14 Pengguna Buah Iblis dengan Kemampuan yang Mirip


Dalam dunia One Piece terdapat banyak sekali pengguna buah iblis dengan beragam kemampuan. Mereka yang memakan buah iblis akan mendapatkan kekuatan yang luar biasa tapi dengan konsekuensi bahwa mereka tidak akan pernah bisa berenang.

Uniknya, beberapa di antara mereka memiliki kemampuan yang hampir mirip dari segi konsep kekuatan. Hal ini ditunjukkan oleh Oda seiring berjalannya waktu. Nah, buat kalian para penggemar One Piece mungkin sudah tahu beberapa pengguna buah iblis yang memiliki kemiripan. Langsung saja, kita bahas bareng-bareng di bawah ini.

1. Mr. 5 & Gladius


Mr. 5 merupakan salah satu agen Baroque Works. Dengan kemampuan Bomu Bomu no Mi miliknya, ia mampu meledakkan musuhnya dengan serangan layaknya sebuah bom. Kekuatan yang dimilikinya itu mirip dengan salah satu anggota keluarga Donquixote, Gladius. Ia telah memakan buah Pamu Pamu no Mi yang memungkinkannya untuk meledakkan segala benda.


Kemiripan dari dua buah setan ini adalah sama-sama memakai konsep ledakan. Perbedaannya adalah pada cara kerja buah setan tersebut. 


Mr. 5 bisa langsung membuat ledakan hanya dengan menendang musuhnya, namun Gladius harus terlebih dulu memberikan tekanan udara pada benda atau musuhnya sampai pada batas maksimal hingga meledak. Bisa dikatakan bahwa skala ledakan milik Gladius lebih besar jika dibandingkan dengan milik Mr. 5.

2. Mrs. Valentine & Machvise


Mrs. Valentine adalah pasangan agen Mr. 5 dalam menjalankan misi yang diberikan oleh Baroque Works. Ia memakan buah setan Kilo Kilo no Mi yang memungkinkan dia untuk memanipulasi berat tubuhnya dalam satuan kilo. 


Sedangkan, Machvise adalah salah satu anggota keluarga Donquixote yang memakan buah Ton Ton no Mi. Sama dengan Mrs. Valentine, ia juga mampu memanipulasi berat tubuhnya namun dalam skala yang lebih besar yaitu ton. Dapat dikatakan bahwa Machvise jauh lebih kuat dibandingkan Mrs. Valentine.

3. Smoker & Caesar Clown


Selanjutnya, pengguna buah iblis yang memiliki kemiripan adalah Smoker & Caesar Clown. Smoker merupakan salah satu wakil admiral angkatan laut yang sangat tertarik untuk menangkap Monkey D. Luffy. Ia memakan buah setan tipe logia, Moku Moku no Mi, yang membuatnya mampu merubah tubuhnya menjadi asap. Dalam bertarung, ia juga memakai sebuah tongkat yang dilengkapi kairoseki untuk melemahkan musuhnya yang menggunakan buah iblis.


Sedangkan Caesar Clown adalah seorang ilmuwan gila sekaligus bekas rekan Vegapunk dalam penelitian. Ia sangat tertarik dengan eksperiman gila dan berobsesi untuk melampaui kecerdasan Vegapunk. Kekuatan Caesar pun terbilang sangat mengerikan. Ia juga memakan buah setan tipe logia, Gasu Gasu no Mi, yang membuatnya mampu berubah menjadi manusia gas. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk memanipulasi segala macam gas yang ada di sekitarnya seperti O2, N, dsb.


Dari sini kita dapat melihat kesamaan kemampuan dari mereka berdua yaitu sama-sama berubah menjadi zat gas. Hanya saja kekuatan Smoker terbatas pada kepulan asap, sedangkan kemampuan Caesar lebih beranekaragam. Faktanya, Smoker pernah dikalahkan oleh Caesar dalam pertarungannya di Punk Hazard.

4. Buggy & Captain Very Good



Buggy adalah salah satu bajak laut legenda yang pernah berada dalam kapal milik Roger. Ia juga merupakan teman seperjuangan Shanks ketika masih rookie. Buggy memakan buah setan Bara Bara no Mi yang membuatnya mampu memisahkan anggota tubuhnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Meskipun ia memiliki mental yang pengecut, tetapi ia memiliki keberuntungan tingkat tinggi. Hal ini dibuktikan oleh statusnya sebagai Sichibukai dan memiliki bawahan para bajak laut ganas.


