5 Kemampuan Utama Kenbunshoku no Haki dalam Cerita One Piece

Kenbunshoku no Haki merupakan salah satu dari jenis Haki yang muncul dalam cerita One Piece. Haki ini juga dikenal sebagai haki observasi/pengamatan yang sangat berguna dalam pertarungan. Selain itu, Haki ini di pulau Skypiea dikenal dengan istilah Mantra.

Sejauh ini, ada beberapa kemampuan yang diperlihatkan oleh pengguna Kenbunshoku no Haki dan akan MogiMogy jelaskan sebagai berikut. Langsung aja yuk kita lihat ulasannya berikut ini!

1. Memprediksi Pergerakan dan Serangan Musuh

Salah satu kegunaan utama dari Kenbunshoku no Haki adalah pengguna mampu memprediksi pergerakan atau serangan musuh. Karena itulah, haki ini sangat berguna saat digunakan dalam medan pertempuran.

Pengguna haki ini bisa menghindari serangan lawan dengan mudah atau menyerang lawan terlebih dahulu sebelum lawan bisa menghindar. Berkat haki ini, pengguna bisa meminimalisir luka yang diperoleh dalam pertarungan.

2. Merasakan Kehadiran dan Kekuatan dari Seseorang

Selain memprediksi pergerakan musuh, Kenbunshoku no Haki juga memungkinkan penggunanya untuk merasakan kehadiran sekaligus kekuatan seseorang. Meskipun lawan bersembunyi di tempat yang tak terlihat, pengguna dapat mendeteksi keberadaannya.

Selain merasakan kehadiran, pengguna haki ini juga mampu mengukur tingkat kekuatan yang dimiliki oleh lawan. Jadi, dia bisa tahu seberapa kuat lawan yang akan dia hadapi. Dengan teknik ini, pengguna bisa menghindari pertempuran melawan musuh yang kuat.

Kemampuan ini sempat ditunjukkan oleh Rayleigh saat melatih Luffy di pulau Rusukaina, Rayleigh sempat merasakan bahwa ada 500 makhluk yang lebih kuat dari Luffy di sana. 

3. Merasakan Emosi dari Orang Lain

Kemampuan Kenbunshoku no Haki yang satu ini sempat ditunjukkan oleh Coby setelah pertempuran di Marineford. Coby mengaku bahwa dia bisa merasakan emosi dan rasa sakit orang-orang yang terlibat dalam pertempuran.

Selain Coby, Ratu Otohime juga sempat menunjukkan tanda-tanda dari kemampuan ini. Otohime bisa merasakan emosi dan penderitaan dari pencuri di pulau Manusia Ikan. Selain itu, dia bisa mendengar teriakan emosi dari hati Fisher Tiger.

4. Melihat Aura Seseorang dari Jarak Jauh

Kemampuan berikutnya dari Kenbunshoku no Haki adalah pengguna dapat melihat aura seseorang dari jarak yang jauh, tak peduli jika orang tersebut berada di sebuah tempat yang tertutup oleh gedung dan bangunan.

Kemampuan ini sempat diperlihatkan oleh Usopp saat dia hendak menembak Sugar yang ingin mengubah Luffy dan Law menjadi boneka. Dalam kondisi yang kritis itu, dia bisa melihat aura Luffy, Law, dan Sugar dengan sangat jelas. Kemampuan ini juga diperlihatkan oleh Issho/Fujitora saat melihat aura para penduduk Dressrosa saat perpisahan dengan Luffy.

5. Memiliki Penglihatan Masa Depan

Apabila pengguna mampu mengasah Kenbunshoku no Haki ke tingkat lebih lanjut, dia akan memiliki penglihatan masa depan secara sekilas. Sejauh ini, kemampuan ini hanya dimiliki oleh Charlotte Katakuri dan Monkey D. Luffy.

Mereka berdua mampu melihat sekilas ke masa depan sehingga mereka sangat diuntungkan dalam pertempuran. Namun, kemampuan ini membutuhkan tingkat fokus yang sangat tinggi. Ketika konsentrasi mereka terpecah, penglihatan masa depan ini tidak akan bekerja secara maksimal.

***

Nah, mungkin itu aja lima kemampuan yang sempat ditunjukkan oleh pengguna Kenbunshoku no Haki yang telah diperlihatkan dalam cerita sejauh ini. Tulisan ini dibuat berdasarkan dari pengamatan penulis dan referensi dari situs wikia One Piece. Sekian, terima kasih.

0 Response to "5 Kemampuan Utama Kenbunshoku no Haki dalam Cerita One Piece"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel