Kiat-Kiat Menjadi Jomblo Berkualitas


source: homefinder.com

Menjadi jomblo itu merupakan sebuah keadaan yang penuh lika-liku terutama dalam kehidupan berasmara. Ada beberapa hal positif dan negatif yang seseorang terima ketika mereka tengah menyandang status jomblo.

Namun ada suatu fase atau momentum ketika menjadi jomblo itu dianggap sebelah mata oleh orang lain. Kadang, sesekali muncul juga di benak betapa menyedihkannya menjadi seorang jomblo yang kadang suka galau kalau menatap mendung atau gerimis rintik-rintik yang jatuh.

Untuk menyikapi hal-hal tersebut, adakalanya kalian harus bergerak dan merubah diri kalian. Kalian perlu merubah persepsi mengenai kehidupan perjombloan kalian. Oleh karena itu, saya ingin membagikan beberapa kiat-kiat yang dapat kalian praktekkan untuk menjadi jomblo yang lebih berkualitas.

Dengan kiat-kiat ini, paling tidak kalian akan lebih percaya diri dan mampu menikmati masa-masa jomblo kalian. Mari kita simak satu persatu sobat.

1. Niat, Tekad dan Motivasi
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menjadi jomblo berkualitas adalah tetapkan niat dan tekad. Tetapkan niat dan tekad yang kuat pada diri kalian untuk berubah ke arah yang lebih baik. Jadikan niat dan tekad itu sebagai pondasi dalam hidup kalian sebagai penguat status jomblo kalian.

Jangan mudah goyah hanya karena godaan-godaan kecil seperti kenangan tentang mantan dsb. Tetapkanlah motivasi dalam diri kalian untuk menjadi jomblo berkualitas. Kalian adalah pribadi yang baik dan sedang berusaha menggapai sukses. Dengan niat, tekad dan motivasi yang solid, perjalanan kalian menjalani kehidupan perjombloan akan lebih mudah.

2. Mengurangi Galau
Hal ini sangat penting untuk dilakukan jika kalian ingin menjadi jomblo yang berkualitas. Kebanyakan galau itu sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama kesehatan hati. Galau itu sesekali diperbolehkan ketika kalian sedang sepi atau pas malam minggu melanda. Akan tetapi, jangan terlalu terlarut-larut dengan kegalauan karena hal itu tidak memiliki manfaat untuk kalian.

Salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi galau adalah dengan menyibukkan diri. Kalian bisa menyibukkan diri dengan hal apapun seperti membaca buku, belajar atau mungkin keluar bersama teman-teman kalian. Dan satu hal yang penting untuk diingat adalah bahagia itu nggak harus sama pasangan.

3. Menguatkan Move On
Hal ini berlaku untuk kalian yang sekarang jomblo tapi masih suka mengingat-ingat masa lalu kalian. Setelah mengurangi tingkat kegalauan, langkah selanjutnya adalah dengan memperkuat intensitas move on kalian. Kalian harus terus bergerak dan mencoba move on ke arah yang lebih baik.

Jangan terlalu memikirkan masa lalu karena hal itu akan memberatkan langkah kalian untuk melangkah ke masa depan. Masa lalu biarlah menjadi pelajaran. Dan kalian harus percaya bahwa kalian bisa mendapatkan hal yang lebih baik di masa depan. Untuk kalian yang saat ini masih jomblo, buatlah mantan-mantan kalian menyesal dengan kesuksesan kalian nanti.

4. Menentukan Prinsip, Visi dan Misi dalam Hidup
Menjadi jomblo yang berkualitas tentu harus memiliki prinsip, visi serta misi hidup yang jelas dan berkualitas pula. Kalian harus menentukan target-target tujuan yang harus kalian capai. Pikirkan apa yang ingin kalian capai dan apa yang ingin kalian lakukan di masa mendatang. Semisal kalian ingin menjadi pribadi yang menginspirasi banyak orang dengan karya-karya kalian atau hal-hal lain yang menarik untuk kalian. Buatlah dan tatalah skema hidup kalian ke depan lalu tetapkanlah prinsip agar kalian tidak salah arah dalam mewujudkan visi dan misi hidup kalian ke depan.

5. Mencari Passion atau Hobi yang Menarik
Mencari passion atau hobi yang menarik ini penting untuk dilakukan karena hal ini bisa menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan kalian ke depan. Ada banyak hobi yang dapat kalian coba tergantung selera kalian. Paling tidak, kalian akan menemukan satu kenyamanan di sana dan hal itu akan terus berlanjut hingga menjadi passion kalian. Buatlah sebuah karya atau prestasi dengan hobi yang kalian miliki. Secara tidak langsung, hal itu akan meningkatkan martabat serta kualitas kalian di mata orang-orang yang ada di sekitar kalian.

6. Menjalin Relasi dengan Banyak Orang
Hal yang mungkin tidak dapat kalian lakukan ketika terikat dalam sebuah hubungan adalah ruang lingkup pertemanan kalian terbatas. Jika kalian sekarang jomblo, kalian bebas menjalin relasi dengan siapapun baik itu lelaki atau perempuan. Dengan banyaknya relasi kalian akan menemukan banyak ide-ide baru serta pengalaman baru. Hal itu pun juga penting jika kalian memiliki sebuah bisnis, karena banyaknya relasi akan sangat membantu bisnis kalian untuk cepat berkembang.

7. Fokus Meniti Karir dan Masa Depan
Fokus terhadap karir itu sangat penting untuk kalian lakukan demi masa depan yang baik dan menjadi pribadi yang berkualitas. Hal itu juga perlu sebagai langkah untuk membangun kondisi ekonomi yang mapan dan mampu menarik perhatian para calon-calon mertua.

Meskipun kalian jomblo, kalian tetap akan menjadi pribadi yang menarik apabila kalian memiliki karir dan masa depan yang bagus. Kalian juga akan lebih dihargai dan dihormati oleh orang lain berkat kerja keras kalian.

8. Menikah Sebagai Tujuan Akhir
Satu hal utama yang akan mengakhiri status jomblo kalian adalah dengan cara menikah. Kalian harus menjadikan ini sebagai motivasi sekaligus tujuan akhir dalam pencarian cinta yang penuh lika-liku. Kalian harus mencoba berkomitmen dan menjalin hubungan dengan serius. Jangan lagi terjebak dalam sebuah hubungan semu alias pacaran yang ujung-ujungnya tidak jelas.

Menikahlah dengan seseorang yang menurut kalian pantas dan tepat untuk menjadi pendamping hidup kalian. Kerena dengan menikah, maka hubungan itu akan menjadi sebuah simbol sakral dan sah baik menurut agama maupun negara.

***
Barangkali itu saja sobat beberapa kiat-kiat yang dapat kalian coba untuk menjadi jomblo yang berkualitas. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan dalam tulisan ini. Semoga tulisan ini mengandung nilai dan manfaat serta mampu menginspirasi sobat-sobat sekalian yang saat ini masih jomblo dan mencoba merencanakan masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Pertanyaan-Pertanyaan Nyelekit Bagi Para Jomblo



EmoticonEmoticon