25 Kartun Jepang Hari Minggu Yang Membuat Nostalgia

Selamat malam gaes, kali ini saya sebagai anak 90’an pengen berbagi sedikit corat-coret yang akan membuat kita flashback ke masa kecil kita. Pada zaman dulu kartun anak yang beragam masih sering ditayangkan pada hari Minggu. Tayangan yang beragam itu yang membuat hari-hari Minggu anak zaman old terasa begitu berwarna dan bahagia. Nah, berikut adalah beberapa kartun Jepang yang dulu pernah menemani masa-masa kecil kita di hari Minggu.

1. Doraemon

sumber: brillio.net

Kartun yang satu ini merupakan salah satu kartun legend yang cukup ikonik dengan kantong ajaibnya. Semua pasti menunggu-nunggu, benda unik apa yang akan dikeluarkan Doraemon untuk membantu Nobita dalam menghadapi masalah-masalahnya. Contoh ketika ia tengah di-bully oleh Giant dan Suneo atau mungkin ia ingin mendapatkan perhatian dari Shizuka.

2. Nintama Rantarou (Ninja Boy)

sumber: cartoonloka.com

Kita tentu masih ingat tingkah konyol ninja-ninja cilik yang tengah menjalani hari di sekolah ninja. Mereka berada di kelas anak-anak nakal dan sering bertengkar dengan guru mereka. Entah saya lupa alur ceritanya, namun waktu kecil saya suka sekali menonton kartun ini.

3. Crayon Shincan

sumber: duniaku.net

Kartun ini menurut saya juga sangat populer di Indonesia. Mungkin anak-anak zaman old sampa hafal soundtrack dari kartun ini. Kita seringkali disuguhkan tingkah konyol Sinchan bersama teman-temannya baik di sekolah atau di lingkungan rumah. 

4. Chibi Maruko Chan


sumber: motionpic.com

Maruko merupakan gadis kecil yang manis yang menjalani hari-hari dengan ceria bersama keluarganya. Saya agak lupa dengan alur ceritanya, karena saya juga kurang mengikuti kartun yang satu ini. Mungkin anak-anak cewek waktu kecil suka kartun ini.

5. Pokemon

sumber: clubit.tv

Selanjutnya ada Pokemon yang dulu sering menemani hari Minggu pagi kita. Kita tentu masih ingat sosok Pikachu yang lucu dan memiliki kemampuan mengeluarkan listrik. Ada banyak lagi monster-monster lucu lainnya yang ketika bertarung membuat kita geregetan. Selain itu, salah satu yang paling ngangenin dari kartun ini adalah keberadaan Tim Rocket yang selalu gagal menangkap Pikachu dan pokemon-pokemon lain.

Baca juga: 37 Mainan Masa Kecil yang Membuat Nostalgia

6. Hamtaro

sumber: scratchpad.wikia.com

“Apa yang paling dia sukai? Biji bunga matahari..” saya masih ingat kalimat dalam soundtrack Hamtaro yang easy listening dan tentunya ngangenin. Kita pasti ingat petualangan Hamtaro bersama kawan-kawan hamsternya di pekarangan rumah atau kadang di roda berputar.

7. Ninja Hatori

sumber: amazon.com

Kartun ini juga masih bertemakan ninja yan mungkin masih pekat di ingatan kita. Kita mungkin juga masih inget soundtrack-nya yang khas yang bunyinya “mendaki gunung lewati lembah…”. Saya juga sedikit lupa gimana alur ceritanya. Tapi yang jelas kartun ini pun tak kalah kocak dan pastinya membekas di ingatan masa kecil kita.

8. Astro Boy

sumber: alchetron.com

Kartun ini menceritakan tentang robot yang hidup berdampingan dengan manusia. Astro Boy bertarung memiliki kekuatan yang luar biasa dan bertarung melawan para musuhnya yang juga merupakan robot atau alien. Ada banyak pelajaran yang juga dapat dipetik dari kartun ini semisal tentang tanggungjawab dan kepahlawanan.

