15 Ranger Merah yang Terbaik dalam Sejarah Power Rangers

Ranger Merah merupakan Ranger yang memiliki peran penting dalam semua cerita Power Rangers. Mereka dianggap sebagai pemimpin sekaligus ranger yang terkuat dalam tim. Dalam cerita Power Rangers, ada banyak karakter yang berhasil menjadi Ranger Merah dan memiliki berbagai macam karakteristik.

Selain memiliki tekad yang kuat, beberapa Ranger Merah juga memiliki hati yang besar dan rela mengorbankan dirinya demi keselamatan umat manusia. Pada artikel kali ini, MogiMogy akan mengulas 15 Ranger merah terbaik sepanjang cerita Power Rangers. Yuk, kita langsung lihat saja list-nya berikut ini!

15. Casey Rhodes (Power Rangers Jungle Fury)

Meskipun Casey Rhodes adalah anggota baru di Akademi Phi Zhua, dia merupakan pemimpin dari para Rangers di series Power Ranger Jungle Fury. Posisi Ranger merah tidak dipegang oleh Jarrod karena dia suka membully siswa lain dan Casey sering menentang perbuatan Jarrod. Hal itu membuat Master Mao memilih Casey menjadi Ranger merah.

Selain mengandalkan tekad baik, berpengalaman juga menjadi syarat utama untuk menjadi Ranger merah. Lucunya, Casey masih belum terlalu expert saat dia mendapatkan kekuatan macannya. Nggak hanya itu, dia juga seringkali percaya diri, contohnya saat melawan Dai Shi sendirian. Casey juga sering ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Meskipun demikian, Casey terus berlatih dan dia menjadi Ranger merah yang tidak akan membiarkan teman-temannya terbunuh dalam pertempuran.

14. Jack Landors (Power Rangers S.P.D)

Sama seperti Casey, Jack juga merupakan pemimpin Ranger yang masih kurang pengalaman. Namun, dia memiliki karakter yang cukup berbeda. Jack adalah seorang pencuri yang mirip Robin Hood dan dia memiliki kemampuan untuk berjalan melalui dinding. Awalnya, dia tidak ingin menjadi bagian dari tim Power Rangers SPD karena ia lebih senang membantu orang lain dengan caranya sendiri tanpa harus berubah menjadi Power Ranger.

Jack lalu memutuskan untuk berubah menjadi Ranger karena ia ingin menyelamatkan temannya yang bernama Z dan anggota Ranger yang sedang dalam bahaya. Di satu titik, Jack sempat mengorbankan hidupnya untuk menghentikan meteor. Di akhir series, Jack pun memutuskan untuk berhenti menjadi Ranger merah dan posisi itu kemudian dipegang oleh Sky si Ranger biru. Berbeda dengan Jack yang masih rookie, Sky sejak lama memang telah berlatih untuk menjadi Ranger merah dan dia lebih cocok untuk memimpin tim.

13. Tyler Navarro (Power Rangers Dino Charge)

Tyler adalah seorang petualang dan dia mengerahkan seluruh energinya sebagai pemimpin dalam series Power Rangers Dino Charge. Ia diceritakan ingin mengungkap peristiwa yang menimpa ayahnya yang penuh dengan misteri. Ayahnya menghilang sepuluh tahun yang lalu saat dia melakukan penggalian arekologi.

Sayangnya, misteri hilangnya ayahnya membuat itu menjadi kelemahan terbesar Tyler sebagai pemimpin. Keinginan Tyler untuk menemukan orang yang bertanggung jawab atas hilangnya ayahnya membuat dia seringkali melakukan tindakan gegabah hingga membahayakan timnya. Obsesi Tyler untuk balas dendam inilah yang membuat dia pantas berada di posisi ini. Meskipun demikan, Tyler adalah Ranger merah yang sangat kuat dan bisa menjadi pemimpin yang serius di setiap situasi.

