Review Keikenzumi na Kimi to, Keiken Zero na Ore ga, Otsukiai suru Hanashi (2023), Anime Romance yang Kontroversial


Sejak pertama kali dirilis, Keikenzumi na Kimi to, Keiken Zero na Ore ga, Otsukiai suru Hanashi atau KimiZero sempat viral dan menjadi perbincangan yang kontroversial di kalangan para penggemar anime karena heroine utama dari anime tersebut sudah nggak perawan.

Hal itu membuat anime ini menjadi terkesan negatif di mata orang-orang. Namun, apakah anime ini memang seburuk itu atau layak untuk ditonton? Cek pembahasan berikut ini agar kalian tahu jawabannya!

Sinopsis Cerita KimiZero

Ryuuta Kashima merupakan seorang cowok polos yang tidak punya banyak teman. Suatu hari, dia menyukai cewek gyaru bernama Runa Shirakawa yang sangat populer di sekolahnya. Cewek itu punya pamor yang buruk dan punya banyak mantan.

Saat Ryuuta mengungkapkan perasaannya kepada Runa, dia tidak pernah mengira bahwa Runa akan setuju untuk berpacaran dengannya. Kebetulan, Runa saat itu lagi jomblo sehingga dia mau menjadi pacar Ryuuta.

Walaupun mereka baru pacaran, Runa melakukan tindakan yang tidak terduga, apalagi buat Ryuuta yang masih polos dan gak punya pengalaman. Runa tiba-tiba mengajak Ryuuta untuk “bercocok tanam” di kamarnya.

Runa menganggap hal tersebut lumrah bagi orang yang berpacaran. Namun, Ryuuto menolaknya walau dia aslinya juga pengen. Dia merasa bahwa dia harus mengenal Runa lebih dekat. Dia ingin melakukannya pada momen yang tepat, khususnya saat Runa benar-benar ingin melakukan “itu”.

Runa merasa tersentuh dengan perkataan Ryuuto karena dia merasa Ryuuto berbeda dari mantan-mantannya . Dia pun setuju dan berusaha untuk mengenalnya lebih dekat. Namun, mereka menemui berbagai tantangan selama berpacaran.

Ryuuto pun berusaha untuk menjadi pacar yang terbaik bagi Runa meskipun dia zero pengalaman. Begitupun dengan Runa yang merasa bahagia karena dia bisa bertemu dengan cowok yang baik hati seperti Ryuuto.

Premis Ceritanya Terbilang Mainstream, Tapi Alurnya Cukup Menarik

Jika kita membedah premis atau ide dasar cerita, KimiZero sebenarnya sangatlah mainstream karena ada banyak anime yang menyoroti kisah cinta cowok polos/suram dengan cewek cantik yang populer di sekolah, seperti Boku no Kokoro no Yabai Yatsu atau Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru.

Akan tetapi, alur cerita ini cukup seru dan menarik untuk ditonton. Selain menyuguhkan adegan manis yang diselingin bumbu humor, setiap episode menyuguhkan adegan yang bikin geregatan serta emosional. 

Konflik cerita anime tersebut pada awalnya hanya berputar-putar pada sisi insecure Ryuuto yang merasa tidak pantas berpacaran dengan Runa. Namun, permasalahannya lambat laun mulai melebar hingga menyentuh permasalahan keluarga Runa.

Bukan cuman berfokus pada mereka berdua aja, anime ini juga menyoroti kisah-kisah cinta selingan yang melibatkan teman-teman Ryuuto dan Runa. Hal itu membuat alur cerita anime itu jadi lebih dinamis. 

Karakter Runa yang Cukup Kompleks

Dari semua karakter yang muncul dalam cerita KimiZero, tentu adalah si Runa yang mendapat paling banyak sorotan. Latar belakangnya terbilang cukup ironis dan bikin saya prihatin. Dia memang suka gonta-ganti pacar dan terlibat pergaulan bebas, tetapi dia tidak seburuk yang saya pikirkan.

Jujur, kebanyakan penonton masih sulit menerima fakta tentang masa lalu Runa yang terlihat seperti cewek murahan. Sayangnya, kisah masa lalu Luna sebelum bertemu Ryuuto tidak begitu dijelaskan dalam anime.

Runa kemungkinan terlalu polos atau bucin sampai-sampai dia rela memberikan tubuhnya kepada mantan-mantannya begitu saja. Dia pun berasal dari latar belakang keluarga broken home dan jarang mendapatkan kasih sayang orang tuanya. 

Meskipun masa lalunya sangat buruk, Runa berusaha untuk menjadi lebih baik setelah dia berpacaran dengan Ryuuto. Selain itu, dia pun menunjukkan berbagai sisi yang menarik tentang dirinya.

Pelajaran Penting yang Bisa Dipetik dari KimiZero

Entah kalian menyadari atau tidak, ada sebuah pelajaran berharga yang bisa kita petik dari cerita KimiZero, yaitu tentang menerima masa lalu seseorang dengan lapang dada. Hal itu bisa kita lihat dari sikap Ryuuto kepada Runa.

Ryuuto selalu bilang berkali-kali kepada Runa bahwa masa lalu tidaklah penting. Dia lebih memikirkan masa depannya bersama dengan Runa. Dia ingin membuat kenangan-kenangan yang menyenangkan dan berharga kepada Runa.

Lewat anime ini, kita juga bisa belajar untuk tidak menjustifikasi kehidupan seseorang dengan begitu gampangnya, apalagi jika kita belum mengenal orang tersebut lebih dekat.

Jadi, KimiZero Bagus atau Tidak Untuk Ditonton?

Anime ini mungkin kurang begitu menarik untuk orang-orang yang sudah mempunyai kesan awal yang buruk terhadap Runa, apalagi jika mereka tidak bisa menerima fakta bahwa gadis secakep dan sebaik Runa sudah tidak perawan lagi.

Namun, tidak ada salahnya untuk menonton KimiZero karena anime ini cukup seru dan layak buat ditonton. Saya memberikan rating 7 untuk anime ini karena saya merasa anime ini adalah salah satu anime romance comedy terbaik di tahun ini terlepas dari semua kontroversinya.

*** 

Mungkin itu saja ulasan yang bisa saya sampaikan seputar anime Keikenzumi na Kimi to, Keiken Zero na Ore ga, Otsukiai suru Hanashi. Jika kalian menyukai ulasan ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian sebagai bentuk dukungan kepada penulis!

Previous Post Next Post

Contact Form