Apa Saja Kemampuan Saiki Kusuo? Cek Pembahasan Selengkapnya Berikut Ini!


Saiki Kusuo merupakan seorang esper yang mempunyai kekuatan overpower. Meskipun demikian, dia tidak suka menjadi pusat perhatian dan cenderung menarik diri dari pergaulan. Selain itu, dia seringkali menggunakan kekuatan supernya pada situasi tertentu.

Kira-kira, apa sajakah kemampuan super yang dimiliki oleh Saiki Kusuo? Temukan jawabannya melalui tulisan berikut ini!

1. Telepati

Telepati merupakan salah satu kemampuan yang paling sering digunakan oleh Saiki. Dia bisa membaca pikiran seseorang dan hewan yang ada di sekitarnya. Dia juga bisa berbicara kepada target lain lewat pikirannya.

Kemampuan tersebut selalu aktif secara otomatis sehingga Saiki sering merasa terganggu. Meskipun begitu, ada dua sosok yang isi pikirannya tidak bisa dibaca oleh Saiki, yaitu Riki Nendou dan kecoa yang ukurannya kecil.

2. Transformasi

Saiki bisa bertransformasi ke wujud tertentu seperti hewan. Dia cukup menyamar sebagai seekor kucing. Dia juga bisa mengubah penampilannya menjadi seperti cewek. Meskipun begitu, dia akan kesulitan untuk mengendalikan kekuatannya saat dia berubah ke wujud selain manusia.

3. Kekuatan Fisik Super


Meskipun fisiknya terlihat lemah, Saiki pada dasarnya sangatlah kuat. Dia selalu berusaha menekan kekuatannya sebisa mungkin, khususnya saat dia sedang olahraga. Walaupun begitu, dia terkadang bisa melepaskan kekuatannya secara berlebihan tanpa dia sadari.

4. Teleportasi

Saiki bisa melakukan teleportasi dengan mudah ke berbagai tempat. Bahkan, dia bisa memindahkan dirinya jauh ke luar negeri dalam sekejap mata. Sekali dia melakukan teleportasi, dia membutuhkan jeda tiga menit untuk melakukannya lagi.

5. Mengontrol Pikiran

Kemampuan mengontrol pikiran adalah salah satu kekuatan Saiki yang paling berbahaya. Dia bisa mengubah persepsi sekaligus cara berpikir seseorang terhadap sesuatu, seperti membuat hal yang tidak natural menjadi hal yang bersifat natural atau normal.

Sebagai contoh, Saiki membuat orang-orang jadi berpikir bahwa dirinya normal meskipun dia menggunakan sepasang antena di kepalanya. Karena dampak kekuatan mengontrol pikiran sangat berbahaya, Saiki harus berhati-hati dalam menggunakan kekuatan tersebut.

6. Proyeksi Astral

Saiki juga mampu melakukan proyeksi astral alias melepas rohnya dari tubuhnya. Dia juga bisa melakukan hal serupa terhadap roh orang lain. Dalam bentuk astral, dia bisa merasuki tubuh orang lain atau bertarung melawan makhluk spektral seperti hantu. 

7. Terbang/Melayang 

Meskipun bukan Superman, Saiki bisa terbang dengan leluasa. Selain itu, Saiki juga bisa melayang di udara. Kemampuan tersebut mungkin terlihat biasa-biasa aja jika dibandingkan dengan kemampuan Saiki yang lain. 

8. Melacak Objek dari Kejauhan

Dengan menyilangkan kedua matanya, Saiki bisa melihat sekaligus melacak objek atau target dari kejauhan. Kemampuan tersebut sempat digunakan oleh Saiki untuk melacak keberadaan Hairo Kineshi.

9. Memanipulasi Es

Kemampuan Saiki berikutnya adalah memanipulasi dan mengontrol es melalui pikirannya. Dia sempat membuat dinding es untuk melindungi dirinya dari kobaran api yang membara.

10. Memanipulasi Api

Bukan cuman memanipulasi es, Saiki juga mampu mengontrol elemen api. Kemampuan itu sempat diperlihatkan oleh Saiki saat dia membakar sebuah termometer. 

11. Memanipulasi Listrik 

Selain kedua elemen sebelumnya, Saiki bisa memanipulasi elemen listrik. Dia sempat menggunakan kemampuan tersebut untuk menyetrum ular yang hendak menyerang Kaido.

12. Kutukan

Kemampuan Saiki selanjutnya adalah memberikan “kutukan” kepada orang lain melalui sentuhan fisik. Efek kemampuan itu membuat target jadi tidak beruntung. 

13. Menjadi Tak Kasat Mata

Saiki bisa membuat dirinya menjadi manusia invisible selama sepuluh menit. Namun, efek kemampuan itu akan hilang apabila ada seseorang yang menyentuhnya. Karena itulah, Saiki harus berhati-hati saat dia berada dalam mode invisible.

14. Hipnotis

Melalui kemampuan hipnotis, Saiki bisa membuat orang lain seolah-olah terlihat seperti dirinya di mata orang tertentu. Saiki sempat menggunakan kemampuan itu terhadap Reita untuk mengelabuhi Teruhashi.

15. Berkomunikasi dengan Roh 

Berkomunikasi dengan roh pada dasarnya adalah kekuatan milik Reita. Namun, Saiki juga menguasai kemampuan tersebut. Kemampuan tersebut seringkali digunakan oleh Saiki untuk berbicara dengan arwah ayah Nendou.

16. Mengubah Ukuran Tubuh

Kemampuan Saiki berikutnya adalah mengubah ukuran tubuhnya. Dia bisa mengecilkan tubuhnya hingga seukuran serangga. Meskipun begitu, dia membutuhkan waktu satu jam untuk kembali ke ukuran normal.