12.  Cole Evans (Power Rangers Wild Force)

Sejak masih bay, Cole Evans diasuh dan dibesarkan oleh suku yang tinggal di pedalaman hutan karena orang tuanya telah dibunuh. Dia kemudian pergi ke kota hingga dia pun ditunjuk untuk menjadi pemimpin dalam series Power Rangers Wild Force. Cole mungkin mirip dengan sosok Tarzan dan sangat dekat dengan hewan. Selain itu, dia pun mampu berkomunikasi dengan Wild Zord. Dibandingkan dengan ranger-ranger sebelumnya, Cole bisa dikatakan lebih matang dari segi usia.

Awalnya, Cole merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan masyarakat kota. Oleh sebab itu, dia selalu melakukan yang terbaik semampunya. Sebelum dipimpin oleh Cole, para Ranger awalnya dipimpin oleh Taylor si Ranger kuning. Tidak seperti Cole, Tayler memiliki dasar-dasar militer sehingga dia bisa bertarung dengan sangat baik. Meskipun demikian, Cole memiliki banyak kekuatan dan tekad yang kuat sebagai hero. Selain itu, Cole juga mampu memberikan semangat kepada timnya.

11. Shane Clarke (Power Rangers Ninja Storm)

Selanjutnya, ada Shane Clarke yang menjadi pemimpin para Rangers di serial Power Rangers Ninja Storm. Dia adalah orang yang sangat serius dan memiliki kesulitan apabila bekerja dalam tim. Kepribadian yang serius itu memang berasal dari keluarganya. Agar terlihat lebih santai, Shane pun mengimbangi keseriusannya dengan bermain skateboard. Selain itu, dia juga tipikal orang yang nggak gampang percaya, contohnya saat Hunter dan Blake mendadak berpihak ke kubu Rangers. Namun, Shane pun akhirnya berteman baik dengan Hunter dan Blake.

Sebagai Ranger merah, Shane memiliki banyak kekuatan di atas rata-rata manusia biasa dan teknik ninja yang dia pelajari di Wind Ninja Academy. Shane mampu bergerak dengan sangat cepat, berjalan di atas air, menyembunyikan diri, dan menggunakan energi dalamnya untuk menahan serangan mental dan manipulasi musuh. Selain itu, kekuatannya sebagai Ranger membuat Shane mampu mengontrol elemen udara. Selain itu, dia mampu memproyeksikan hembusan angina dan berjalan di udara.

10. Scott Truman (Power Rangers RPM)

Selanjutnya, ada Scott Truman yang menjadi Ranger merah dalam series Power Rangers RPM yang menanggung banyak beban di pundaknya. Dia benar-benar ingin memenuhi ekspektasi ayahnya dan dia selalu dibayang-bayangi adiknya yang bernama Marcus. Scott adalah orang yang selamat dalam Perang Corinth, sedangkan adiknya tewas dalam peperangan itu.

Hal yang membuat Scott Truman cocok berada di peringkat ini adalah karaktenya yang bisa berubah menjadi sangat keras kepala dan sombong. Dia juga sering memaksakan perintahnya kepada orang lain dan sangat menyayangi mobilnya. Terlepas dari sikapnya yang seperti itu, Scott mampu membuktikan dirinya sebagai pemimpin yang baik. Dia pun sempat bertindak gegabah, tetapi dia seringkali menunjukkan aksi-aksi yang heroic dan keren.

9. Wesley “Wes” Collin (Power Rangers Time Force)

Wesley Collin atau biasa dipanggil “Wes” ini adalah Ranger merah dalam cerita Power Ranger Time Force. Jika pada umumnya Ranger merah adalah sosok yang memimpin tim, peran pemimpin dalam cerita ini lebih dominan dipegang oleh Jen si Ranger pink, sedangkan Wes lebih sering memberikan komando di medan pertempuran. Ia mendapatkan morpher-nya dari mantan Ranger merah sebelumnya yang merupakan tunangan dari Jen.

