Apa Perbedaan Log Pose dan Eternal Pose? Berikut Penjelasannya!


Dalam mengarungi lautan Grand Line, seorang pelaut membutuhkan kemampuan navigasi yang handal. Mereka juga membutuhkan sebuah kompas khusus bernama Log Pose yang menuntun mereka dari satu pulau ke pulau berikutnya.

Selain Log Pose, ada satu lagi kompas bernama Eternal Pose yang mirip tapi punya cara kerja yang berbeda. Mungkin dari kalian ada yang masih bingung tentang perbedaan antara Log Pose dan Eternal Pose.

Cek pembahasan berikut ini agar kalian tahu perbedaannya!

Log Pose

Pertama-tama, kita akan membahas Log Pose secara lebih detail. Alat tersebut berbentuk sebuah bola kaca dengan jarum penunjuk di tengahnya. Biasanya, alat tersebut dipasang di pergelangan tangan seorang navigator.

Log Pose mempunyai kemampuan khusus untuk merekam medan magnet dari pulau yang disinggahi dan pulau terdekat yang hendak dituju. Hal tersebut berlaku dari satu pulau menuju ke pulau seterusnya hingga ke pulau terakhir di ujung Grand Line.

Batas waktu perekaman Log Pose juga berbeda-beda tergantung dari pulau yang disinggahi. Ada yang membutuhkan waktu sekitar beberapa jam hingga mencapai tahunan. Selain itu, arah yang ditunjuk Log Pose juga bersifat pasti dan tidak bisa diragukan.

Menariknya, Log Pose yang digunakan di Dunia Baru mempunyai sedikit perbedaan. Log Pose di Dunia Baru mempunyai tiga jarum penunjuk yang mengacu pada tiga titik atau pulau yang berbeda. Alat tersebut memudahkan seorang navigator untuk menentukan jalur yang aman.

Semakin stabil pergerakan jarum tersebut, pulau yang hendak dituju berarti sangat aman. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Apabila pergerakan jarum tersebut tidak teratur, pulau yang dituju berarti sangat berbahaya.

Eternal Pose

Berbeda dengan Log Pose, Eternal Pose merupakan sebuah alat navigasi yang mengacu pada satu pulau tertentu. Model atau bentuk alat tersebut mirip seperti jam pasir. Selain itu, alat tersebut dilengkapi dengan tulisan atau nama pulau yang dituju, seperti Alabasta atau Elbaf.

Tidak peduli seberapa jauhnya, Eternal Pose selalu menunjuk pada arah yang sama. Alat tersebut memudahkan seorang pelaut untuk pergi ke sebuah tempat kapanpun yang dia inginkan tanpa takut tersesat di lautan.

***

Jadi, Log Pose berfungsi sebagai penunjuk arah ke pulau berikutnya dan Eternal Pose mengacu pada satu pulau tertentu. Mungkin itu saja penjelasan yang bisa penulis sampaikan pada tulisan kali ini. Jangan lupa share ya jika artikel ini bermanfaat!

Baca juga: 10 Navigator yang Paling Hebat dalam Cerita One Piece

Previous Post Next Post

Contact Form