15 Villain yang Terbaik dalam Cerita Dragon Ball

Dragon Ball adalah salah satu manga yang sangat legendaris dan terkenal di seluruh dunia. Manga ciptaan Akira Toriyama ini bercerita tentang petualangan Goku dan teman-temannya yang melindungi bumi dari serangan musuh-musuh kuat.

Cerita Dragon Ball uniknya mengambil setting yang sangat luas, yaitu universe atau alam semesta. Ada banyak musuh-musuh yang memiliki kekuatan overpower dalam cerita ini. Untuk mengalahkan mereka, Goku harus berjuang mati-matian.

Kali ini, MogiMogy bakal sharing nih terkait 15 musuh terbaik yang muncul dalam cerita Dragon Ball, mulai dari musuh yang muncul series hingga film Dragon Ball. Yuk, kita langsung lihat list-nya aja berikut ini!

15. Kid Buu

Kid Buu merupakan tipe villain yang tak banyak bicara dan langsung menjalankan aksinya. Dia termasuk salah satu musuh yang tidak segan-segan untuk menghancurkan bumi atau planet lain. Hal ini sangat berbeda dengan Vegeta, Frieza, atau Cell yang selalu menahan diri untuk tidak menguapkan planet tempatnya berada.

Kid Buu mungkin lebih lemah dibandingkan dengan reinkarnasi Buu yang sebelumnya, tetapi kekuatan Kid Buu nggak bisa dianggap enteng. Kid Buu sangatlah berbahaya karena ia dapat menciptakan kekacauan di alam semesta dan membunuh banyak opulasi. Cara Kid Buu yang kejam seperti itu membuat dia seperti berada di puncak kejahatan. Kekuatannya yang brutal seperti itu membuat dia termasuk musuh yang memorable.

14. Baby

Baby adalah salah satu musuh dalam cerita Dragon Ball GT yang paling sering muncul. Kehadirannya mampu membuat cerita Dragon Ball GT menjadi lebih menarik, terlepas dari banyaknya fans yang menganggap negatif series Dragon Ball yang satu ini.

Baby adalah satu-satunya makhluk dari ras Tuffle yang bertahan hidup. Dia bertujuan untuk memusnahkan para Saiyan yang sangat kuat dan ingin memulihkan rasnya dengan merasuki semua orang yang ada di bumi. Seperti ras Tuffle pada umumnya, Baby memiliki kekuatan khusus untuk menginfekis manusia dengan parasit yang membuat korbannya tunduk dan mengikuti perintahnya. Karakter kuat seperti Vegeta pun sempat takluk dan berhasil dia manipulasi.

13. Captain Ginyu

Berbeda dengan musuh Goku yang terkenal angkuh dan arogan, musuh yang satu ini lebih terkesan kocak dan seringkali membuat penonton ketawa. Aksi kocaknya itu membuat Captain Ginyu disukai oleh para fans. Meskipun konyol, Captain Ginyu dan pasukannya memiliki kekuatan yang tak bisa disepelekan. Dibandingkan menaklukkan kemanusian, mereka lebih peduli terhadap kesempurnaan pose mereka.

Captain Ginyu bisa dikatakan sebagai perpaduan yang pas antara kekuatan dan humor. Apabila salah satu anggotanya tidak berposes dengan baik, Captain Ginyu bisa marah dan mengeluarkan kekuatannya. Nggak hanya itu, Captain Ginyu pun memiliki kemampuan untuk bertukar tubuh. Terlepas dari kekonyolannya, Captain Ginyu sangatlah kuat dalam pertempuran dan mampu berubah menjadi mesin pembunuh yang mematikan.

Baca juga: 15 Naga Terbaik yang Pernah Muncul di Anime

12. Androids 17 & 18

Musuh Goku yang ini merupakan paket komplit yang pas dan serasi sebagai tim, seperti Ginyu Force. Meskipun Ginyu Force bertarung sebagai tim, tetap saja Captain Ginyu yang mengambil alih situasi pertarungan saat anggotanya hendak kalah. Hal ini berbeda dengan Android 17 dan 18 yang sangat kuat saat mereka bertarung secara individu.

Di timeline utama, 17 dan 18 mungkin tidaklah berbahaya. Akan tetapi, yang membuat mereka menduduki posisi ini adalah potensi ancaman mereka di masa depan alternative. Keberadaan mereka di masa depan mampu membawa bencana ganas. Berdasarkan garis waktu Future Trunks, Android hampir memusnahkan semua manusia dan menyisakan beberapa orang yang selamat hingga hidup dalam ketakutan.

11. Goku Black

Dalam series terbaru, yakni Dragon Ball Super, terdapat satu karakter yang sangat kuat dan menarik bagi para fans. Karakter itu adalah Goku Black yang merupakan doppelganger dari Goku. Kedatangan karakter ini sekaligus menjadi pertanda kembalinya Future Trunks dalam cerita.

Identitas asli dari Goku Black ini adalah Zamasu yang merupakan mantan pelayan Supreme Kai di Universe 10. Dia memiliki ambisi yang cukup besar hingga membuat dia lupa daratan dan meminta keinginan gila untuk memiliki tubuh seperti Goku. Karakter Goku Black dalam cerita ini sangatlah kuat. Ia mampu mengimbangi kekuatan Goku dalam mode Super Saiyan hanya dengan form dasar. Nggak hanya itu, Goku Black juga mampu menggunakan Super Saiyan Rose.

10. Cooler

Dalam cerita movie Dragon Ball, musuh Goku kebanyakan sangat mengecewakan dan kurang menarik perhatian, contohnya seperti Bio-Broly yang terlihat aneh dan Android 13 yang kurang greget. Oleh sebab itu, memunculkan karakter baru yang menarik perhatian para fans dalam movie berikutnya menjadi sebuah tantangan penulis. Namun, saudara laki-laki Frieza yang bernama Cooler berhasil membuktikan hal tersebut.