Awalnya, Wes berniat untuk meneruskan perusahaan ayahnya, tetapi dia lebih memilih bergabung dengan Ranger dan bertempur melawan kejahatan. Wes mencoba menyelamatkan kehidupan teman-temannya dengan mengirim mereka ke masa depan karena teman-temannya akan mati jika tetap tinggal di masanya sekarang. Namun, melihat perjuangan Wes dalam melindungi kota, teman-temannya memilih untuk kembali dan membantu Wes di pertempuran akhir. Setelah mereka memenangkan pertempuran, para Ranger kembali ke masa depan, sedangkan Wes tetap menjadi Ranger merah dan  menjadi komandan pasukan Silver Guardians untuk melindungi kota.

8. Mackenzie “Mack” Hartford (Power Rangers Operation Overdrive)

Mack Hartford merupakan pemimpin dari Ranger dalam cerita Power Rangers Operation Overdrive. Mack memulai perjalanannya sebagai Ranger merah dengan cara yang buruk. Dia seharusnya menyakinkan ayahnya yang membentuk kelompok para Ranger agar dia bisa menjadi Ranger merah. Sebaliknya, Mack malah mencuri morpher ayahnya untuk menjadi Ranger merah.

Mack sangat suka dengan petualangan, tetapi yang membuat karakter Mack sangat menarik adalah dia sebenarnya bukanlah manusia, melainkan android yang diciptakan oleh ayahnya karena tidak memiliki seorang putra. Saat Mack menyadari bahwa dirinya adalah seorang android, Mack mulai lepas kendali dan melakukan hal-hal cerobo hingga akhirnya dia mulai mengatasi krisis identitas yang dia alami. Meskipun demikian, Mack memiliki momen yang sangat heroic pada episode final. Mack menggunakan seluruh kekuatannya selama pertarungan dengan Flurious demi menghancurkan monster itu. Mack pun mengorbankan hidupnya sehingga perjuangan dia membuatnya pantas menduduki peringkat ini.

7. Conner McKnight (Power Rangers Dino Charge)

Conner pertama kali muncul dalam serial Power Rangers Dino Charge pada saat dia membolos dari kelas untuk bermain sepak bola. Dia tipikal anak muda yang nakal dan nggak taat aturan. Buktinya, Conner tidak takut dengan kepala sekolahnya. Namun, yang membuat sosok Conner menarik adalah pengembangan karakter Conner yang benar-benar bagus. Conner yang awalnya seorang anak nakal berhasil menjadi sosok yang pantas menjadi Ranger merah.

Sebelum berubah menjadi Power Ranger, kehidupan Conner hanya berfokus pada sepak bola. Dia pun nyaris menyerah untuk bermain sepak bola di awal kariernya sebagai Ranger karena ia mendedikasikan hidupnya untuk bertarung melawan monster dan melindungi teman-temannya. Pada akhirnya, Connor pun berhasil mewujudkan mimpinya dan mendirikan kamp sepak bola di seluruh dunia. Namun, dibandingkan ranger merah pada list setelah ini, karakter Conner masih kurang bersinar.

6. Leo Corbett (Power Ranger Lost Galaxy)

Dalam cerita Power Rangers Lost Galaxy, Leo Corbet pada aslinya bukanlah kandidat yang menjadi Ranger merah. Pada permulaan cerita, para Rangers diharuskan mencabut pedang mereka dari batu. Orang yang berhasil mencabut pedang Ranger merah adalah saudara Leo yang tewas dalam pertempuran. Sebelum kematianya, pedang itu dipercayakan kepada Leo sehingga Leo bisa berubah menjadi Ranger merah. Dengan cara apapun, Leo harus membuktikan kepada kakaknya bahwa dia layak menjadi pemimpin Ranger yang lain.

Pengembangan karakter Leo dalam cerita ini juga cukup bagus. Sebelum terjun ke medan pertempuran, Leo selalu berpikir dan mengamati situasi terlebih dahulu. Selain itu, dia patut mendapatkan penghargaan karena dia telah berhasil mengalahkan Trakeena dalam pertarungan hidup dan mati. Leo berhasil menjatuhkan Trakeena dengan menembaknya menggunakan Battilizer-nya dengan kekuatan penuh.

5. Carter Grayson (Power Rangers Lightspeed Rescue)

Carter Grayson adalah Ranger merah dalam cerita Power Ranger Lightspeed Rescue yang memiliki jiwa pemimpin hebat. Dia dulu terinspirasi dari kapten Mitchell, seorang pemadam kebakaran yang telah menyelamatkannya saat kecil. Carter kemudian mendedikasikan hidupnya untuk menyelamatkan orang lain dan dia pun menjadi salah satu pemadam kebakaran terbaik yang dimiliki Mariner Bay. Selain itu, dia juga tipikal orang yang sangat patuh aturan dan dia tidak suka apabila ada orang yang tidak sesuai dengan perintahnya.

Di awal kemunculannya sebagai Ranger merah, Carter mengendarai mobil Lightspeed Rescue menuju medan pertempuran dan menabrak para monster yang tengah berbuat kekacauan. Dalam pertempuran akhir, Carter memiliki peran penting dalam mengalahkan Ratu Bansheera dan melemparkannya ke dunia bayangan untuk selama-lamanya. Meskipun pengembangan karakter ini tidak terlalu menonjol, sosok Carter yang memang luar biasa dari awal membuatnya cocok menduduki peringkat lima besar.

4. Andros (Power Rangers in Space)

Andros merupakan Ranger merah yang pertama kali diperkenalkan dengan epic dalam serial Power Ranger in Space. Saat itu, dia diam-diam mengawasi perempuan rahasia para penjahat yang diadakan oleh Dark Specter. Sayangnya, Andros saat itu berhasil disadari oleh musuh, tetapi sebelum kehadirannya disadari oleh musuh, Dark Specter telah lebih dulu menangkap Zordon dan menguras energinya. Andros dengan kemampuannya untungnya berhasil lari dari musuh kuat, seperti Rita Repulsa, Lord Zedd, dan Divatox.

Andros kemudian bertemu dengan mantan anggota Turbo Ranger. Awalnya, Andros tidak mempercayai mereka, tetapi ia pun memberikan Astro Morpher kepada mereka dan berubah menjadi Power Rangers in Space untuk menyelamatkan Gordon. Dengan kemampuannya, Andros berhasil memimpin timnya dan mengalahkan musuh kuat, termasuk Psycho Rangers yang sangat berbahaya. Di akhir cerita, Andros akhirnya mengorbankan Zordon sesuai dengan permintaannya untuk melepaskan energi kebaikan yang mampu memusnahkan para penjahat menjadi debu.

3. Thomas “Tommy” Oliver (Power Rangers Turbo & Zeo)

Di posisi ketiga, ada Tommy Oliver yang karakternya memang sudah sangat melegenda. Dia memang lebih dikenal sebagai sixth ranger, tetapi Tommy sempat beberapa kali memainkan Ranger merah di beberapa series, seperti Power Ranger Zeo dan Power Ranger Turbo. Perannya sebagai Ranger merah juga sangat signifikan dalam cerita Power Rangers.

Singkat cerita, saat itu para musuh menggunakan metode khusus yang membuat para Ranger dan seluruh manusia berubah menjadi anak kecil. Untuk mengembalikan kondisi itu, para Ranger harus berkelana melalui waktu untuk menemukan Kristal Zeo yang nanti akan mengubah mereka menjadi Power Ranger Zeo. Tommy sendiri dikirim ke tanah asli Amerika di masa lalu dan dia harus menemukan sub-kristal merah dan memilih satu yang asli karena dua yang lain itu palsu.

Perjalanan Tommy sebagai Ranger merah tidaklah mudah. Dia awalnya tidak mampu mengontrol Red Battlezord dan ia tidak menyerah. Tommy pun harus melewati perjalanan spiritual agar dia bisa mengendalikan Zord tersebut. Secara keseluruhan, peran Tommy sangatlah krusial dalam cerita Power Rangers. Dia adalah pemimpin yang kuat, baik berperan atau tidak sebagai Ranger merah.

2. Theodore Jay “T.J” Jarvis Johnson (Power Rangers Turbo)

Theodore Jay Jarvis Johnson atau lebih akrab dipanggil “T.J.” adalah karakter yang dipilih oleh Tommy Oliver untuk meneruskan perjuangannya sebagai Ranger merah dalam serial Power Ranger Turbo. T.J. adalah pemain baseball yang memiliki sifat baik hati. Ia dipercaya menjadi Ranger merah karena keberaniannya saat menyelamatkan orang lain tanpa pandang bulu, meskipun itu artinya dia harus menyelamatkan Bulk dan Skull yang terkenal berandalan.

T.J. adalah contoh pahlawan yang sempurna karena dia akan meresikokan hidupnya demi keselamatan orang lain. Dalam petarungan final melawan Divatox, T.J. mencoba mengorbankan dua Megazords untuk menghentikannya dan kemudian dia mengorbankan dirinya sendiri untuk mengalahkan Divatox. Bahkan, saat Piranhatron menghancurkan Power Chamber, T.J. tetap berusaha untuk menyelamatkan Alpha. Sayangnya, peran T.J sebagai Ranger merah hanya berjalan setengah musim sebelum akhirnya dia memegang posisi sebagai Ranger biru dalam cerita In Space.

1. Jason Lee Scott (Power Rangers Mighty Morphin)

Di peringkat pertama, ada Jason Lee Scott yang merupakan Ranger merah pertama dalam sejarah Power Rangers sekaligus pemeran utama dalam cerita Mighty Morphin. Jason adalah seniman martial arts yang sangat terampil dan memiliki hati besar. Jason selalu ingin menolong orang lain ketika mereka membutuhkan bantuannya. Nggak hanya itu, Jason bahkan bersedia melatih Billy si Ranger biru teknik bela diri untuk meningkatkan rasa percaya dirinya dan kemampuan untuk pertahanan diri.

Jason sempat bertarung dengan sangat sengit saat melawan Ranger hijau/Tommy Oliver yang berada di bawah pengaruh jahat Rita. Kondisi Jason saat itu hampir sekarat, tetapi dia berhasil mengalahkan Tommy dan melepaskan pengaruh jahat Rita dari Tommy. Insiden itu membuat Tommy berbalik melawan Rita dan pasukannya. Selain itu, Tommy pun memberi Jason Power Coin miliknya sehingga ia bisa mengakses kekuatan Tommy. Jason juga membuktikan bahwa dirinya bukanlah petarung bodoh, dia rela memberikan Power Coin miliknya untuk membebaskan orang tua para Ranger yang disandera Goldar. Jason mengorbankan Coin miliknya dan menjaga Power Coin milik Tommy sehingga Tommy bisa berubah menjadi Ranger hijau lagi untuk mengembalikan Power Coin milik Ranger.

Berdasarkan voting yang diadakan oleh ABC Family di tahun 2004, banyak yang memilih Jason sebagai Power Ranger terbaik sepanjang masa. Nggak hanya itu, dia pun juga mendapat julukan sebagai Ranger merah terpopuler saat kontes Toon Disney. Oleh sebab itulah, kepopuleran Ranger merah yang satu ini tidak ada tandingannya.

Nah, siapa nih Ranger merah favoritmu dalam serial Power Rangers? Tulis di kolom komentar ya, Kawan!

Referensi: screenrant.com

0 Response to "15 Ranger Merah yang Terbaik dalam Sejarah Power Rangers"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel