Apa Itu Automail dalam Cerita Fullmetal Alchemist: Brotherhood? Cek Pembahasannya Berikut Ini!


Buat kalian yang pernah nonton serial Fullmetal Alchemist: Brotherhood, kalian pasti tidak asing lagi dengan alat otomotif yang dikenal dengan istilah Automail. Alat tersebut diciptakan untuk menggantikan bagian tubuh seseorang yang hilang, seperti lengan atau kaki.

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut seputar Automail. Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

Automail Terhubung dengan Sistem Saraf Manusia


Salah satu hal yang menarik dari Automail adalah alat tersebut tidak membutuhkan sumber energi eksternal untuk bisa digerakkan. 

Alat tersebut terhubung langsung dengan sistem saraf manusia. Karena itulah, pengguna mampu menggerakkan alat tersebut secara leluasa seperti anggota tubuh pada umumnya.

Material Pembuatan Automail

Automail terdiri dari kabel-kabel serta mesin khusus yang diproteksi dengan lapisan baja yang tebal sehingga alat tersebut tidak gampang rusak. 

Automail juga bisa diperkuat dengan teknologi tambahan serta digabungkan dengan material lain, seperti karbon fiber, kaca fiber, dan jenis logam lain yang kompatibel. 

Pemasangannya Hanya Bisa Dilakukan Oleh Mekanik Berpengalaman

Berhubung Automail adalah alat yang kompleks, pemasangan alat tersebut tidak boleh sembarangan. Proses tersebut hanya bisa dilakukan mekanik handal yang mempunyai spesialisasi di bidang tersebut.

Salah satu contoh mekanik Automail yang paling terkenal adalah Winry Rockbell. Dialah yang biasa memasang serta merawat Automail yang terpasang pada tubuh Edward Elric.

Efek Pemasangan Automail Pada Tubuh

Meskipun Automail sangat berguna sebagai pengganti anggota tubuh yang hilang, pemasangan Automail tetap mempunyai dampak terhadap tubuh. Pengguna yang memasang Automail untuk pertama kalinya akan merasakan rasa sakit pada saraf-sarafnya.

Selain itu, pengguna tidak langsung bisa beradaptasi dalam menggunakan alat tersebut. Pengguna setidaknya membutuhkan waktu selama tiga tahun sampai dia mampu menggunakan alat tersebut dengan leluasa.

Dampak lain yang bisa dirasakan oleh pengguna adalah rasa tidak nyaman terhadap perubahan temperature, khususnya pada suhu panas dan dingin. Selain itu, Automail dikatakan berdampak buruk perkembangan tubuh penggunanya, seperti yang terjadi pada kasus Edward Elric.

Bisa Dilepas dan Dipasang Sesuka Hati

Penggunaan Automail sangatlah fleksibel karena alat tersebut bisa dilepas dan dipasang dengan sesuka hati. 

Biasanya, alat tersebut akan dilepas saat sedang di-maintenance agar performanya tetap bagus. Sebagai contoh, Edward seringkali datang menemui Winry apabila Automail yang dia gunakan sedang bermasalah.

Bentuknya Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan Pengguna

Hal menarik lainnya dari Automail adalah bentuknya yang bisa disesuaikan dan dimodifikasi tergantung keinginan atau kebutuhan pengguna. Dalam kebanyakan kasus, Automail bisa dibentuk menjadi senjata tertentu yang bisa berguna dalam pertempuran.

Contohnya adalah kasus tentara Amestrian yang bernama Buccaneer. Dia menggunakan Authomail berbentuk gergaji mesin yang disebut M1913-A “Crocodile”. Selain itu, Automail bisa diperkuat dengan jenis senjata lain, seperti senapan, pedang tersembunyi, atau cakar.

***

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa penulis sampaikan seputar Automail dalam cerita Fullmetal Alchemist. Jika informasi ini menarik buat kalian, jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian sebagai bentuk dukungan kepada penulis!

Previous Post Next Post

Contact Form