17. Mengubah Ingatan

Saiki biasa menggunakan kemampuan ini apabila dia berada dalam situasi yang tak terduga, contohnya adalah ketika Kaidou tanpa sengaja mengetahui rahasianya yang mempunyai kekuatan esper. 

Kemampuan tersebut sayangnya punya dampak terhadap target. Setelah ingatannya dihapus, otak target akan mengalami penyesuaian dan mengisi ingatan yang error secara otomatis. Selain pada Kaidou, Saiki juga sempat menggunakan kekuatan tersebut kepada Nendou.

18. Pertukaran Objek Jarak Jauh 

Cara kerja kemampuan ini sekilas mirip seperti teleportasi. Saiki bisa menukar objek yang ada di tangannya dengan objek lain yang letaknya berjauhan. Namun, kedua objek tersebut harus punya nilai yang ekuivalen alias setara.

Contohnya adalah apel dan buah pisang. Jika tidak digunakan secara hati-hati, kemampuan tersebut bisa menimbulkan masalah bagi Saiki. 

19. Petrifikasi

Saiki mempunyai tatapan mata yang bisa mengubah orang lain menjadi batu saat menatapnya. Setelah menjadi batu, butuh 24 jam agar orang tersebut bisa kembali normal.

Saiki sempat mengubah Nendou menjadi batu tanpa sengaja. Karena kemampuan tersebut tidak bisa dikontrol, Saiki menggunakan kacamata untuk menghindari efek kemampuan tersebut.

20. Prekognisi

Prekognisi merupakan kemampuan untuk melihat peristiwa yang terjadi di masa depan. Kemampuan tersebut sering aktif ketika Saiki sedang tertidur. Efek kemampuan itu biasanya disertai dengan sakit kepala.

Selain itu, Saiki terkadang salah menafsirkan arti dari prediksi yang akan terjadi. Malah, dia bisa menjadi pemicu yang menyebabkan peristiwa tersebut menjadi kenyataan.

21. Telekinesis

Sebagai seorang cenayang, tidaklah mengherankan jika Saiki bisa melakukan telekinesis. Dia bisa menciptakan energi fisik lewat pikiran. Selain itu, dia bisa mengatur tingkat kekuatan telekinesis yang dia gunakan.

Saat Saiki sedang serius dan menggunakan kekuatan penuhnya, dia bisa menciptakan sebuah bola energi dan menembakkannya layaknya Kamehameha. Bola energi tersebut terbukti mampu menghancurkan sebuah pulau.

22. Psikometri

Psikometri memungkinkan Saiki untuk menerima informasi yang tersimpan dari sebuah objek yang disentuhnya. Apabila Saiki menyentuh seseorang, dia bisa merasakan indera orang tersebut hingga dia bisa meniru kekuatan cenayang lain seperti Reita.

Demi meminimalisir efek kemampuan ini, Saiki menggunakan sarung tangan tipis yang tak terlihat. Tanpa sarung tangan tersebut, dia akan kerepotan karena dia bisa menerima informasi terus menerus setiap kali dia menyentuh objek.

23. Restorasi

Melalui kemampuan restorasi, Saiki bisa memulihkan objek atau seseorang yang disentuhnya ke kondisi semula. Dia hanya bisa menggunakan kemampuan tersebut sekali untuk satu target per hari. Dia sempat menggunakan kemampuan itu untuk memulihkan dinding rumahnya yang hancur.

24. Membuat Clone 

Saiki mempunyai kemampuan untuk menciptakan clone dalam jumlah yang banyak. Clone tersebut menyimpan kekuatan yang sama dengan dirinya. Dia sempat membutuhkan bantuan clone tersebut untuk menghentikan bencana gunung berapi.

Kemampuan tersebut termasuk kemampuan yang sangat sulit dia kontrol karena berbagai alasan. Selain itu, dia tidak bisa mengatur penampilan atau tindakan dari clone tersebut. Saiki pun harus mengawasi clone tersebut secara berkala demi menghindari kemunginan terburuk. 

25. Melakukan Perjalanan Waktu

Salah satu kemampuan terhebat Saiki adalah dia bisa melakukan perjalanan waktu, baik ke masa lalu maupun ke masa depan. Saiki pun bisa mengulang waktu ke titik tertentu tanpa disadari oleh orang-orang.

Selain itu, kemampuan tersebut bisa aktif secara acak hingga membuat Saiki terjebak dalam lingkaran waktu. Jika dia berada dalam situasi tersebut, dia perlu mengosongkan pikirannya agar dia kembali normal. 

26. Likeability Meter 

Likeability Meter merupakan salah satu kemampuan unik dari Saiki dan masih berhubungan dengan telepati. Kemampuan itu memungkinkan Saiki untuk menilai tingkat kesukaan orang lain terhadap dirinya.

Kemampuan itu sangat berguna bagi Saiki karena dia bisa mengatur tindakannya saat berhadapan dengan orang lain. Apabila ada seseorang yang menyukainya, dia bisa menurunkan kadar suka orang tersebut dengan tindakan tertentu.

27. X-Ray

Kemampuan terakhir yang dimiliki oleh Saiki adalah penglihatan X-Ray yang bisa menembus apapun. Sebagai contoh, Saiki bisa melihat sisi lain dari kartu yang tertutup atau melihat objek yang berada di dalam kardus.

***

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa penulis sampaikan seputar kemampuan yang dikuasai oleh Saiki Kusuo. Jangan lupa bagikan artikel ini sebagai bentuk dukungan kalian kepada penulis! Terima kasih banyak.

Previous Post Next Post

Contact Form