Tips-Tips yang Bisa Dicoba untuk Keluar dari Zona Nyaman


source: pixabay

Zona nyaman merupakan sebuah zona yang membuat diri kita merasa nyaman dengan keadaan. Zona nyaman ini biasanya tercipta karena kita terbiasa melakukan rutinitas yang gitu-gitu aja. Zona ini seringkali menjebak dan membuat kita terlena sehingga kita malas untuk bergerak atau melakukan sesuatu yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya.

Kenapa kita harus keluar dari zona nyaman?
Keluar dari zona nyaman memang tidaklah wajib bagi semua orang, khususnya mereka yang mungkin sudah merasa cukup dan nyaman dengan keadaan mereka. Namun, buat kita yang masih dalam proses belajar atau mengejar sesuatu yang ingin kita gapai di masa depan, keluar dari zona nyaman adalah sebuah keharusan.

Jika kita pikir-pikir ulang, zona nyaman identic dengan zona tanpa perkembangan. Bertahan dalam zona ini untuk beberapa waktu mungkin tidaklah masalah, tetapi jika kita terus-terusan berada di zona nyaman, bisa jadi kita tidak akan pernah berkembang.

Nah, kali ini saya ingin membagikan beberapa tips-tips yang bisa sobat coba untuk keluar dari zona nyaman. Yuk, kita langsung bahas bersama.

1. Buat target baru
Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah membuat target-target baru yang ingin sobat raih. Coba pikirkan satu atau beberapa hal yang sangat ingin kalian gapai dalam hidup sobat, baik itu dalam waktu dekat maupun jangka panjang.

Tentukan tujuan baru yang mampu membuat sobat bersemangat untuk bergerak dan melangkah. Selain itu, buatlah juga planning atau langkah-langkah yang akan kita lakukan unutk bisa menggapai tujuan tersebut.

2. Belajar sesuatu yang baru dan belum pernah kita coba sebelumnya
Tips kedua yang mampu memaksamu keluar dari zona nyamanmu adalah belajar sesuatu yang baru dan belum pernah kalian lakukan sebelumnya. Melakukan hal baru pada awalnya terasa awkward dan aneh, bahkan kita sendiri kadang tidak nyaman melakukannya.

Rasa tidak nyaman ketika kita mencoba hal baru itu adalah wajar. Hal itulah yang membuat kita seringkali lebih nyaman melakukan rutinitas kita yang gitu-gitu aja. Namun, dengan belajar hal yang baru, kita bisa berkembang sedikit demi sedikit dan keluar dari zona nyaman kita sebelumnya.

3. Perbanyak diskusi dengan teman atau kenalan dengan background yang berbeda
Next, cobalah berdiskusi dengan orang baru atau teman kalian yang bekerja di bidang yang berbeda dengan kalian. Misalkan nih, kalian saat ini hobi nulis atau hobi desain, coba deh sesekali kalian ngobrol dengan temen kalian yang sedang membuka bisnis atau kerja di kantoran.

Berdiskusi dengan orang yang memiliki background beda-beda akan memantik hadirnya perspektif baru bagi pikiran kita. Kita akan jadi lebih tahu tentang dunia luar atau rasanya kerja di bidang tertentu. Selain itu, bisa jadi kalian juga akan menemukan link atau ilmu berharga yang selama ini belum kalian ketahui.

4. Jangan terlalu puas dengan keadaan!
Salah satu hal yang dirasakan saat berada di zona nyaman adalah rasa puas dengan apa yang sudah ada. Bersyukur dengan keadaan itu memang wajib dan malah harus dilakukan, tetapi hal itu bukan berarti kita berhenti melangkah dan berusaha lebih dari yang bisa kita lakukan.

Jika kita terlalu puas dengan keadaan atau sesuatu yang kita miliki, bisa jadi kita akan malas bergerak. Jadilah seperti singa yang selalu kelaparan yang tidak berhenti berburu mangsa. Dengan cara itu, kita akan selalu bisa terus bergerak maju dan menggapai sesuatu yang tidak akan kita duga di masa mendatang.

