Beginilah Kronologi Insiden God Valley yang Pernah Menggemparkan Dunia One Piece


Jika kalian mengikuti cerita One Piece, kalian pasti tidak asing lagi dengan sebuah insiden besar yang pernah terjadi di sebuah pulau bernama God Valley. Insiden tersebut sangat menggemparkan karena Bajak Laut Rocks dan Bajak Laut Roger beserta Garp pernah bertarung di sana.

Pada bab-bab terdahulu, informasi tentang insiden di God Valley memang tidak begitu dijelaskan secara mendetail dalam cerita. Namun, beberapa bab manga One Piece terbaru kembali mengangkat konflik yang terjadi di sana dengan lebih mendetail.

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin mengulas kembali peristiwa yang terjadi di God Valley secara kronologis berdasarkan informasi yang tersedia. Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

Bermula dari Kompetisi Perburuan Manusia Tenryuubito

Insiden God Valley pada mulanya dipicu oleh para Tenryuubito yang mengadakan sebuah acara gila bernama Kompetisi Perburuan Manusia terhadap para budak dan penduduk setempat. Mereka menganggap acara tersebut sebagai ajang untuk bersenang-senang.

Para Tenryuubito menganggap para penduduk dan budak layaknya seekor kelinci. Mereka akan memberikan hadiah bagi para pemburu yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi. Ada dua hadiah yang diketahui dalam ajang tersebut, yaitu Nikyu Nikyu no Mi dan Uo Uo no Mi, Model: Seiryu.

Para pemburu yang menjadi peserta di sana adalah anggota God’s Knight seperti Figarland Garling. Dia menjadi peserta yang dijagokan karena dia mengumpulkan banyak poin. Dia tidak menunjukkan rasa ragu-ragu untuk memburu para penduduk di sana.

Acara tersebut bersifat sangat rahasia dan tidak diketahui oleh pihak luar. Meskipun demikian, acara tersebut jadi terganggu karena Ginny berhasil memberikan pesan transmisi ke luar pulau untuk memberitahu eksistensi dari acara tersebut.

Kedatangan Bajak Laut Rocks, Bajak Laut Roger, dan Garp ke God Valley

Transmisi yang disebarkan oleh Ginny berhasil ditangkap oleh Bajak Laut Rocks. Mereka pun tertarik untuk pergi ke God Valley karena mereka menginginkan hadiah yang ditawarkan dalam ajang tersebut.

Melihat pergerakan dari Bajak Laut Rocks, Roger beserta krunya pun turut pergi ke sana untuk menghadapi mereka. Sementara itu, Garp yang sedang asik liburan dihubungi oleh Kong tentang pergerakan Roger sehingga dia langsung bergegas ke sana juga. 

Pertempuran Antara Garp dan Bajak Laut Roger Melawan Bajak Laut Rocks

Kedatangan tamu yang tak diundang tentu membuat suasana di sana menjadi kacau balau. Pertempuran antara Bajak Laut Rocks melawan Bajak Laut Roger beserta Garp tidak lagi bisa dielakkan.

Garp memutuskan untuk beraliansi dengan Roger karena dia ingin meminta bantuannya untuk melindungi para Tenryuubito. Meskipun Garp pribadi enggan, dia terpaksa melakukan itu sebagai bentuk tanggung jawabnya karena dia adalah seorang angkatan laut.

Bukan cuman mereka aja, anggota God’s Knights seperti Figarland Garling juga turut terlibat dalam pertempuran tersebut. Prioritas mereka adalah melindungi para Tenryuubito dari serangan Bajak Laut Rocks.

Di tengah pertempuran tersebut, Ivankov dan Ginny memanfaatkan celah agar mereka bisa menyelamatkan diri. Mereka berhasil mencuri buah iblis Nikyu Nikyu no Mi dan Uo Uo no Mi, Model: Seiryu.

Tanpa diduga oleh mereka, Big Mom berhasil mencuri Uo Uo no Mi, Model: Seiryu. Sementara itu, buah iblis Nikyu Nikyu no Mi dimakan oleh Kuma. Dia menggunakan kekuatan buah iblis tersebut untuk menyelamatkan para budak sebanyak mungkin. 

Dampak dari Insiden God Valley

Meskipun alur pertempurannya tidak diperlihatkan secara jelas, Bajak Laut Rocks diceritakan kalah melawan aliansi Garp dan Roger. Kekalahan mereka pun membuat Bajak Laut Rocks bubar dan krunya tercerai berai dan membentuk bajak laut mereka masing-masing.

Berdasarkan penuturan Sengoku, Rocks D. Xebec dikabarkan telah mati. Namun, hal tersebut menimbulkan tanda tanya bagi penggemar. Ada sebagian fans yang berspekulasi bahwa Rocks masih hidup.

Pasca insiden tersebut, Garp pun mendapatkan julukan “Pahlawan Angkatan Laut”. Dia mendapatkan promosi untuk naik pangkat menjadi admiral. Namun, dia menolaknya karena dia tidak ingin menjadi “anjing” Tenryuubito.

Pemerintah Dunia pun menutupi beberapa fakta yang terjadi di insiden itu, seperti keterlibatan Roger yang beraliansi dengan Angkatan Laut. Lambat laun, insiden itu mulai terlupakan dari sejarah dan hanya para veteran Angkatan Laut yang masih mengingatnya.

Selain itu, Pulau God Valley secara misterius menghilang tanpa jejak dan eksistensinya pun tidak lagi terlihat di peta dunia. Meskipun hanya sebatas dugaan, ada kemungkinan bahwa menghilangnya God Valley berkaitan dengan senjata Mother Flame milik Imu-Sama dan Gorosei.

Hal menarik lainnya dari Insiden God Valley adalah pertemuan pertama antara Roger, Rayleigh, dan Scooper Gaban dengan Shanks yang masih bayi. Pada saat itu, Roger menemukan Shanks di sebuah peti harta karun. Mereka kemudian mengadopsi Shanks dan mengajaknya berlayar. 

***

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa penulis sampaikan tentang insiden menggemparkan yang pernah terjadi di God Valley. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian seputar One Piece. Jangan lupa share ke medsos kalian ya! 

Previous Post Next Post

Contact Form