6 Manfaat Mengikuti Organisasi Bagi Mahasiswa


source: idntimes.com

Dunia kampus merupakan dunia yang tepat untuk mengembangkan diri kita menjadi lebih baik. Selain belajar di kelas, mahasiswa juga dapat mengikuti berbagai macam kegiatan atau organisasi di kampus. Namun, tak jarang juga mahasiswa lebih memilih menjadi kupu-kupu yang kuliah pulang, kuliah pulang, dan kuliah pulang. Padahal, mengikuti organisasi atau komunitas di dunia kampus itu memiliki banyak manfaat lho.

Kebetulan, saya mengikuti sebuah UKM yang bergerak di bidang kepenulisan selama saya kuliah. Di UKM itulah, saya belajar banyak hal yang tidak saya dapatkan di kelas. Mungkin, sobat semua yang juga berkecimpung di organisasi yang lain merasakan hal yang sama dengan apa yang saya rasakan.

Beberapa manfaat mengikuti organisasi di kampus sudah saya rangkum berikut ini. Langsung saja yuk kita lihat sama-sama.

1. Menambah Wawasan Baru
Ketika kita berada dalam sebuah organisasi, kita akan menemukan hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Kita akan bertemu dengan banyak orang baru dengan beragam kepribadian dan juga pemikiran. Dengan berdiskusi dengan mereka, kita akan memperoleh wawasan baru yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Kita akan punya beragam perspektif dalam menilai sesuatu.

2. Memperluas Relasi Pertemanan
Ketika kita mengikuti organisasi, secara otomatis kita akan memiliki banyak teman baru apabila kita bisa beradaptasi. Apabila kita mengikuti UKM atau organisasi tingkat kampus, kita akan bertemu dengan orang-orang dari luar jurusan kita. Percaya atau enggak, kenalan sama orang-orang dari jurusan lain itu menyenangkan lho. Lebih-lebih, kalau kita bisa dapat gebetan dari jurusan lain. Lumayan buat mewarnai kehidupan kuliah kita hehe.
3. Meningkatkan Kemampuan dalam Beraktualisasi Diri
Buat kalian yang saat ini susah bersosialiasi, kalian bisa mencoba mengatasi itu dengan cara berorganisasi. Di organisasi, kalian akan belajar untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Berorganisasi dapat meningkatkan kemampuan kalian dalam beraktualisasi diri dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar kalian. Selain itu, kalian juga bisa melatih kepercayaan diri kalian.

4. Menambah Pengalaman Baru dengan Mengikuti Kepanitiaan
Dengan mengikuti organisasi, kalian bisa memiliki peluang untuk mengikuti event atau acara tertentu lho gaes. Biasanya, organisasi itu memiliki berbagai macam proker atau agenda yang selalu dilaksananan setiap tahun. Dengan mengikuti kepantiaan di event tersebut, kalian akan mendapatkan pengalaman baru gimana rasanya bekerja sama dalam tim. Percaya deh, pengalaman itu akan menjadi modal yang bagus buat kalian kerja nanti.

5. Meningkatkan Skill yang Sesuai dengan Bidang Kita
Di kampus, terdapat berbagai macam organisasi baik yang bergerak di bidang bakat dan minat atau, seperti UKM dan juga organisasi yang bergerak murni di bidang keorganisasian dan politik kampus, seperti BEM atau HMJ. Kalian bisa memilih organisasi yang sesuai dengan bidang atau passion kalian. Jika kalian suka dengan musik, kalian bisa mengikuti UKM Musik dan sejenisnya. Dengan itu, kemampuan kalian akan meningkat dan juga terasah.

6. Menambah Nilai pada CV
Manfaat terakhir dari berorganisasi adalah kalian bisa menambah nilai pada CV kalian sobat. Anggap manfaat ini sebagai sebuah bonus dari kerja keras kalian selama berorganisasi. Paling tidak, kalian yang aktif berorganisasi akan memiliki kesan yang positif bagi orang lain, khususnya bagi pemberi kerja, dibandingkan dengan kalian yang hanya kuliah lalu pulang.
***
Nah, mungkin itu saja ya sobat beberapa manfaat positif yang bisa kalian dapatkan ketika berorganisasi di kampus. Akhir kata, saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan kata maupun pendapat. Saya berharap semoga artikel ini bisa memberikan secercah inspirasi bagi sobat sekalian. Thanks.



EmoticonEmoticon