Baca juga: Tips-Tips Presentasi yang Menarik di Sebuah Forum

5. Lakukan sesuatu dengan metode yang berbeda
Tips berikutnya adalah coba melakukan suatu aktivitas dengan metode atau strategi yang berbeda. Misalkan kalian saat ini menjalankan bisnis dengan omset yang stabil atau mungkin pas-pasan. Di situ, mungkin ada sesuatu yang salah atau kurang tepat.

Cobalah melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda, contohnya adalah menggencarkan promosi melalui media sosial atau membuat produk dengan diversifikasi yang baru dan sejenisnya. Kita perlu ingat juga bahwa jika strategi yang sama tidak membuahkan hasil, kita perlu menerapkan strategi yang baru.

6. Rajinlah membaca topik-topik menarik di luar bidangmu
Membaca merupakan salah satu aktivitas yang mungkin membosankan bagi sebagian orang. Namun, membaca memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Dengan membaca, kita bisa memperluas wawasan dan pengetahuan kita.

Buat kalian yang bacaannya gitu-gitu aja, mungkin kalian perlu menambah referensi kalian dan mulai membaca topik-topik di luar bidang kalian. Hal ini bisa menjadi stimulus yang positif untuk menghilangkan rasa jenuh kalian sekaligus menambah perspektif baru bagi kalian.

7. Berpikirlah secara terbuka atau open-minded
Salah satu alasan yang membuat orang berada di zona nyaman mereka adalah pemikiran yang tertutup atau close-minded. Orang-orang seperti ini cenderung menolak kritik atau malas menampung saran dari orang lain.

Cobalah sesekali kita berpikiran terbuka dan menerima nasihat dari orang-orang di sekitar kita. Siapa tahu, nasihat mereka akan memberikan inspirasi yang akan menuntun kita pada perubahan yang signifikan dalam hidup kita.

8. Mulailah melakukan hal kecil yang nanti akan mengubah hidupmu
Buat kita yang ingin keluar dari zona nyaman, tapi masih suka pusing mikirin ide atau bingung mau mulai darimana, rilekskan pikiran kalian terlebih dahulu. Jangan berekspektasi panjang lebar tentang esok hari karena kita hanya memiliki satu waktu, yaitu hari ini.

Jangan terlalu banyak berpikir, mulai aja dulu! Lakukan hal-hal kecil yang bisa kalian lakukan saat ini. Yang penting jalan dulu, nanti pasti kalian akan ketemu dengan apa yang kalian cari di tengah perjalanan nanti.

9. Belajarlah mengendalikan rasa takutmu
Rasa takut adalah hal yang manusiawi karena itu merupakan sinyal bagi diri kita untuk lebih waspada dan berhati-hati. Manusia terkadang takut dengan hal-hal yang tidak kita ketahui. Namun, rasa takut itu terkadang hanya ada di pikiran kita. Rasa takut yang kita pikirkan kadang tidak sesuai dengan kenyataan.

Oleh sebab itu, jangan sampai rasa takutmu menghalangimu keluar dari zona nyaman. Kendalikan rasa takutmu dan jadikan rasa takut itu sebagai energi positif untuk melewati berbagai tantangan dan rintangan yang ada di depan.

10. Selalu evaluasi diri dari waktu ke waktu
Tips terakhir yang ingin saya bagikan pada artikel ini adalah selalu evaluasi diri dari waktu ke waktu. Evaluasi diri sangatlah penting dalam kehidupan kita. Dengan melakukan evaluasi diri, kita bisa melihat kekurangan kita dan kesalahan yang pernah kita lakukan di masa lalu. Dengan mengetahui kelemahan dan kesalahan itu, kita bisa belajar menjadi lebih baik dan berusaha untuk tidak mengulangi hal yang sama.
***
Nah, mungkin itu saja tips untuk bisa keluar dari zona nyaman yang bisa saya share pada artikel ini. Semoga artikel ini bisa membantu sobat untuk menuju perubahan yang lebih baik dalam hidup sobat.  Sekian dari saya. Thanks atas kunjungannya.

Baca juga: Tips Menemukan Passion Buat Kamu yang Masih Dalam Proses Pencarian

0 Response to "Tips-Tips yang Bisa Dicoba untuk Keluar dari Zona Nyaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel