12 Karakter yang Mengetahui Identitas Asli Conan Edogawa


Buat kalian penggemar cerita anime, kalian pasti tidak asing lagi dengan detektif jenius bernama Conan Edogawa. Nama aslinya adalah Shinichi Kudo. Dia sempat terlibat masalah dengan sebuah sindikat kriminal bernama Organisasi Hitam.

Shinichi kemudian diincar oleh mereka hingga dia dipaksa meminum obat beracun bernama APTX-4869. Setelah meminum obat tersebut, tubuhnya mengalami penyusutan dan berubah menjadi anak kecil. 

Pasca insiden tersebut, Shinichi berusaha menyelidiki organisasi tersebut untuk mengembalikan tubuhnya seperti semula sekaligus mengungkap rahasia organisasi tersebut. Dia pun menggunakan identitas baru sebagai Conan Edogawa untuk menyamarkan aksinya.

Di sepanjang cerita, hanya ada segelintir orang yang tahu tentang identitas asli Conan. Siapa sajakah mereka? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini! 

1. Agasa Hiroshi

Profesor Agasa merupakan orang pertama yang mengetahui bahwa Conan adalah Shinichi. Saat mengetahui fakta tersebut, dia sempat tidak percaya. Namun, Shinichi mampu menyakinkan Profesor Agasa melalui kemampuan deduksinya yang baik.

Profesor Agasa pun memberikan saran kepada Shinichi untuk menyembunyikan identitas aslinya dan menggunakan nama baru, yaitu Conan Edogawa. Dia pun seringkali membantu Conan dengan menciptakan alat-alat canggih yang berguna untuk penyelidikan.

2. Ai Haibara/Shiho Miyano

Shiho Miyano pada awalnya adalah anggota dari Organisasi Hitam yang dikenal dengan kode nama Sherry. Karena suatu insiden, dia memutuskan untuk kabur dari organisasi dengan cara meminum racun APTX-4869.

Efek dari racun tersebut membuat tubuhnya mengecil seperti Conan. Untungnya, dia ditolong oleh Profesor Agasa hingga dia kemudian tinggal bersamanya. Dia pun menggunakan identitas baru sebagai Ai Haibara.

Ai pertama kali mengetahui bahwa Conan adalah Shinichi ketika dia mendapatkan kabar bahwa pakaian masa kecil Shinichi hilang dari rumahnya. Hal itupun juga didukung oleh fakta bahwa APTX-4869 mampu membuat usia seekor tikus menjadi lebih muda dalam eksperimen.

3. Yusako Kudo

Shinichi mempunyai seorang ayah jenius bernama Yusako Kudo. Ayahnya dikenal sebagai penulis novel misteri yang populer. Dia pun mempunyai kemampuan deduksi yang hebat dan seringkali menguji Shinichi.

Yusako beserta istrinya mengetahui fakta bahwa Conan adalah Shinichi setelah mereka mendengarkan penjalasan dari Profesor Agata. Mereka memang sulit mempercayainya pada awalnya. Namun, mereka pun berusaha sebaik mungkin untuk melindungi putranya.

4. Yukiko Kudo

Yukiko Kudo adalah ibu Conan yang dulu pernah menjadi seorang artis terkenal. Dia sangat pintar dalam berakting. Akan tetapi, dia memutuskan untuk berhenti berkarier setelah dia menikah dengan Yusaku. 

Sebagai seorang ibu, Yukiko pun sangat khawatir dengan keadaan putranya yang menyusut menjadi seperti anak kecil. Dia pun turut memperingatkan putranya tentang bahaya organisasi kriminal yang sedang diselidikinya.

Baca juga: 10 Karakter Anime yang Terinspirasi dari Legenda Jack The Ripper

5. Heiji Hattori

Heiji Hattori merupakan seorang detektif muda yang jenius dan menganggap Shinichi sebagai saingan beratnya. Dia pun selalu berusaha untuk membuktikan bahwa dirinya lebih hebat dibandingkan Shinichi.

Heiji pertama kali menyadari bahwa Conan adalah Shinichi ketika mereka berdua terlibat penyelidikan pada kasus pembunuhan penulis novel misteri. Dia memang sempat kekurangan bukti, tetapi dia mampu memaksa Conan hingga dia mengakui fakta yang sesungguhnya. 

6. Vermouth

Vermouth adalah salah satu petinggi di Organisasi Hitam yang sangat populer di kalangan penggemar. Dia mampu menyadari bahwa Conan mempunyai banyak kemiripan dengan Shinichi sewaktu masih kecil.

Vermouth pun menyimpulkan bahwa Conan adalah Shinichi. Namun, dia tidak mengungkapkan informasi tersebut kepada organisasi karena dia punya hutang budi kepada Ran dan Shinichi di masa lalu. Selain itu, dia tidak ingin membuka rahasia keterlibatannya dalam sebuah proyek misterius.

7. Akemi Miyano

Akemi Miyano merupakan kakak dari Ai sekaligus anggota dari Organisasi Hitam dengan pangkat yang rendah. Selain itu, dia menjalin hubungan yang sangat dekat dengan Shuichi Akai. Dia pun termasuk orang yang mengetahui identitas asli Conan.

Akami sempat diberikan misi untuk mengumpulkan uang 1 milyar agar dia dan adiknya bisa keluar dari organisasi. Namun, dia kemudian dikhianati dan ditembak oleh Gin. Sebelum Akemi tewas, Conan sempat mengungkapkan identitasnya kepada Akemi. 

8. Eisuke Hondou

Eisuke Hondou merupakan seorang murid baru di kelas Ran. Lambat laun, terungkap fakta bahwa dia adalah adik dari Hidemi Hondou alias Rena Mizunashi, agen CIA yang menyusup ke Organisasi Hitam. Ketika kakaknya menghilang secara misterius, dia pun memulai investigasi terhadap kasus itu.

Dalam penyelidikannya, Eisuke malah menemukan fakta yang menarik. Dia berhasil menyadari bahwa Conan adalah Shinichi. Dia pun sempat menjebak sekaligus memaksa Conan agar dia mengakui fakte tersebut.

Baca juga: 15 Anggota Organisasi Hitam dengan Pangkat yang Tinggi

9. Masumi Sera

Masumi Sera merupakan teman masa kecil Shinichi. Dia terakhir kali bertemu Shinichi sepuluh tahun yang lalu. Meskipun begitu, dia masih mengingat betul wajah beserta penampilan dari Shinichi sehingga dia bisa menyadari bahwa Conan adalah Shinichi.

Keyakinan itu pun diperkuat saat dia melihat kasus kematian pemain tenis Minerva Glass di TV yang menampilkan adegan ketika Conan mengklaim bahwa dirinya adalah murid dari Holmes. Ucapan itu sama dengan perkataan Shinichi sepuluh tahun yang lalu.

10. Subaru Okiya/Shuichi Akai

Shuichi Akai merupakan seorang agen CIA yang dikabarkan telah mati. Dia sengaja memalsukan kematiannya dan menggunakan identitas baru sebagai Subaru Okiya. Setelah rumahnya terbakar, dia kemudian tinggal bersama dengan keluarga Shinichi.

Saat pertama kali bertemu dengan Conan, dia sudah curiga bahwa Conan adalah Shinichi. Namun, dia tidak mempunyai bukti yang kuat. Dia baru bisa memvalidasi fakta tersebut setelah dia memergoki Conan yang berpura-pura sebagai Shinichi melalui telepon.

11. Mary Sera

Meskipun terlihat masih muda, Mary Sera pada aslinya sudah memasuki usia paruh baya. Dia merupakan ibu dari Masumi yang bekerja sebagai anggota British Secret Intelligence Service. Sama seperti putrinya, dia pertama kali bertemu Conan sepuluh tahun yang lalu.

Walaupun sudah lama, Mary masih ingat betul dengan raut wajah Shinichi. Ketika dia beserta putrinya menonton kasus kematian Minerva Glass, Mary langsung bisa menebak bahwa identitas asli Conan adalah Shinichi. 

12. Kaitou Kid/Kaito Kuroba

Sebagai penutup, ada musuh bebuyutan Conan sekaligus pencuri handal yang bernama Kaitou Kid. Dia sangat suka berbuat kerusuhan dan merepotkan pihak kepolisian. Selain itu, dia sangat cerdik dan sulit untuk ditangkap.

Kid pun seringkali terlibat konfrontasi dengan Conan. Dalam situasi tertentu, dia bahkan suka memberikan bantuan kepada Conan. Meskipun belum dijelaskan secara lebih detail, Kid kelihatannya telah mengetahui identitas asli Conan. 

***

Nah, mungkin itu saja penjelasan tentang daftar karakter yang telah mengetahui identitas asli Conan bahwa dia adalah Shinichi. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share artikel ini apabila menurut kalian menarik!

Baca juga: 10 Detektif yang Paling Jenius dalam Dunia Anime

Previous Post Next Post

Contact Form