Jenis-Jenis Buah Iblis yang Muncul dalam Cerita One Piece


Buah iblis merupakan buah misterius yang memberikan kekuatan spesial bagi pemakannya. Sebagai contoh, pengguna buah iblis mampu mengontrol atau memanipulasi substansi tertentu, seperti racun atau api.

Secara umum, buah iblis dikategorikan ke dalam tiga tipe, yaitu Paramecia, Zoan, dan Logia. Akan tetapi, ada beberapa sub kategori yang mempunyai karakteristik tertentu. Untuk lebih jelasnya, cek pembahasan tentang jenis-jenis buah iblis melalui artikel ini!

1. Paramecia

Tipe yang pertama dan paling sering muncul adalah Paramecia. Buah iblis ini membuat pengguna mampu mengakses kekuatan super, seperti mengubah bentuk tubuh, memproduksi zat atau substansi tertentu, dan kemampuan tertentu yang sangat unik.

Sebagai contoh, kita bisa melihat buah iblis Bara Bara no Mi milik Buggy yang memungkinkan dia untuk memisahkan bagian tubuhnya menjadi beberapa bagian. Contoh lain adalah Jiki Jiki no Mi milik Kid yang memungkinkan dia untuk mengontrol magnet.  

2. Zoan

Berbeda dengan Paramecia, buah iblis Zoan lebih mudah untuk diidentifikasi. Tipe Zoan memungkinkan pengguna untuk berubah menjadi hewan tertentu. Salah satu keunggulan dari buah iblis Zoan adalah meningkatnya kekuatan fisik pengguna.

Pengguna Zoan juga mempunyai tiga bentuk perubahan, yaitu Human Form, Beast Form, dan Human-Beast/Hybrid Form. Selain itu, buah iblis Zoan mempunyai beberapa sub kategori, seperti Ancient Zoan, Mythical Zoan, dan Artificial Zoan.

3. Logia

Logia dianggap sebagai jenis buah iblis yang paling kuat dan langka dibandingkan Zoan dan Paramecia. Buah iblis Logia memungkinkan pengguna untuk mengontrol sekaligus menyatu dengan elemen alam, seperti api, asap, es, cahaya, magma.

Pengguna Logia hanya bisa dilukai dengan serangan berbasis Haki atau senjata yang terbuat dari batu laut. Salah satu contoh pengguna Logia yang terkuat adalah Akainu yang memakan Magu Magu no Mi yang mengubahnya menjadi manusia magma. 

Baca juga: Inilah Level atau Tingkatan Penjara Impel Down dalam Cerita One Piece

4. Special Paramecia

Special Paramecia merupakan sebuah kasus yang sangat unik dan langka. Meskipun penjelasan dan batasan tentang buah iblis ini cukup minim, buah iblis ini mempunyai karakteristik yang mirip seperti Logia. 

Sejauh ini, hanya ada satu buah iblis yang termasuk kategori ini, yaitu Mochi Mochi no Mi milik Katakuri. Buah iblis itu memungkinkan Katakuri untuk mengontrol sekaligus memanipulasi mochi yang sangat lengket. 

5. Ancient Zoan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Ancient Zoan merupakan sub kategori dari buah iblis Zoan. Tipe ini memungkinkan pengguna untuk berubah menjadi hewan purba, seperti dinosaurus, ptenarodon, dan gajah mammoth.

Pengguna buah iblis ini rata-rata memiliki pertahanan yang sangat kuat dan sulit dikalahkan. Contohnya adalah Queen yang memakan Ryu Ryu no Mi, Model: Brachiosaurus. Dia mempunyai tubuh dinosaurus yang sangat keras. 

6. Mythical Zoan

Berbeda dengan Ancient Zoan, Mythical Zoan memungkinkan pengguna untuk berubah menjadi hewan atau makhluk mitologi. Tidak hanya itu, pengguna Mythical Zoan juga bisa mengakses kemampuan spesial dari makhluk mitologi tersebut.

Sebagai contoh, kita bisa melihat kekuatan Marco yang memakan Tori Tori no Mi, Model: Phoenix. Selain berubah menjadi burung phoenix, dia mampu mengontrol api biru yang bersifat penyembuhan. Dia bisa meregenerasi luka-lukanya selama bertarung. 

7. Artificial Zoan

Sesuai namanya, Artificial Zoan merupakan buah iblis yang tercipta dari hasil modifikasi manusia. Ada dua ilmuwan jenius yang mampu menciptakan buah iblis buatan ini, yaitu Dr. Vegapunk dan Caesar Clown.

Karena buah iblis ini adalah buatan, bentuk transformasi buah iblis ini tidaklah sempurna. Sebagai contoh, kita bisa melihat para bawahan Kaido yang memakan SMILE. Meskipun wujud mereka tak beraturan, mereka masih mendapatkan kekuatan yang patut diperhitungkan.

Baca juga: Inilah Pandangan Keadilan Para Admiral Angkatan Laut dalam Cerita One Piece

Previous Post Next Post

Contact Form