Buat Para Blogger, Inilah Beberapa Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang Dapat Dicoba

via pixabay.com

Menjadi seorang blogger adalah pekerjaan yang menarik bagi sebagian orang. Dengan ngeblog, kita bisa menyalurkan ide dan berbagi tulisan kita kepada orang lain. Selain itu, kita juga bisa menghasilkan uang lho guys dari hobi kita sebagai seorang blogger. Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya blogger-blogger sukses di luar sana.

Namun, perlu kita ingat sobat bahwa menghasilkan uang dari blogger itu gampang-gampang susah, khususnya apabila sobat hanya ngeblog ala kadarnya tanpa memperhatikan kualitas blog sobat. Untuk bisa menghasilkan uang, hal yang wajib kita lakukan pertama kali adalah rajin menulis konten yang berkualitas di blog kita agar mendatangkan banyak pengunjung dan meningkatkan performa blog kita di mesin pencarian.

Jika blog kita sering muncul di mesin pencarian dan pengunjung blog kita udah banyak, blog kita akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk bisa menghasilkan uang. Hal ini pun juga sudah pernah saya alami selama menekuni hobi ini. Pada awal-awal ngeblog dulu, memang saya tidak mendapatkan sepeser pun dari hasil ngeblog. Namun, setelah blog saya mulai rame dan keterima Adsense, saya bisa menghasilkan uang dengan jumlah yang lumayan.

Nah, berikut ini saya pengen ngasih beberapa rekomendasi terkait cara yang bisa sobat lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Langsung saja yuk, kita bahas bersama-sama.

1. Pasang Iklan
Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan memasang iklan di blog kita. Ada banyak jasa penyedia iklan di luar sana yang bisa sobat, seperti Google Adsense, MGID, Adnow, dan sejenisnya. Caranya pun cukup mudah. Kita hanya daftar ke salah satu penyedia iklan tersebut kemudian memasang kode iklan di blog kita. Sistem penghasilan dari penyedia jasa iklan ini biasanya berbentuk PPC atau Pay Per Click. Semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan di blog kita, maka semakin banyak penghasilan yang kita peroleh.

Selain itu, sobat juga bisa menawarkan jasa iklan secara mandiri kepada pihak-pihak tertentu yang berminat memasang iklan di blog sobat. Untuk penentuan harga iklan biasanya tergantung pada kualitas blog kita, seperti jumlah traffic atau Domain Authority dan Page Authority blog.

2. Content Placement
Cara kedua yang bisa sobat coba untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan content placement. Sobat bisa menawarkan jasa content placement kepada orang-orang yang memiliki konten terkait produk atau apapun itu untuk dipasang di blog sobat.

Biasanya dalam artikel content placement itu terdapat backlink yang menuju ke situs atau blog klien kalian. Untuk masalah harga content placement, kalian bisa mematok harga tertentu sesuai dengan standar blog kalian, tetapi bisa juga klien yang menawarkan harga tertentu kepada sobat.

Baca juga: Alasan-Alasan Sulitnya Menjadi Blogger Jaman Sekarang

3. Jasa Review Produk
Cara yang ketiga ini mungkin hampir mirip dengan cara kedua. Akan tetapi, perbedaannya terletak pada mekanismenya saja. Pada content placement, sobat hanya tinggal memasang artikel yang sudah disediakan oleh klien sobat, tetapi jasa review ini sobat sendiri yang harus menulis dan mereview produk dari klien sobat.

Setelah artikel selesai, sobat kemudian menayangkannya di blog kalian. Karena sobat di sini ikut andil dalam menulis artikel, sobat bisa memasang harga yang lebih tinggi dibandingkan jasa content placement.

4. Program Afiliasi
Untuk menghasilkan uang dari blog, sobat dapat mengikuti program afiliasi atau menjual produk dari orang lain. Dalam program afiliasi ini, sobat bisa mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu apabila sobat berhasil menjual produk yang kalian tawarkan. Apabila sobat tertarik dengan program ini, sobat bisa mencari penyedia produk yang memiliki program afiliasi yang bisa sobat ikuti.

5. Ikut Kompetisi Blog
Cara berikutnya yang bisa sobat cobat untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan mengikuti ajang kompetisi blog. Di luar sana, terdapat banyak event atau kompetis menulis artikel yang bisa diikuti oleh para blogger dengan hadiah yang bervariasi. Jika sobat beruntung, sobat bisa memenangkan uang dengan nominal kisaran jutaan atau hadiah fantastis lainnya. Sebagai contoh, teman saya yang pernah mengikuti kompetisi blog berhasil menjadi juara satu dan mendapatkan hadiah mobil.

Baca juga: 10 Rekomendasi Niche Blog yang Populer dan Banyak Dicari Pengunjung

6. Tawarkan Jasa Sendiri
Buat sobat yang punya skill atau kemampuan lain di luar blog, sobat bisa menawarkan jasa tersebut melalui blog kalian. Jasa-jasa yang bisa sobat tawarkan antara lain sebagai berikut: jasa desain gambar, editing video, jasa menulis artikel di blog orang, jasa penerjemahan, jasa pembuatan blog, dan lain-lain tergantung kemampuan sobat. Kalian bisa mempromosikan jasa kalian ke orang-orang melalui blog dan juga media sosial.

7. Jualan Produk Sendiri
Selain menawarkan jasa, sobat juga bisa berjualan lewat blog apabila kalian punya produk atau bisnis tertentu. Misalkan saja, sobat mengelola sebuah blog tentang fashion dan sebagainya, kalian bisa mempromosikannya lewat blog kalian. Atau mungkin kalian punya produk lain yang serupa. Blog bisa membantu kalian dalam mengembangkan bisnis kalian.

8. Menjadi Pembicara dalam Seminar
Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh seorang blogger untuk menghasilkan uang adalah dengan menjadi pembicara di sebuah seminar. Beberapa blogger di luar sana yang sudah sukses biasanya sering mendapat job untuk menjadi pembiacara di sebuah seminar seputar kepenulisan. Cara ini mungkin memang susah dicoba untuk blogger pemula, tetapi hal ini bisa kita jadikan motivasi agar kita bisa menjadi blogger sukses.
***
Nah, mungkin itu saja ya sobat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Saya berharap semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Thanks atas kunjungannya.

Referensi: sugeng.id


EmoticonEmoticon