Inilah Keunggulan dan Kelemahan Android TV yang Perlu Kalian Ketahui

android tv & smart tv
sumber gambar: aquajapanid.com

TV merupakan salah satu perangkat wajib yang harus ada di rumah sebagai sumber hiburan bagi masyarakat. Teknologi yang digunakan pada TV pun semakin canggih dan menyajikan berbagai macam fitur, seperti yang terdapat pada Android TV.

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Android TV. Jika kita lihat sekilas, Android TV mempunyai kemiripan dengan Smart TV. Meskipun keduanya bisa disambungkan ke internet, Android TV mempunyai beberapa keunggulan yang lebih menarik dibandingkan Smart TV. 

Untuk lebih jelasnya, cek ulasannya langsung yuk berikut ini!

Apa Itu Android TV?

Android TV pertama kali diluncurkan oleh Google sebagai bentuk inovasi baru dengan fitur yang lebih lengkap dan terintegrasi dengan smartphone.  

Sesuai dengan namanya, Android TV dilengkapi dengan sistem operasi Android dan cara kerjanya hampir mirip seperti smartphone

Selain itu, Android TV mempunyai prosesor dan RAM yang berfungsi untuk mengakses berbagai jenis aplikasi. Karena itulah, Android TV menawarkan berbagai fitur yang membuat penonton jadi lebih nyaman dan terhibur.

Keunggulan-Keunggulan yang Terdapat pada Android TV

Berikut ini, kita akan membahas lebih detail terkait keunggulan-keunggulan Android TV. 

1. Lebih mudah disambungkan dengan smartphone

Keunggulan pertama adalah kita bisa menyambungkan sekaligus mengintegrasikan akun smartphone kita ke Android TV dengan mudah. Hal ini memungkinkan kita untuk menampilkan aktivitas yang kita kerjakan di smartphone di layar Android TV.

2. Menawarkan pilihan aplikasi yang lebih banyak 

Berbeda dengan Smart TV yang mempunyai aplikasi terbatas, Android TV mempunyai opsi aplikasi yang lebih banyak sekaligus beragam, seperti halnya smartphone. Untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan, Android TV bisa mengakses Google Playstore.

Sebagai contoh, kita bisa mengakses berbagai layanan streaming yang lebih luas, mulai dari Netflix, HBO, Viu, Hooq, HBO, dan masih banyak yang lain. Hal itulah yang membuat Android TV jadi lebih menarik.

3. Pembaruan firmware dan aplikasi yang lebih rutin

Salah satu kelemahan dari Smart TV adalah pembaruan firmware sangat jarang hingga membuat sistem bisa jadi usang.  

Tidak seperti Smart TV, proses pembaruan firmware beserta aplikasi yang ada di Android TV berlangsung berkelanjutan sehingga kita tidak akan ketinggalan update terbaru. 

4. Mempunyai fitur Google Assistant

Saat ini, Android TV mempunyai remote dilengkapi dengan microphone yang bisa diakses bersama fitur Google Assistant. Dengan cara tersebut, kita bisa menggunakan perintah suara saat ingin membuka aplikasi, mengganti channel, atau mencari film tertentu yang ingin kita tonton.

5. Harga juga lebih bersahabat

Dengan fitur yang lebih lengkap dan menarik, Android TV mempunyai harga yang terbilang bersahabat dan terjangkau oleh masyarakat. Karena itulah, banyak masyarakat yang saat ini tertarik untuk menggunakan Android TV.

6. Berselancar di internet jadi lebih mudah

Selain memberikan berbagai opsi tayangan menarik, kehadiran Android TV yang jelas mempermudah kita untuk melakukan aktivitas di dunia maya, seperti browsing dan sejenisnya. 

Tak hanya itu, kita bisa menjalankan beberapa progam dalam satu waktu karena Android TV telah dilengkapi dengan prosesor beserta RAM yang mendukung hal tersebut.

Kelemahan-Kelemahan dari Android TV

Terlepas dari keunggulan-keunggulan Android TV yang dijelaskan sebelumnya, Android TV juga mempunyai kelemahan. 

Kelemahan pertama adalah antarmuka Android TV bisa dibilang lebih rumit dibandingkan Smart TV, khususnya bagi orang-orang yang kurang terbiasa dengan sistem Android. Selain itu, produsen Android TV juga terbatas.

***

Barangkali, itu saja ulasan terkait Android TV beserta keunggulan dan kelemahannya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat kalian hendak membeli TV.

Previous Post Next Post

Contact Form