Peringkat Kekuatan Kru Topi Jerami Dari Yang Terlemah Hingga Terkuat


Halo guys! Pada kesempatan kali ini, saya pengen mengulas peringkat kelompok bajak laut Topi Jerami (SHP) yang ada di One Piece. Seperti yang kita tahu, kelompok SHP dipenuhi oleh berbagai macam karakter yang memiliki berbagai macam kekuatan dan ciri khas. 

Mereka telah mengalami banyak petualangan besar dan juga pernah berhadapan dengan musuh-musuh kuat. Dengan bertambahnya Jinbei di kelompok mereka, tentu hal itu membuat kru mereka semakin kuat.

Nah, kira-kira bagaimanakah peringkat kekuatan kru Topi Jerami dari yang terlemah hingga terkuat? Mari kita lihat ulasannya berikut ini.

10. God Usopp – Bounty: 500.000.000 Berry


Di peringkat kesepuluh, ada God Usopp yang merupakan sniper handal dalam kelompok SHP. Usopp memiliki hobi berbohong sekaligus kepribadian yang pesimis dan penakut. Di masa lalu, dia seringkali lari apabila bertemu dengan musuh yang jauh lebih kuat dari dirinya. Meskipun sudah berlatih selama dua tahun di pulau Sabaody, sisi negatif Usopp masih saja kambuh ketika dia berada dalam situasi yang sulit.

Dalam pertarungan, Usopp memang merupakan kru yang paling lemah. Hal ini juga sudah disebutkan oleh Eiichiro Oda bahwa sampai kapanpun Usopp adalah kru topi jerami yang paling lemah dibandingkan kru yang lain. 

Seperti yang kita tahu, keahlian utama Usopp adalah sniper atau penembak jitu dan dia sendiri pernah berkata bahwa peran dia dalam tim adalah sebagai pendukung, bukan petarung garis depan. Usopp akan kesulitan apabila bertarung face to face dengan lawan dalam jarak yang dekat. Hal ini juga bisa dilihat dari senjatanya yang kurang berdampak parah terhadap musuh yang kuat jika dibandingkan dengan Clima Tact milik Nami.

Meskipun Usopp merupakan kru dengan kekuatan terlemah, bukan berarti Usopp tidak berbahaya. Kecerdasan sekaligus keberuntungan yang terdapat pada dirinya seringkali membuat dia menjadi karakter yang layak diperhitungkan. Seringkali, Usopp memegang peranan penting untuk memenangkan pertempuran melawan musuh, contohnya saat dia menyelamatkan Luffy dari ancaman Sugar di Dressrosa.

9. Cat Burglar Nami – Bounty 366.000.000


Di peringkat berikutnya, ada Nami yang merupakan navigator terhebat yang dimiliki oleh kelompok SHP. Nami merupakan pencuri yang handal sekaligus ahli dalam bidang navigasi dan juga pembuatan peta. 

Nami memiliki mimpi untuk menggambar seluruh peta dunia. Sama seperti Usopp, dia juga merupakan bagian dari trio terlemah di SHP. Meskipun demikian, kemampuan Nami berkembang pesat selama berlatih dan belajar tentang cuaca di pulau langit Weatheria.

Saat ini, Clima Tact milik Nami sudah berada pada tahap yang sempurna. Senjata itu mampu mengeluarkan serangan-serangan mematikan yang berbasis cuaca, seperti sambaran petir, badai topan, dsb. Berbeda dengan Clima Tact miliknya, serangan senjata yang sudah di-upgrade ini menjadi lebih kuat dengan skala yang besar.

Serangan Nami jadi lebih kuat setelah dia memiliki Zeus yang menjadi salah satu kartu as nya. Serangan Zeus sangatlah kuat dan cukup merepotkan bagi musuh. Selain itu, Nami juga cukup ahli dalam hal mengatur strategi. Dia karakter yang cerdik dan cukup mampu beradaptasi dalam berbagai macam situasi yang sulit, seperti pada saat dia melawan Califa di Enies Lobby.

Baca juga: Mengenal Daftar Anggota Baroque Works yang Muncul di One Piece

8. Tony Tony Chopper – Bounty 1000 Berry


Karakter SHP yang terkuat di posisi kedelapan adalah Tony Tony Chopper. Di SHP, Chopper bertugas sebagai dokter kapal yang siap sedia mengobati luka yang dialami teman-temannya selama pertempuran. Selain itu, dia juga memiliki impian untuk menjadi dokter hebat yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit.

Chopper memiliki kemampuan buah iblis Hito Hito no Mi. Dengan menggunakan Rumble Ball ciptaannya, Chopper bisa bertransformasi ke berbagai wujud. Salah satu wujud terkuat Chopper adalah Monster Point yang membuatnya mampu berubah menjadi monster raksasa. 

Setelah latihan dua tahun di pulau Torino, Chopper akhirnya berhasil meningkatkan kemampuan transformasinya menjadi lebih kuat. Dia juga bisa mengendalikan wujud monsternya tanpa kehilangan kesadaran.

Melihat kekuatannya yang seperti itu, Chopper sebenarnya adalah karakter yang potensial dalam bertarung. Sayangnya, dia memiliki sifat penakut sama seperti Nami dan Usopp. Apabila diimbangi dengan tekad dan keberanian yang bulat, Chopper bisa menyusahkan musuh-musuhnya.

7. Nico Robin – Bounty 930.000.000 Berry


Selanjutnya, ada Nico Robin yang merupakan arkeolog jenius dari Ohara. Dia merupakan satu-satunya orang yang selamat dalam insiden Ohara dan bertujuan untuk menemukan Rio Poneglyph serta meneliti sejarah abad kekosongan. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan buah iblis Hana Hana no Mi yang membuat dia mampu menumbuhkan anggota tubuhnya sesuka hatinya seperti halnya bunga.

Selama time skip, Robin bergabung bersama pasukan revolusi yang dipimpin oleh Dragon. Di sana, dia juga melatih kemampuannya hingga berkembang pesat. Robin dapat menciptakan klone dari dirinya sendiri. Selain itu, dia juga mampu menciptakan tangan atau kaki raksasa dengan kemampuan buah iblisnya. Kemampuan inilah yang membuat dia menjadi karakter tangguh yang cukup susah dikalahkan.

Kemampuan Robin juga meningkat pesat saat dia bertarung melawan Black Maria dari Tobi Roppo. Dia mampu menggunakan wujud Demonio Fleur yang terlihat sangat mengerikan dan mampu mengintimidasi lawan. Dengan teknik itu, Robin mampu mengalahkan Black Maria yang termasuk lawan yang sangat kuat.

Baca juga: 10 Karakter yang Mati dalam Keadaan Tersenyum

6. Brook “Soul King” – Bounty 383.000.000 Berry


Selanjutnya, ada Brook yang lebih kuat dari Robin. Hal ini mungkin akan menjadi perdebatan, tetapi memang perbedaan kekuatan mereka cukup tipis menurut saya. Brook adalah seorang musisi sekaligus pemakan buah iblis Yomi Yomi no Mi yang membuatnya mampu bangkit dari kehidupan. 

Meskipun hanya tinggal tulang belulang, Brook merupakan karakter yang abadi dan tidak bisa mati, kecuali jika seluruh tulangnya dihancurkan tanpa tersisa. Kekuatan utama Brook sebenarnya terletak pada roh atau jiwanya yang telah dibangkitkan dari akhirat. Hal itulah yang membuat dia mampu menghipnotis dan membawa orang-orang masuk ke alamnya. 

Kemampuan Brook juga tak hanya itu. Dia sangat pandai bermain musik dan juga memiliki keahlian bermain pedang yang berbakat. Uniknya, pedang milik Brook memiliki efek khusus yang mampu membekukan lawan. Berdasarkan kata-kata Brook, efek beku itu berasal dari dinginnya alam kematian.

Dalam cerita One Piece, bukti dari kemampuan Brook ada banyak sekali. Dia dapat dengan mudah mengalahkan pasukan catur Big Mom dengan musik dan teriakannya. Selain itu, dia juga merupakan kru yang pernah bertempur langsung melawan seorang Yonkou tanpa gentar, meskipun pada akhirnya dia kalah karena kekuatan Big Mom bukan levelnya. Atas dasar itulah, Brook pantas menduduki posisi keenam.

5. Cyborg Franky – Bounty 394.000.000 Berry


Franky merupakan manusia cyborg yang tubuhnya telah dimodifikasi. Dulu, dia sempat mengalami kecelakaan hebat di laut sehingga sebagian organnya tidak berfungsi. Dengan keterampilan mekaniknya, Franky berhasil mengubah tubuhnya menjadi cyborg yang dapat berfungsi sebagai senjata dalam pertarungan. Tubuh Franky menjadi lebih kuat setelah dia memodifikasinya selama dua tahun di pulau Karakuri, kampung halaman Vegapunk.

Kekuatan utama Franky sebenarnya terletak pada teknologi canggih yang tertanam di dalam tubuhnya. Beberapa contoh dari senjata itu adalah launcher, tembakan cannon, dan laser beam yang menjadi serangan terkuatnya. 

Selain itu, kekuatan itu juga didukung oleh stamina dan semangatnya yang seringkali menggebu-gebu. Di suatu kesempatan, Franky juga dapat bertarung dengan tangan kosong, contoh kasus ketika dia berduel dengan Senor Pink di Dressrosa.

Di samping itu, Franky juga memiliki senjata rahasia yang berupa robot bernama Franky Shogun. Robot itu adalah hasil karya terbesarnya selama dua tahun. Robot itu memang tangguh dan dapat dengan mudah mengalahkan musuh-musuh yang tidak terlalu kuat. Namun, robot itu termasuk salah satu senjata andalan Franky dalam bertarung dan memberikan luka yang cukup fatal pada lawan. Franky juga berhasil mengalahkan Sasaki yang punya kekuatan Zoan purba yang punya pertahanan kuat.

4. Jinbei The Knight of Sea – Bounty 1.100.000.000 Berry


Berikutnya, ada Jinbei yang merupakan mantan anggota Sichibukai sekaligus mantan kapten kedua bajak laut Matahari. Dia adalah kru yang baru bergabung ke dalam SHP dan menjabat sebagai helmsman atau pengemudi kapal. 

Meskipun demikian, Jinbei sudah menemani petualangan Luffy sejak mereka berada di Impel Down. Jinbei juga yang menyelamatkan Luffy dari depresi setelah kehilangan kakaknya. Dia memiliki impian untuk membawa perdamaian antara manusia dan juga mansuia ikan sesuai dengan impian kaptennya dulu, Fisher Tiger.

Bergabungnya Jinbei ke dalam kru SHP tentu membuat berbagai pihak terkejut, contohnya Kid dan Law yang heran setengah mati. Pasalnya, Jinbei adalah petarung yang sangat kuat dan pamornya dikenal di seluruh lautan. Sebagai manusia ikan, Jinbei pada dasarnya sudah sangat kuat dibandingkan manusia normal pada umumnya. Kemampuan ini juga didukung oleh teknik Fish-men Karate yang sangat dia kuasai. Selain itu, Jinbei juga mampu menggunakan haki.

Beberapa bukti betapa menakutkannya Jinbei adalah dia mampu mengalahkan Charlotte Opera dalam sekali pukul di pulau Whole Cake. Selain itu, dia juga dapat menghempaskan Big Mom ketika ia dan kru Luffy yang lain tengah berlayar melarikan diri. Di masa lalu, kekuatan Jinbei juga setara dengan kekuatan Ace, terbukti saat mereke bertarung berhari-hari dengan hasil yang seimbang. Dengan adanya Jinbei saat ini, kekuatan tempur SHP menjadi lebih kuat.

3. Vinsmoke Sanji – Bounty 1.032.000.000 Berry


Selanjutnya, ada Vinsmoke Sanji yang merupakan koki dalam SHP. Dia merupakan anak kandung dari Vinsmoke Judge, pemimpin pasukan Germa 66 yang berasal dari North Blue. Namun, Sanji mengalami pengalaman pahit dan dia pun melarikan diri dari keluarganya kemudian dia hidup di East Blue. Selama di East Blue, dia tumbuh dan bekerja di bawah arahan Zeff di Baratie. Dia juga mewarisi kemampuan Zeff dalam bertarung menggunakan kaki.

Dalam bertarung, Sanji selalu menggunakan teknik kakinya yang sangat mematikan dan memiliki daya serang yang tinggi, apalagi saat ini dia sudah menguasai haki setelah berlatih bersama Ivankov. Selain itu, kekuatan utama Sanji yang lain terletak pada kecepatan dia yang melampaui manusia normal. 

Sanji memiliki pergerakan yang sangat gesit dalam bertarung. Salah satu teknik terkuat Sanji adalah teknik Diable Janbe yang mampu membakar fisik maupun organ dalam. Kekuatan tendangan Sanji pun mendapat pengakuan dari Doflamingo ketika mereka beradu bentrok di Dressrosa.

Kekuatan Sanji saat ini juga meningkat drastis setelah dia menggunakan Raid Suit miliki keluarga Vinsmoke. Teknologi Raid Suit memberikan dia beberapa keuntungan selama pertempuran, seperti menambah kecepatan, mengurangi luka yang diterima dari serangan lawan, dan efek spesial menjadi manusia tak terlihat. 

Dalam pertarungan terbarunya melawan Queen, Sanji menunjukkan tanda-tanda kekuatan supernya telah bangkit. Tulangnya yang tadinya remuk dapat pulih ke kondisi semula dengan cepat. Ia jadi mirip seperti saudaranya yang tubuhnya telah dimodifikasi menjadi manusia exoskeleton. Berkat kombinasi Haki dan tulang modifikasi itu, Sanji berhasil menciptakan teknik baru bernama Ifrit Janbe yang jauh lebih kuat sehingga dia mampu mengalahkan Queen.

2. Roronoa Zoro – Bounty 1.111.000.000 Berry


Next, peringkat kedua ditempati oleh Roronoa Zoro. Mungkin ada sebagian fans yang berpendapat bahwa Jinbei lebih kuat dari Zoro. Menurut saya tidak salah karena saya pribadi berpikir bahwa kekuatan kedua karakter ini beda tipis, lagipula Zoro sudah jauh berkembang ketika dia berada di negeri Wano, khususnya setelah dia mendapatkan pedang Enma milik Oden yang mampu meningkatkan semua potensi kekuatannya.

Dibandingkan karakter yang lain, Zoro adalah kru yang terlihat paling sering latihan di kapal. Dia selalu berusaha untuk menjadi pria yang lebih kuat dari waktu ke waktu demi mewujudkan ambisinya menjadi pendekar pedang terkuat di dunia. 

Untuk mencapai hal itu, Zoro bahkan rela membuang harga dirinya dan meminta Mihawk untuk melatihnya. Selama petualangannya, Zoro bahkan sempat berada pada situasi-situasi sulit yang membawanya di ambang kematian, seperti pada pertarungannya melawan Mihawk, Daz Bones, Kaku, dan juga pada saat dia berhadapan dengan Kuma di Thriller Bark.

Kekuatan utama Zoro terletak pada skill berpedangnya dan kemampuan fisik yang di atas rata-rata. Dengan pedangnya, Zoro dapat memotong apapun. Zoro juga mampu menggunakan haki dengan baik, khususnya Bushosoku no Haki. 

Kemampuan utama Zoro telah diperlihatkan secara penuh ketika dia bertarung melawan King dari bajak laut Beast. Pertarungan antara keduanya berlangsung dengan sangat sengit. Dengan tekadnya yang sangat kuat untuk menang, Zoro pada akhirnya mampu mengalahkan King meskipun dia akhirnya terluka parah setelah pertempuran.
1. Monkey D. Luffy - Bounty 3.000.000.000 Berry


Tak perlu diragukan lagi, peringkat pertama sebagai kru terkuat diduduki oleh Monkey D. Luffy selaku kapten kapal. Dia memiliki cita-cita untuk menjadi Raja Bajak Laut dan menjadi orang yang paling bebas di lautan. Untuk mencapai impian itu, Luffy bahkan rela mengorbankan nyawanya selama pertempuran. Meskipun Luffy adalah karakter yang konyol, tetapi dia memiliki kharisma yang unik yang membuatnya dihormati oleh seluruh krunya.

Selama petualangannya, Luffy selalu menjadi garda terdepan dalam melindungi segenap krunya dari ancaman lawan. Dia selalu meresikokan nyawanya dengan melawan bos atau orang terkuat dalam sebuah organisasi, baik itu bajak laut atau organisasi pemerintah. Contohnya pada saat dia bertarung melawan Crocodile di Arabasta dan juga Rob Lucci ketika berada di Enies Lobby. Luffy sangat menyayangi krunya dan tidak ingin kehilangan mereka. Oleh sebab itu, Luffy selalu bertekad untuk menjadi lebih kuat.

Saat ini, kemampuan Luffy berada di level yang jauh berbeda dengan dia yang dulu. Selain mengandalkan kemampuan buah iblisnya, Luffy saat ini mampu menguasai haki tingkat tinggi, khususnya Kenbunshoku no Haki yang membuatnya mampu melihat sedikit ke masa depan dan Bushosoku no Haki yang membuat serangannya menjadi meningkat. 

Kemampuan haki itu dia dapatkan setelah melalui pertarungan melawan Katakuri di Whole Cake dan berlatih keras di bawah arahan Hyogoro ketika berada di penjara Udon, Wanokuni.  Selain itu, Luffy kemungkinan besar juga menyiapkan teknik khusus yang hendak dia gunakan melawan Kaido nanti.
***
Nah, mungkin itu saja ya guys yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan atau perbedaan pendapat dalam penulisan artikel ini. Semoga bisa menghibur dan menambah wawasan kalian seputar One Piece ya guys. Thanks.
Previous Post Next Post

Contact Form