10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Buat Kalian yang Masih Kuliah

Sebagai mahasiwa, fokus utama kita memang kuliah dan mencari ilmu. Akan tetapi, pasti banyak dari kita yang ingin menghasilkan uang sendiri buat menambah tabungan atau mencukupi kebutuhan kita ketika kuliah.

Nah, kali ini MogiMogy ingin membagikan beberapa ide pekerjaan sampingan yang cocok buat kalian yang masih kuliah. Langsung saja yuk kita ulas berikut ini!

1. Freelance Writer

Buat kalian yang hobi nulis, enggak ada salahnya untuk menjadikan hobi itu sebagai pekerjaan sampingan. Kalian bisa menjadi freelance writer atau penulis lepas untuk menambah uang jajan kalian. Kalian bisa menjadi blogger dan memasang iklan di blog kalian untuk mendapatkan uang.

Nggak hanya itu, kalian bisa juga mengirimkan tulisan kalian ke media-media online. Ada banyak media online yang memberikan fee jika tulisan kalian berhasil dimuat, contohnya adalah Mojok, Basabasi, IDNTimes, dll.

2. Jasa Desain

Pekerjaan yang satu ini cocok buat kalian yang hobi desain dan pintar menggunakan aplikasi edit gambar, seperti Photoshop, Corel Draw, atau Adobe Ilustrator. Kalian bisa menawarkan jasa desain kalian melalui media sosial.

Saat ini, pasti banyak banget yang butuh jasa desain untuk berbagai event atau kepentingan usaha, seperti pembuatan logo dan banner. Oleh karena itu, hal ini menjadi peluang yang bagus untuk dimanfaatkan.

3. Jualan Pulsa

Meskipun keuntungannya enggak seberapa, kalian bisa mencoba berjualan pulsa sebagai bisnis sampingan ketika masih kuliah. Pasti banyak banget temen-temen kalian yang butuh pulsa untuk keperluan sehari-hari, khususnya paket data untuk internetan.  

4. Jualan Jajan atau Makanan Ringan

Pekerjaan sampingan ini cocok banget buat kalian yang suka berwirausaha. Kalian bisa buat jajan ringan dan menawarkannya ke teman-teman kalian atau ke anak-anak lain yang ada di kampus kalian. Jajanan ringan biasanya laris karena harganya yang murah dan cocok untuk mengganjal perut.    

5. Reseller/Dropshipper

Di era digital ini, jualan online rasanya bukan hal yang asing lagi bagi kita. Oleh karena itu, kalian yang masih kuliah pun bisa berjualan online dan membuka olshop kalian sendri untuk menambah penghasilan kalian.

Kalian bisa menjadi reseller produk atau dropshipper. Kalau jadi reseller, kalian perlu mengeluarkan modal untuk menyetok barang. Akan tetapi, kalau jadi dropshipper, kalian tinggal menjual barang dan menerima orderan lalu meneruskannya ke pihak supplier.

6. Driver Ojek Online

Menjadi driver ojek online juga bisa menjadi salah satu opsi kerja sampingan buat kalian yang masih kuliah. Jika kalian punya motor dan SIM, kalian bisa mendaftarkan diri untuk menjadi mitra dari penyedia jasa transportasi online, seperti Gojek dan Grab.

Salah satu keuntungan dari pekerjaan ini adalah waktunya yang fleksibel. Kalian bisa ngojek di waktu senggan kalian. Kalau banyak orderan, hasilnya pasti lumayan kan buat nambah uang jajan kita hehe.

7. Guru Privat

Pekerjaan yang ini sebenarnya cocok buat kalian yang kuliah di jurusan keguruan. Namun, kalian yang dari jurusan lain juga bisa loh menawarkan diri jadi guru privat, khususnya buat anak-anak SD. Kalian bisa mengajar mata pelajaran umum dan dasar, seperti matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.  

8. Fotografer

Buat kalian yang punya kamera dan hobi fotografi, kalian bisa menjadi fotografer lepas. Kalian bisa menawarkan jasa foto kalian ke orang lain. Selain itu, kalian bisa mengunggah hasil foto kalian ke situs-situs gambar berbayar, seperti Shutterstock, Flickr, dan sejenisnya.   

9. Pelayan Kafe

Menjadi pelayan kafe bisa menjadi pekerjaan sampingan kalian saat masih kuliah. Kalian bisa bekerja part-time dan menyesuaikan dengan jadwal kuliah kalian. Yang jelas, kalian harus pintar-pintar membagi waktu kalian kalau kalian memilih pekerjaan ini.

10. Content Creator

Content creator merupakan salah satu pekerjaan yang paling hits di era milenial saat ini. Kalian yang berminat di dunia kreatif ini bisa membuat konten dan mengunggahnya ke Youtube, Instagram, dan TikTok. Kalau konten kalian ramai dan banyak yang suka, kalian nanti bisa membuka jasa endorsement untuk menghasilkan uang.

 

0 Response to "10 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Buat Kalian yang Masih Kuliah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel