10 Game Street Fighter yang Terbaik dan Paling Seru

Street Fighter merupakan salah satu franchise game terbaik dan populer yang pernah diciptakan oleh Capcom. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 1987 dan telah berkembang dari waktu ke waktu dengan banyaknya game-game Street Fighter yang digemari oleh pecinta game.

Enggak hanya itu, kepopuleran Street Fighter juga membuat game ini diangkat ke dalam media lain, seperti film dan acara TV animasi. Bahkan, beberapa game Street Fighter pun diangkat ke dalam turnamen dunia.

Dari sekian banyaknya game Street Fighter yang dirilis Capcom, berikut ini ada 10 game Street Fighter yang terbaik dilansir MogiMogy dari situs thegamer. Langsung aja yuk kita bahas bersama berikut ini!

10. Street Fighter IV: Arcade Edition

Game yang satu ini merupakan game yang cukup mendapat antusias dari para penggemar. Permainan dalam game ini tampak keren dengan kontrol yang sempurna. Hanya saja, game ini memiliki kekurangan dalam hal keseimbangan dalam permainan.

Musuh yang dikendalikan komputer menjadi lebih kuat setelah beberapa pertarungan. Enggak hanya itu, game ini juga kurang lebih mirip dengan game pertarungan lainnya.

Ketika pemain hendak menekan tombol untuk menyerang lawan, komputer biasanya menyerang pemain terlebih dahulu. Hal itu seringkali membuat pemain frustasi

9. Street Fighter II

Game ini memiliki peran penting dalam membuat game Street Fighter naik level dan lebih dikenal oleh banyak orang. Game ini telah dikopi dalam jumlah yang banyak sehingga banyak orang yang dulu rela mengantri agar bisa memainkan game ini.

Sayangnya, game ini kurang balance karena kekuatan Guile terlalu kuat. Oleh karena itulah, banyak karakter yang perlu dilengkapi serangan proyektil atau serangan lain yang setara.

Enggak cuman itu, banyak gamer yang mungkin tidak tahu jika health bar milik Chun Li dibuat lebih sedikit oleh Capcom dibandingkan karakter lain. Untungnya, Capcom menyadari hal itu dan memperbaikinya dengan lebih baik.

8. Street Fighter II Championship Edition

Pada dasarnya, game ini adalah game Street Fighter II yang dibuat dengan judul yang lebih baru dan beberapa perubahan tambahan. Sebagai contoh, empat bos utama dari versi sebelumnya menjadi karakter yang bisa dimainkan oleh pemain.

Permainan dalam game ini bisa dibilang lebih seimbang. Akan tetapi, banyak yang merasa kecewa ketika memilih Guile untuk dimainkan. Kehadiran para bos dari game sebelumnya memang memberikan warna baru dalam game ini, tetapi bos utama dari game ini juga memiliki kekuatan yang hebat, khususnya M. Bison.

Uniknya, game ini merupakan game pertama Street Fighter yang memungkinkan dua pemain untuk menggunakan satu karakter yang sama secara bersamaan.

7. Street Fighter Alpha 2

Game yang yang dirilis tahun 1999 ini merupakan versi terbaru dari game Street Fighter Alpha yang pertama dengan tambahan empat karakter baru yang dapat dimainkan (salah duanya dari Street Fighter II). Selain itu, game ini juga menambahkan arena baru dengan trek musik yang tak kalah fresh.

Dalam game inilah, karakter Sakura dan Rolento memulai debutnya. Selain itu, kontrol dan animasi karakter dalam game ini juga telah di-upgrade lebih baik dari versi Alpha yang pertama.

Mungkin buat kita yang belum pernah memainkan Alpha 2 dan ingin mencobanya, kita bisa mencobanya di edisi Gold. Dalam edisi itu, hampir dari semua aspek dalam game telah ditingkatkan dengan baik.

6. Super Puzzle Fighter II Turbo

Jika game Street Fighter sebelumnya berisi adegan gelud dan baku hantam, game yang satu ini cukup unik dan beda. Dalam game ini, pemain tidak perlu memukul atau menendang lawan. Pemain hanya perlu mencocokkan ubin atau permata agar bisa memenangkan pertandingan dan naik ke stage berikutnya.

Uniknya, bukan cuman karakter Street Fighter saja yang dimunculkan dalam game ini, tetapi ada karakter lain dari game Darkstalkers. Karena itulah, game ini jadi terlihat lebih berwarna.

 Game ini berasal dari kabinet arcade CPS II Capcom. Selain itu, game ini dapat dimainkan pada beberapa platform game, seperti Playstation, Xbox, dan GameBoy Advance. Versi selulernya sempat dirilis pada tahun 2017, tetapi kemudian ditutup pada 2018.

5. Super Street Fighter II Turbo

Game yang satu ini adalah versi akhir dari Street Fighter II. Dalam game ini terdapat seluruh karakter asli, empat bos dari game asli, dan empat tambahan karakter baru yang bisa dimainkan. Karena itulah, total karakter yang bisa dimainkan dalam game ini meningkat hingga berjumlah 16 karakter.

Karakter terbaru dalam game ini adalah Cammy, T. Hawk, Fei Long, dan Dee Jay. Mereka kemudian menjadi karakter penting dalam seri Street Fighter. Yang unik dari game ini adalah pemain memiliki psi untuk menggunakan turbo mode.

Turbo mode memungkinkan pemain untuk mempercepat gameplay dan membuat pertarungan jadi lebih intens. Yang lebih mengesankan adalah versi game ini dapat dijadikan turnamen dengan menggunakan empat arcade cabinets.

4. Street Fighter Alpha 3

Capcom pertama kali merilis game Alpha ketiga ini pada tahun 1998 dan game ini memiliki 28 karakter yang bisa dimainkan dalam permainan arcade. Port utama dari Alpha 3 juga menambahkan empat karakter baru dari Super Street Fighter II sehingga ada pilihan 32 karakter yang bisa dimainkan.

Game yang satu ini bisa dikatakan sebagai game Street Fighter yang paling balanced dari segi kekuatan dan gameplay. Grafis dan animasi 2D dari game ini juga bagus dan keren.

Selain itu, kontrol pemain dalam game ini bisa dikatakan sempurna. Yang lebih menarik adalah ada banyak pilihan gaya bertarung yang disuguhkan oleh para karakter dalam game ini.

3. Street Fighter V: Arcade Edition

Capcom sempat menuai komplain dari para fans tentang perilisan awal Street Fighter V. Pihak Capcom kemudian mengatasi permasalahan itu dengan meluncurkan Arcade Edition pada tahun 2018.

Dalam edisi tersebut terdapat campaign mode yang bisa dimainkan oleh pemain tunggal. Fit tersebut sebelumnya tidak terdapat pada versi sebelumnya. Seluruh karakter yang sebelumnya hanya tersedia via DLC kini bisa dimainkan di Arcade Edition.

Enggak hanya itu, game ini sempat menuai kritikan karena adanya iklan ketika proses loading. Akan tetapi, hal itu tidak terlalu berdampak pada performa game. Terlepas dari hal itu, game yang satu ini termasuk salah satu game pertarungan terbaik yang pernah dibuat.

2. Street Fighter III: 3rd Strike

Game yang satu ini adalah versi terakhir dari Street Fighter III yang dirilis pada tahun 1999. Capcom pada akhirnya beralih dari Street Fighter II da memberikan penggemar sesuatu yang telah dinantikan sejak lama, yaitu karakter baru.

Karakter yang bisa dimainkan jadi lebih bervariasi dan lebih balance dalam hal 3rd Strike. Grafis, animasi, dan control dari game ini sangatlah keren dan luar biasa. Enggak hanya itu, kualitas suara dari 3rd Strike telah meningkat.

Selain itu, suara dari serangan pemain pun juga tak kalah keren dan bisa membuat pemain tambah bersemangat. Jika kalian ingin memainkan Street Fighter III, kalian enggak perlu repot-repot dengan versi yang lain.

1. Ultra Street Fighter IV

Game yang satu ini merupakan versi tingkat lanjut dari Street Fighter IV sekaligus game terbaik dalam Street Fighter Franchise. Enggak hanya itu, game ini mungkin bisa dianggap sebagai salah satu game pertarungan terbaik sepanjang masa.

Versi yang satu ini sangatlah seimbang dari segi gameplay hingga ke tahap optimal. Karena itulah, hampir tidak ada kecurangan ketika bertarung melawan karakter yang dijalankan oleh komputer. Capcom juga menambahkan lima karakter baru dalam game ini, khususnya Decarpe.

Setiap aspek dari game ini, mulai dari grafis hingga control, bisa dikatakan hampir sempurna. Banyak yang mengira bahwa tak ada yang bisa mengalahkan kepopuleran Street Fighter III: 3rd Strike. Akan tetapi, Ultra Street Fighter IV berhasil membuktikan bahwa asumsi tersebut salah.

Previous Post Next Post

Contact Form