempuran melawan Sinistro Corps. Tidak seperti Metropolis, kota tersebut sangat jarang ditargetkan oleh para musuh berbahaya.

9. Keystone City

Mirip seperti kota sebelumnya, Keystone City juga jarang dijadikan medan pertempuran. Kota itu terletak di tengah-tengah Kansas. Banyak yang menyebut bahwa kota itu adalah kota tua yang indah dan penuh kedamaian.

Kedamaian di kota itu bisa terjaga berkat kontribusi besar dari Jay Garrick, Flash pertama yang berasal dari Golden Age. Bukan hanya Jay saja yang beroperasi di sana, keponakan Barry Allen yang bernama Wally turut beraksi sebagai Flash ketiga di kota tersebut.

8. Star City

Kota yang yang paling ikonik selanjutnya adalah Star City yang biasa menjadi basis operasi Oliver Queen alias Green Arrow. Kota tersebut digambarkan sangat mewah, tetapi aktivitas kriminal di kota tersebut juga sangat tinggi layaknya Gotham.

Pada era Rebirth, Star City dijelaskan punya masalah yang lebih krusial. Kota itu berubah menjadi wilayah demiliterisasi yang membuat situasi keamanan di sana jadi tidak stabil. Melihat hal itu, Green Arrow berusaha mempertahankan stabilitas kota tersebut samampunya.

Baca juga: 8 Robin yang Paling Terkenal dalam Komik Batman DC

7. Blüdhaven

Blüdhaven dianggap sebagai saudari Gotham. Tidak seperti Gotham yang mempunyai Batman dan Jim Gordon sebagai penjaga keamanan, Blüdhaven jauh lebih kacau dan penuh dengan masalah sehingga kota itu tidak cocok dijadikan tempat tinggal.

Dick Grayson alias Robin Pertama pernah mencoba untuk mengubah kota tersebut dengan segenap kekuatannya. Namun, tidak ada perubahan signifikan yang terjadi di sana. Blüdhaven tetap dilanda bencana, seperti ledakan nuklir hingga menjadi tempat berkumpulnya villain.

6. Smallville

Smallville bisa dibilang sebagai kampung halaman Superman di bumi. Kota itu memang mempunyai nuansa pedesaan dan dipenuhi lahan pertanian. Namun, kota itu punya kesan tersendiri bagi Superman karena di tempat itulah dia tumbuh besar.

Superman diadopsi dan dirawat dengan sepenuh hati oleh kedua orang tuanya, yakni Martha dan Jonathan Kent. Bahkan, Superman memutuskan untuk merawat putranya yang bernama Jon Kent di kota tersebut.

5. Central City

Central City sangat cocok disebut sebagai Chicago versi DC. Kota tersebut punya peradaban yang sangat modern dan menjadi rumah bagi para perusahaan sains besar. Kota tersebut merupakan rumah bagi Barry Allen alias The Flash.

Seperti kebanyakan kota para superhero, Central City juga penuh dengan kejahatan yang mengganggu ketentraman warga sipil. Para penjahat di kota itu rata-rata adalah para metahuman yang punya kekuatan super.

4. Themyscira

Berbeda dengan kota-kota sebelumnya, Themyscira merupakan sebuah kota tersembunyi dengan peradaban yang masih kuno. Arsitektur beserta budaya yang ada di kota tersebut sangat mirip dengan peradaban zaman Yunani kuno. 

Sebagai contoh, anggota suku Amazon mempunyai kepercayaan terhadap para dewa, seperti Hera dan Athena. Terlepas dari hal tersebut, Themyscira adalah rumah yang sangat berharga bagi Putri Diana alias Wonder Woman.

Baca juga: 10 Anggota Legion of Superheroes yang Paling Keren dalam Komik DC

3. Atlantis

Mirip seperti Themyscira, Atlantis merupakan sebuah peradaban kuno yang tersembunyi jauh di kedalaman lautan. Dalam semesta DC, Atlantis digambarkan sebagai kota yang futuristik dengan persenjataan yang mutakhir.

Bukan cuman itu, kota tersebut mempunyai pasukan tempur yang kuat. Mereka semua tunduk di bawah perintah Arthur Curry alias Aquaman yang menjadi penguasa Atlantis. Mereka pun harus menjaga wilayah mereka dari ancaman musuh yang mengancam perdamaian lautan.

2. Metropolis

Metropolis merupakan salah satu kota yang punya peran penting dalam cerita DC. Kota tersebut sering menjadi target invasi alien yang ingin menguasai bumi. Karena itulah, kota itu sering menjadi medan pertempuran yang mengancam keselamatan warga sipil.

Terlepas dari hal tersebut, Metropolis punya peradaban modern yang maju dan dianggap sebagai kota masa depan. Di kota itulah, Clark Kent alias Superman bekerja sebagai seorang wartawan dan merangkap sebagai pahlawan yang melindungi penduduk kota dari bahaya. 

1. Gotham City

Tak perlu diperdebatkan lagi bahwa Gotham merupakan kota yang paling ikonik dalam semesta DC. Kota tersebut adalah rumah bagi Bruce Wayne alias Batman. Kota tersebut mempunyai banyak masalah, mulai dari pejabat yang korup hingga banyaknya aktivitas kriminal.

Gotham mempunyai banyak elemen menarik yang membuatnya jadi ikonik, mulai dari nuansa modern yang bercambur gothic. Selain itu, kota itu juga mempunyai banyak spot keren yang seringkali muncul dalam berbagai media, seperti serial animasi, game, hingga film.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Animasi Justice League yang Paling Keren

Previous Post Next Post

Contact Form