Di satu sisi, Captain Very Good juga memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan milik Buggy. Ia memiliki kemampuan buah setan Beri Beri no Mi yang membuatnya mampu memanipulasi tubuhnya menjadi bola-bola kecil seperti buah beri. Kemampuannya tidak di blow up oleh Oda karena dia hanya menunjukkan kemampuannya pada arc Enies Lobby saja.


Kemampuan mereka berdua ini memiliki kemiripan dalam segi membelah diri. Dari segi kekuatan kemungkinan mereka bisa dibilang imbang.

5. Daz Bones & Baby 5



Daz Bones adalah seorang pembunuh bayaran dari West Blue. Ia direkrut oleh Crocodile untuk menjadi agen Baroque Works dengan kode nama Mr.1. Ia telah memakan buah setan Supa Supa no Mi yang membuatnya mampu merubah tubuhnya menjadi senjata tajam (pisau atau pedang). Kemampuannya mampu membuat Zoro kewalahan dan sampai berdarah-darah ketika bertarung melawannya.


Sedangkan, Baby 5 merupakan salah satu anggota keluarga Donquixote dengan kemampuan buah setan Buki Buki no Mi yang membuat tubuhnya mampu berubah menjadi segala macam senjata. Baby 5 bisa berubah menjadi pedang, revolver atau sabit tergantung keinginannya. Salah satu efek seberapa kuat senjatanya adalah ia berhasil menembus metal spesial pada tangan robot buatan Franky.


Kesamaan buah setan mereka terletak pada konsep memanipulasi tubuh menjadi senjata. Kekuatan Daz Bones hanya dibatasi pada senjata tajam, sedangkan Baby 5 lebih luas karena ia mampu berubah menjadi senjata tajam atau senjata api. Dari segi kekuatan, menurut saya Daz Bones lebih kuat dibandingkan Baby 5.

Baca juga: 8 Momen Haohshoku no Haki Terbaik di One Piece

6. Captain Sharinguru & Bufallo


Sharinguru merupakan salah satu kapten angkatan laut yang membantu penyerangan Buster Call di Enies Lobby. Ia memiliki kemampuan buah setan Shari Shari no Mi yang membuatnya mampu merubah tubuhnya menjadi sebuah roda yang berputar dengan kecepatan tinggi untuk menyerang musuhnya. Dalam anime kekuatannya tidak begitu diperlihatkan, tetapi dalam manga Oda menggambar adegan Sharinguru menyerang Franky dalam mode buah iblisnya.



Di satu sisi, Buffalo juga memiliki kekuatan yang hampir mirip dengan Sharinguru. Ia merupakan salah satu anggota keluarga Donquixote dengan kekuatan buah iblis Guru Guru no MI yang membuatnya mampu merubah tubuhnya menjadi baling-baling sehingga ia bisa terbang. Ia dikalahkan oleh Usopp dengan saat berada di Punk Hazard.


Kemiripan dari dua buah iblis ini adalah pada konsep putaran. Mungkin ketika mereka bertarung nanti kekuatan mereka hampir seimbang.

7. Funkfreed & Jack


Funkfreed bukanlah manusia, melainkan sebuah nama pedang milik Spandam. Akan tetapi, pedang itu memiliki kemampuan spesial karena telah ditanami buah iblis Zou Zou no Mi berkat eksperimen dokter Vegapunk. Pedang ini mampu berubah menjadi gajah dan patuh terhadap perintah Spandam.


Kekuatan ini juga mirip dengan kekuatan salah satu komandan Yonkou Kaidou, yaitu Jack the Drought. Nama buah iblisnya tidak dijelaskan secara gamblang, akan tetapi ia kemungkinan juga memakan buah Zou Zou no Mi tipe purba yang membuatnya mampu berubah menjadi Mammoth atau gajah purba. Tanpa menggunakan buah iblis, kemampuan Jack pun sudah sangat mengerikan dengan dua bilah sabit andalannya.

8. Kuzan & Monet


Pengguna buah iblis yang hampir mirip selanjutnya adalah Kuzan & Monet. Kekuatan buah iblis mereka sama-sama berkaitan dengan es atau dingin. Kuzan adalah seorang mantan admiral angkatan laut yang memiliki kemampuan buah iblis tipe logia Hie Hie no Mi yang membuatnya mampu berubah menjadi es. Ia merupakan salah satu aset terbaik angkatan laut, akan tetapi ia memilih mundur dari angkatan laut setelah bertarung dengan Sakazuki.



