5 Alasan Blog Merupakan Media Terbaik untuk Melatih Keterampilan Menulis Kita

source: pixabay

Aktivitas blogging merupakan hal yang lumrah dilakukan di era digital saat ini. Melalui blog, kita bisa menyalurkan kreatifitas dan pemikiran kita. Selain itu, ada banyak blogger-blogger sukses di luar sana yang telah menekuni aktivitas ini.

Buat kalian yang suka menulis, tetapi kalian masih ragu untuk membagikannya ke orang lain, mungkin kalian bisa mencoba untuk membuat blog baru. Berikut ini ada beberapa alasan logis bahwa blog dapat menjadi wadah yang tepat buat kalian yang hobi menulis.

Langsung saja yuk kita ulas bareng-bareng berikut ini!

1. Kita bisa sharing apapun melalui blog

Ketika kita memiliki blog pribadi, kita bisa menuangkan apapun yang ada dalam pikiran kita menjadi sebuah tulisan atau artikel. Ada banyak topik yang bisa kita bagikan ke orang lain sesuai dengan minat dan ketertarikan kita.

Buat kita menyukai dunia literasi atau senang membaca buku, kita dapat mengulas sebuah buku yang baru kita baca melalui blog kita. Nggak hanya itu, kita bisa membagikan tips-tips ringan seputar kehidupan penulis. Yang jelas, kita bisa menulis sebebas-bebasnya dan mengeksplorasi berbagia macam topic yang kita suka.

2. Berpotensi menjangkau banyak pembaca

Siapa sih yang enggak pengen tulisan kita dibaca oleh orang lain? Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu alasan kita menulis adalah agar tulisan kita bisa dibaca oleh banyak orang. Oleh karena itulah, blog menjadi media yang tepat untuk mengenalkan tulisan kita ke orang lain.

Kita bisa membagikan tulisan kita ke media sosial yang kita miliki, seperti Facebook, Twitter, Story Whatsapp, dan lain-lain. Dengan cara itu, para pembaca akan mampir dan membaca artikel di blog kita. Jika tulisan kita menarik, mereka pasti akan menjadi pengunjung setia blog kita.

3. Murah dan gratis

Saat ini, ada banyak platform penyedia blog yang tidak berbayar alias gratis, seperti Blogger, Wordpress, dan Medium. Selain itu, proses membuat blog juga tidak terlalu ribet sehingga semua orang pasti bisa melakukannya.

Kita bisa belajar pelan-pelan memahami fitur-fitur yang terdapat dalam blog. Ada banyak tutorial ngeblog di internet sehingga membuat kita lebih mudah saat ngeblog. Oleh karena itu, enggak perlu berpikir dua kali, mulailah ngeblog saat ini!

4. Melatih kita untuk rajin menulis karena blog harus terus di-update

Ketika kita udah mengelola sebuah blog, kita harus selalu meng-update tulisan kita di blog. Sebagai admin blog yang baik, kita harus rajin-rajin mengunggah tulisan terbaru kita agar blog kita selalu aktif dan terlihat baik di mata pembaca.

Biar enggak terasa terbebani, kita bisa membuat jadwal update blog dan meluangkan waktu kita untuk menulis. Hal ini bagus banget untuk melatih konsistensi kita sebagai penulis sekaligus membuat kita bisa lebih produktif.

5. Blog bisa menjadi media untuk personal branding

Salah satu manfaat utama dari ngeblog adalah kita bisa memanfaatkan blog untuk personal branding kita sebagai penulis. Hal ini penting agar pembaca bisa mengenali kita sebagai penulis. Ada beberapa penulis hebat yang memulai kariernya dari ngeblog, contohnya adalah Raditya Dika dan Dwitasari.

Dengan membangun personal branding melalui blog, para pembaca akan lebih mengenal kita sebagai penulis. Mereka akan tahu karakteristik sekaligus gaya penulisan kita. Jika kita sudah menerbitkan buku, kita pun bisa memanfaatkan blog sebagai media untuk promosi dan memasarkan buku kita. 

Previous Post Next Post

Contact Form