9. Sailor Moon

sumber: animenewsnetwork.com

Jujur saja saya jarang menonton kartun yang satu ini, akan tetapi kartun ini termasuk salah satu kartun yang populer di Indonesia pada masanya. Sailor Moon bercerita tentang lima orang wanita yang memiliki kekuatan super untuk membasmi kejahatan. Mereka berpenampilan cantik-cantik dan tentu imut. Ketika berubah mereka akan mengeluarkan slogan yang khas yaitu “dengan kekuatan bulan aku akan menghukummu”
10. P-Man

sumber: jurnalotaku.com

Waktu kartun ini tayang mungkin saya masih belum lahir, tapi kartun ini termasuk kartun legend untuk anak 90’an. Kartun ini bercerita tentang seorang anak bernama Mitsuo yang dapat menjadi pahlawan super hanya dengan menggunakan jubah dan topeng. Ia harus membagi tugasnya antara menjadi P-Man dan kewajiban sekolahnya.

11. Captain Tsubasa

sumber: captaintsubasa.wikia.com

Kartun ini adalah salah satu kartun wajib yang harus ditonton ketika kecil. Saya dan teman-teman saya setiap di sekolah selalu membicarakan tentang Tsubasa yang keren dan sangat menginspirasi dalam sepak bola. Malah ada teman saya yang waktu itu coba-coba mempraktekkan salah satu teknik di kartun itu ketika bermain sepak bola di teras rumah tetangga.

12. Naruto

sumber: naruto.wikia.com

Siapa yang gak kenal dengan Naruto? Dia adalah seorang ninja yang bercita-cita menjadi seorang Hokage. Kepopulerannya di kalangan anak-anak Indonesia mungkin tak perlu dipertanyakan lagi. Pada waktu kecil pertempuran antara Naruto dan musuhnya sangat seru dan menegangkan. Akan tetapi jaman sekarang ada banyak sensor di beberapa adegan.

13. One Piece

sumber: toonami.wikia.com

One Piece pun juga tak kalah populer dengan Naruto. Saya masih ingat ketika pertama nonton kartun ini saya langsung suka dan tidak sabar menantikan kelanjutan dari petualangan Luffy dan kawan-kawan di Grand Line. Sampai sekarang pun saya masih tetap mengikuti perkembangan Luffy dan kawan-kawan.

14. The Law of Ueki

sumber: vsbattles.wikia.com

Mungkin beberapa dari kalian masih ingat dengan kartun ini. Ueki adalah seorang anak yang memiliki kemampuan untuk mengubah sampah menjadi pohon. Kekuatannya pun terbagi menjadi beberapa tingkat dan untuk naik ke tingkat berikutnya ia harus berusaha menjadi lebih kuat. Ada karakter-karakter lain yang juga memiliki kekuatan yang tak kalah ngeri dibandingkan dirinya.

15. Dragon Ball

sumber: d20crit.com

Dragon Ball menurut saya merupakan salah satu anime terbaik sepanjang. Banyak mangaka yang mengakui kehebatan dari anime ini. Tentu kita masih ingat dengan perjuangan Goku dan kawan-kawannya dalam melawan kejahatan. Lawan-lawan Goku pun terbilang tangguh dan sulit untuk dikalahkan. Selain itu, mereka juga saling memperebutkan ketujuh bola naga untuk dapat mewujudkan keingingan mereka.

16. Inuyasha

sumber: viz.com

Selanjutnya ada Inuyasha yang merupakan seorang manusia setengah siluman yang bertarung melawan para siluman. Ia bertemu dengan gadis bernama Kagome dan sahabat-sahabatnya yang lain. Cerita petualangan mereka dalam membasmi siluman dan mencari bola arwah sangat seru waktu itu ditonton.