Sedangkan, Monet merupakan salah satu bagian dari anggota keluarga Donquixote dengan kekuatan buah iblis Yuki Yuki no Mi. Dengan buah iblis itu, Monet mampu berubah dan memanipulasi salju. Buah setannya sangat mirip dengan Kuzan. Namun apabila mereka harus bertarung, kekuatan buah iblis milik Kuzan akan lebih mendominasi jika dibandingkan dengan milik Monet.

9. Brook & Big Mom


Brook adalah seorang musisi di kru SHP. Dalam bertarung, ia biasanya menggunakan sebuah pedang yang sangat tajam serta terkadang memakai alat musik untuk menghipnotis lawannya. Ia telah memakan buah setan Yomi Yomi no Mi yang membuatnya mampu kembali dari kematian. Pada awalnya ia mengira bahwa kemampuan buah setan itu hanya untuk menghidupkannya kembali, akan tetapi Brook sadar bahwa buah setan itu memiliki kekuatan yang lebih hebat. Ia mampu mengendalikan rohnya dan membuat orang-orang masuk ke dunia arwahnya.


Kekuatan Brook hampir mirip dengan milik Big Mom karena berhubungan dengan jiwa roh. Big Mom telah memakan buah setan Soru Soru no Mi yang membuatnya mampu memanipulasi jiwa orang-orang. Big Mom pun memiliki kekuatan untuk mengintimidasi orang-orang, apabila mereka takut maka jiwa mereka akan diambil oleh Big Mom.


Perbedaan kekuatan mereka mungkin terletak pada sistem kerjanya. Jika kekuatan Brook hanya terfokus pada jiwanya saja, Big Mom mampu lebih dari sekadar itu. Terbukti, ketika bertarung Big Mom masih jauh lebih kuat dibandingkan Brook.

10. Perona & Daifuku



Pengguna buah iblis yang mirip selanjutnya adalah Perona & salah satu anak Big Mom, Daifuku. Perona merupakan seorang gadis yang tergabung dalam bajak laut Moria. Ia memiliki kekuatan buah setan Horo Horo no Mi yang membuatnya mampu membuat hantu dan memanipulasi dirinya menjadi hantu gentayangan. Kekuatan Perona terbilang cukup menakutkan karena hantu miliknya dapat menghilangkan rasa percaya diri korbannya.


Sedangkan, Daifuku memiliki kekuatan buah iblis Hoya Hoya no Mi. Dengan buah setan ini, ia mampu memanggil jin untuk keluar dari tubuhnya. Jin yang dipanggil oleh Daifuku ini memiliki kekuatan yang cukup hebat karena mampu membuat Sanji kewalahan.


Kemiripan dari buah setan mereka adalah sama-sama berhubungan dengan makhluk ghaib. Apabila bertarung, mungkin hantu-hantu Perona akan kalah dengan jin milik Daifuku.

11. Chaka & Jyabura


Chaka adalah seorang penjaga Arabasta dan pemimpin pasukan kerajaan. Ia memakan buah setan Inu Inu no Mi model jakal yang membuatnya mampu berubah menjadi manusia jakal. Pada saat bertarung di istana, ia pernah dikalahkan telak oleh Crocodile karena pada dasarnya kekuatan Crocodile lebih hebat dari miliknya.


Di satu sisi, Jyabura adalah salah satu agen CP9 yang lumayan kuat. Ia memakan buah setan Inu Inu no Mi model serigala. Dia juga merupakan satu-satunya anggota CP9 yang mampu bergerak ketika menggunakan tekkai. Sayangnya, ia dikalahkan oleh Sanji dengan jurus diable janbe andalannya.


Kemiripan dari buah setan mereka adalah Chaka & Jyabura sama-sama memakan buah iblis tipe Zoan, Inu Inu no Mi hanya berbeda model saja. Jika dilihat, jakal dan serigala masih memiliki hubungan kekeluargaan.

12. Trebol & Charlotte Opera


Pengguna buah iblis yang mirip selanjutnya adalah Trebol dan Opera. Mereka sama-sama memiliki kemampuan buah iblis yang berbentuk lendir, lengket dan bisa terbakar atau menyengat.


Trebol merupakan salah satu anggota keluarga Donquixote dengan kekuatan buah iblis Beta Beta no Mi. Dengan buah iblis itu, Trebol mampu memproduksi cairan yang sangat lengket dan mudah terbakar. Selain itu, Trebol juga memiliki kemampuan menembak yang lumayan tinggi. Terbukti dia mampu menembak lalat dengan cairan lengketnya.


Kekuatan Opera pun juga hampir mirip dengan milik Trebol, ia mampu memanipulasi sejumlah besar krim. Krim itu mampu memberikan rasa panas di kulit orang yang terkena. Sejauh ini, belum dikonfirmasi nama buah iblis milik Opera. Sayangya, Opera dibunuh oleh Big Mom ketika mengamuk karena kue pernikahan.

13. Luffy & Charlotte Katakuri


Seperti yang kita tahu, kapten tercinta kita ini adalah seorang manusia karet karena telah memakan buah Gomu Gomu no Mi. Ia mampu memelarkan tubuhnya dan menciptakan serangan-serangan unik serta meningkatkan kemampuannya dalam berbagai mode mulai dari gear2nd hingga gear4th.


Namun, di Whole Cake Island ia bertemu dengan karakter hebat yang memiliki buah setan dengan kemampuan yang hampir mirip dengannya. Karakter itu ialah Charlotte Katakuri. Katakuri telah memakan buah setan tipe paramecia spesial, Mochi Mochi no Mi yang membuatnya mampu memanipulasi tubuhnya seperti sifat Mochi yang bisa melar. Uniknya, Katakuri mampu meniru jurus-jurus Luffy terutama jurus Luffy dalam mode gear3rd. Serangan Katakuri jauh lebih unggul dibandingkan milik Luffy.



Kemiripan buah iblis mereka terletak pada kemampuan mereka untuk bisa melar tersebut. Dan hasil akhir dari pertarungan mereka adalah Luffy keluar sebagai pemenang setelah bersusah payah.

14. Portgas D. Ace , Sakazuki, & Charlotte Oven


Sebagai penutup, pengguna buah iblis yang memiliki kekuatan yang mirip adalah mereka yang saya sebutkan di atas. Kekuatan mereka memiliki konsep dasar panas sebagai acuan. Hanya saja masing-masing memiliki karakteristik sendiri.


Ace merupakan saudara Luffy yang telah memakan buah setan tipe logia, Mera Mera no Mi sehingga membuatnya mampu memproduksi dan merubah dirinya menjadi api. Salah satu jurus andalnya adalah Hiken no Ace – ia memukulkan api dalam jurus besar yang dapat menghanguskan beberapa kapal sekaligus, dan juga Dai Entei – digunakan ketika melawan Kurohige, Ace membentuk api yang besar seolah-olah matahari. Sayangnya, Ace harus gugur di Marineford ketika menyelamatkan adiknya.


Sedangkan, kekuatan Sakazuki terbilang lebih dahsyat dibandingkan Ace. Ia memiliki kemampuan buah setan tipe logia, Magu Magu no Mi yang membuatnya berubah menjadi manusia magma. Salah satu kemampuannya adalah ia meninjukan magma ke udara kemudian magma-magma itu jatuh seperti meteor dan menghancurkan segala benda di sekitarnya. Sakazuki memiliki prinsip keadilan absolut dan dia juga orang yang telah membunuh Ace.



Selain mereka berdua, adalagi Charlotte Oven yang memiliki konsep kekuatan serupa tapi tidak sama. Oven memiliki kekuatan buah iblis tipe paramecia, Netsu Netsu no Mi yang membuatnya mampu memanipulasi panas. Ia mampu memanipulasi panas sampai membuat benda yang disentuhnya meleleh. Bisa dikatakan panas yang dihasilkan oleh Oven lebih tinggi dari api milik Ace, tetapi hampir mendekati panas magma milik Akainu.

***

Mungkin itu saja beberapa pengguna buah iblis dengan kekuatan yang hampir mirip. Apabila ada kurang lebihnya saya ingin meminta maaf. Semoga artikel ini menarik dan memberikan secercah inspirasi untuk kalian sobat.

Baca juga: 6 Film Terbaik One Piece

1 comments:

Perbedaannya kekuatannya oven sama balon bugil


EmoticonEmoticon