10 Rekomendasi Niche Blog yang Populer dan Banyak Dicari Pengunjung


Dalam berkarier di dunia blogging, pemilihan niche blog adalah hal yang penting dilakukan oleh seorang blogger. Niche blog dapat kita katakan sebagai tema atau topik utama yang kita angkat dalam blog kita. Mungkin, buat kita yang masih baru memulai perjalanan blogging, terkadang kita suka bingung menentukan topik apa yang akan kita tulis.

Nah, topik-topik berikut ini ialah topik populer yang mungkin bisa kalian pertimbangkan untuk menjadi niche di blog Sobat sekalian. Topik ini juga merupakan topik yang berpotensi mendatangkan pengunjung karena banyak dicari. Langsung saja yuk kita bahas bareng-bareng.

1. Kesehatan

source pic: lifestyle.okezone.com

Topik terkait kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Sebagai seorang blogger, kita bisa menyajikan beragam tips-tips seputar pola hidup sehat, tips mengatasi luka atau penyakit tertentu dengan cara alami, review produk kesehatan atau obat, dan topik-topik lain yang relevan seputar kesehatan.

Dalam menulis artikel mengenai kesehatan, tentunya kita perlu melakukan riset yang teliti agar tulisan kita bisa akurat dan informasi yang kita sajikan lengkap tanpa kekeliruan. Meskipun demikian, kita bisa menulis topik ini sesuai gaya kita dengan santai dan fleksibel agar mudah dipahami pembaca blog kita.

2. Gadget & Teknologi

source pic: hipwee.com

Zaman sekarang, perkembangan internet, gadget, dan teknologi begitu pesat. Setiap hari, hampir terdapat aplikasi, gadget, dan alat teknologi dengan fitur-fitur baru yang lebih canggih dan menarik. Masyarakat selalu butuh informasi mengenai perkembangan dunia teknologi tersebut.

Nah, buat sobat yang paham dan juga senang berkecimpung di dunia ini, sobat bisa memilih niche ini sebagai topik utama di blog sobat. Kalian bisa memberikan tips seputar penggunaan gadget atau aplikasi tertentu, review smartphone atau gadget lain yang baru rilis, dan sejenisnya.

3. Travelling

source pic: medium.com

Niche ini cocok untuk kalian yang hobi jalan-jalan, baik dalam negeri maupun ke luar negeri. Kalian bisa mereview bagaimana perjalanan kalian selama berada di tempat wisata tertentu. Setiap tempat wisata pasti memiliki kelebihan dan kalian bisa mengulas hal itu agar pembaca tertarik untuk pergi ke sana juga.

Selain itu, kalian bisa memberikan tips-tips seputar perjalanan, berapa budget yang diperlukan, rekomendasi tempat penginapan yang cocok dengan harga yang bersahabat, dan rekomendasi tempat-tempat menarik lainnya di seputar kawasan wisata. Jika informasi yang sobat sajikan lengkap dan menarik, dijamin deh akan ada banyak orang yang berkunjung ke blog sobat.
4. Kuliner

source pic: hot.liputan6.com

Konten kuliner ini cocok buat kalian yang suka masak-memasak atau mencicipi makanan, cocok banget nih buat ibu-ibu. Kuliner juga merupakan topik yang sangat erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa membuat tips-tips memasak yang enak dengan berbagai macam resep.

Selain itu, kita juga bisa mereview atau merekomendasikan tempat-tempat makan yang menyajikan beragam menu. Lumayan kan, kita bisa menyalurkan hobi makan-makan kita dengan menulis konten di blog kita.

5. Bisnis & Marketing

source pic: liputan6.com

Topik selanjutnya adalah bisnis dan marketing. Jaman sekarang, pengetahuan dan kemampuan bisnis itu penting untuk kita kuasai. Sebelum memulai berbisnis, kita perlu tahu gimana cara membuat produk yang menarik, strategi pemasaran dalam menarik customer membeli kita, atau hal-hal lain seputar dunia bisnis.

Buat kalian yang sudah berpengalaman berbisnis, kalian bisa sharing mengenai pengalaman kalian dalam berbisnis via blog. Kalian juga bisa memberikan tips-tips yang asik dan recommended agar orang-orang tertarik untuk memulai bisnis.

6. Lifestyle

source pic: pixabay.com

Lifestyle atau gaya hidup juga termasuk niche yang menarik lho bagi para pengunjung. Kita bisa mengulas banyak hal seputar style, tren, tips-tips yang berkaitan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Misalkan, kita bisa membagikan tips-tips bekerja dengan santai, tips membeli barang secara online, atau hal-hal yang lagi menjadi trending di masyarakat. Yang terpenting, kalian menulis dengan santai, informatif, dan menarik para pengunjung.

7. Manga & Anime

source pic: japantrips.co

Berikutnya, topik seputar manga dan anime juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk konten blog lho, guys. Konten semacam ini cocok buat kalian yang menyukai hal-hal seputar Jepang dan suka banget baca manga atau nonton anime.

Ada banyak manga dan anime populer yang memiliki jutaan penggemar yang menarik untuk diikuti. Kalian bisa memberikan informasi atau mungkin mereview cerita-cerita manga dan anime. Pasti, akan ada banyak fans manga dan anime yang berkunjung ke blog sobat.

Baca juga: Tips yang Dapat Kita Lakukan Agar Senantiasa Bersyukur

8. Parenting

source pic: pixabay.com

Buat kalian yang sudah berkeluarga dan pernah mengalami lika-liku dalam mengurus anak, kalian bisa memilih konten parenting untuk blog kalian. Topik ini sangat penting untuk dipahami oleh para papa atau mama muda yang masih belum berpengalaman dalam mengurus anak. Mereka pasti mencari info mengenai hal ini agar mereka bisa memberikan yang terbaik untuk anak mereka. Kalian bisa memberikan tips-tips seputar parenting atau bisa memberikan pengalaman kalian dalam mengurus anak,

9. Beauty & Fashion

source pic: liputan6.com

Niche berikutnya yang bisa kita pilih adalah beaty & fashion. Namun, niche ini lebih cocok buat kalian para wanita yang hobi make up dan senang dengan dunia fashion. Kalian bisa memberikan info seputar dunia kecantikan, semisal produk-produk kecantikan, tips merawat diri yang baik, dan tips seputar dunia fashion. Tak hanya itu, kalian juga bisa mengulas style atau gaya berpakaian artis-artis dalam negeri maupun artis internasional yang menarik bagi para pembaca.

10. Edukasi

source pic: antero.co

Niche terakhir yang menjadi rekomendasi niche blog kita adalah konten yang berisi edukasi. Buat kita yang senang dan memiliki concern terhadap dunia pendidikan, kalian bisa menyajikan konten edukasi di blog kalian. Kalian bisa memberikan info-info yang bisa menjadi referensi bagi para pelajar atau mungkin hal-hal lain seputar pendidikan, seperti kurikulum, program-program terbaru pemerintah, dunia kuliah, dan lain-lain.
***
Nah, mungkin itu saja sobat sepuluh niche blog yang saya rekomendasikan. Kalian bisa memilih salah satu atau mungkin beberapa niche blog sesuai dengan minat dan background sobat. Hal terpenting dalam memilih niche blog adalah sobat senang dengan topik tersebut sehingga sobat tidak akan merasa terbebani ketika sobat nanti menulis.

Akhir kata, saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini. Saya berharap semoga artikel ini bisa memberikan secercah inspirasi bagi sobat yang ingin berkarier di dunia blogging. Sekian dari saya. Thanks atas kunjungannya. Selamat berkarya.


EmoticonEmoticon