17. Digimon

sumber: withthewill.net

Kartun ini mungkin masih hampir mirip dengan Pokemon, tetapi menurut saya monster-monsternya lebih greget di Digimon. Saya pun waktu itu menyukai berbagai serial digimon. Bagian yang paling saya suka adalah ketika salah satu Digimon itu berevolusi ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca juga: 15 Permainan Tradisional yang Hampir Punah

18. Samurai X 


sumber: fanpop.com

Samurai X menurut saya merupakan salah satu kartun tentang samurai yang sangat sukses dan populer di Indonesia. Kenshin Himura merupakan samurai yang berpenampilan cukup sangar dan keren menurut saya. Kehebatannya dalam bermain pedang tak perlu diperdebatkan lagi. Kalau ingat kartun ini jadi rindu masa-masa kecil.

19. Let’s And Go

sumber: kaskus.co.id

Anak jaman old sudah pasti tahu kartun yang satu ini. Kartun yang bercerita tentang anak-anak yang hobi balapan tamiya atau mobil-mobilan dengan gaya beraneka ragam. Akibat nonton ini, banyak anak-anak yang minta dibelikan tamiya di toko terdekat. Dan waktu itu punya tamiya pun rasanya sudah berasa anak orang kaya hehe.

20. Beyblade

sumber: kaskus.co.id

Selain tamiya, beyblade atau gasing pada jaman dulu pun cukup populer. Saya waktu kecil suka merengek pada orang tua untuk dibelikan beyblade karena terinspirasi setelah menonton kartun ini di televisi. Dan saya juga sangat suka dengan kartun ini waktu itu.

21. Crush Gear

sumber: galleriaguardia.blogspot.com

Kalau tamiya itu buat balapan, kalau beyblade itu gasing yang saling berbenturan, kalau crush gear itu merupakan mainan kayak mobil-mobilan tapi dengan bodi yang dirancang untuk saling bertubrukan. Saya pun waktu kecil karena juga punya koleksi dua crush gear yang saya beli dengan susah payah menabung dari uang jajan hehe.

22. Inazuma Eleven


sumber: vsbattles.wikia.com

Selanjutnya adalah kartun Inazuma Eleven yang bertemakan sepak bola dan mungkin hampir mirip dengan Tsubasa. Akan tetapi, pertandingan sepak bola di kartun ini tidak biasa karena para karakter di kartun ini memiliki jurus-jurus unik dan di luar akal. Saya suka banget nonton kartun ini pada hari Minggu.

23. Bakabon

sumber: jurnalotaku.com

Kartun ini ceritanya pun juga tak kalah kocak dengan kartun-kartun lain. Cerita dari kartun ini seputar keluarga Bakabon yang terbilang aneh. Contoh saja adalah adiknya Bakabon yang sudah bisa berbicara dalam waktu tiga hari, sedangkan bapaknya pun suka iseng dan agak bego.

24. Detective Conan

sumber: myanimelist.com

Masa kecil kita mungkin terasa kurang lengkap kalau gak nonton Conan si detektif. Saya waktu itu kurang begitu suka kartun ini karena jarang ada pertarungan super kayak kartun lain. Akan tetapi kartun ini menarik karena terdapat teka-teki yang harus dipecahkan dalam sebuah kasus pembunuhan.

Baca juga: 5 Gameshow Jepang yang Populer di Indonesia

25. Hachi The Bee

sumber: en.wikipedia.org

“Hachi anak yang sebatang kara, pergi mencari ibunya..” itu adalah salah satu penggalan lirik dari soundtrack Hachi. Ia adalah seekor lebah yang berpetualang mencari keberadaan ibunya. Jujur aja, menonton kartun ini waktu itu dapat membuat hati sedih dan gundah gulana karena terbawa suasana emosi si Hachi.

***


Mungkin itu saja gaes beberapa kartun Jepang di hari Minggu yang dapat membuat kita nostalgia. Kartun-kartun di atas adalah murni dari opini saya. Saya yakin kalian pasti memiliki pendapat yang berbeda karena ada banyak kartun yang dapat membuat kita nostalgia selain yang saya sebutkan di atas. Akhir kata, terimakasih karena telah mengunjungi artikel ini.


EmoticonEmoticon