Jika normalnya hubungan persaudaraan itu saling mensupport satu sama lain, Cooler malah menganggap Fierza sebagai rivalnya. Cooler bahkan mengakui bahwa dia akan membunuh Frieza jika para Saiyan tidak bisa mengalahkan saudaranya itu. Selain itu, asal-usul keluarga Frieza membuat movie-nya menjadi lebih menarik untuk ditonton. Meskipun demikian, sosok Cooler menjadi benar-benar berbeda saat ia menunjukkan bentuk metalnya yang sangat keren.

9. Super Buu

Buu merupakan karakter yang cukup unik karena dia memiliki beragam versi dengan kepribadian yang berbeda-beda. Mungkin kalian akan berpikir bahwa Majin Buu, Super Buu, dan Kid Buu adalah sosok yang berbeda, faktanya mereka adalah orang yang sama. Majin Buu memiliki tubuh yang gendut dan memiliki sifat yang kekanak-kanakan.

Namun, semua itu berubah ketika sisi jahatnya mengambil alih dirinya hingga berubah menjadi Super Buu. Versi Buu yang satu ini memiliki tubuh yang lebih ramping, tetapi sifatnya sangatlah kejam dan brutal. Nggak hanya itu, dia dapat memanipulasi tubuhnya berbentuk cairan. Super Buu juga sangat rasional karena dia cukup duduk sambil menunggu orang yang ingin menantangnya bertarung. Contoh dari sisi kejamnya adalah saat Super Buu mengubah Chi-Chi menjadi telur lalu memecahkannya begitu saja.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Mecha Terbaik yang Bisa Kalian Tonton

8. Majin Vegeta

Majin Buu bukanlah satu-satunya karakter yang mampu dikontrol oleh sihir Babidi. Karakter kuat seperti Vegeta pun pernah terkena sihir Babidi hingga membuat dia menjadi Vegeta dengan sosok yang berbeda. Kepribadian Vegeta menjadi berubah. Selain itu, kekuatan Vegeta pun meningkat drastic dan gaya bertarungnya menjadi lebih brutal.

Meskipun inkarnasi dari Vegeta ini hanya muncul dalam waktu singkat, Majin Vegeta membuat kesan yang tak terlupakan karena keinginannya untuk membunuh orang-orang yang tidak bersalah. Selain itu, nafsunya akan kekuasaan dan rasa cemburunya terhadap Goku membuat Majin Vegeta kembali bertarung melawan Goku. Namun, berkat kejadian ini, Vegeta berubah menjadi orang yang lebih baik dan dia menyadari betap pentingnya keluarga dan teman-temannya dibandingkan harga dirinya.

7. Beerus

Setelah acara Dragon Ball tidak ditayangkan lagi di televise, rasanya memang cukup sulit untuk memunculkan kembali karakter yang mampu menarik perhatian para fans. Untungnya, ada karakter pendatang baru yang sangat menarik dalam film Dragon Ball: Battle of Gods yang dirilis pada tahun 2013. Karakter tersebut adalah Beerus yang dikenal sebagai Dewa Penghancur.

Dalam film tersebut, Goku menantang Beerus untuk bertarung. Namun, kekuatan Goku masih belumlah seberapa. Gelar “dewa penghancur” bagi Beerus bukanlah gelar semata. Ia benar-benar menunjukkan kekuatannya saat melawan Goku. Beerus dapat dengan mudah mendominasi pertempuran melawan Goku dalam mode Super Saiyan 3. Nggak hanya itu, Beerus pun masih menahan kekuatannya saat melawan Super Saiyan God Goku. Untungnya, Beerus masih memiliki sisi baik dalam dirinya saat ia ingin menyelamatkan bumi karena ia sangat menikmati makanan di planet itu.

6. Perfect Cell

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa Perfect Cell adalah musuh Dragon Ball yang paling terbaik dan legendaris. Selain itu, sebagian dari fans pasti sepakat bahwa Cell termasuk musuh terbaik setelah Frieza. Android 19 dan 20 mungkin tidak terlihat menakutkan. Selain itu, 17 dan 18 juga sangat kuat dan punya cerita menarik, tetapi kedua karakter tersebut masih kurang karena tujuan mereka hanya ingin membunuh Goku.

Lalu, datanglah Cell yang berasal dari masa depan dan memiliki kekuatan yang sama kuatnya dengan petarung lain. Dalam bentuk sempurnanya, Cell mampu menarik perhatian para fans. Ada banyak momen keren Cell dalam cerita ini. Berkat karakter ini, Gohan akhirnya mampu mengeluarkan kekuatan tersembunyinya. Selain itu, Goku pun akhirnya bertemu dengan musuh yang tidak bisa dikalahkan. Yang paling epic adalah saat semua petarung Z menyatukan kekuatan mereka untuk mengalahkan Cell.

5. King Piccolo

King Piccolo biasa dikenal dengan julukan “Great Demon King” yang sangat berbahaya dan mengancam keselamatan manusia. Saat pertama kali muncul, King Piccolo mampu membuat bumi berada dalam kekacauan. Usia King Piccola sudah sangat tua, tetapi ia berhasil kembali ke bentuk mudanya dan dia memiliki ambisa yang gila untuk membunuh Shenron si naga abadi.

King Piccolo mampu menciptakan mutan yang cukup kuat untuk bertarung melawan para petarung Z. Selain itu, karakter ini juga bertanggung jawab atas kematian Krillin, Chiaotzu, Master Roshi, dan Master Mutaito yang merupakan guru legendaris Master Roshi. Oleh sebab itulah, King Piccolo dapat dikatakan sebagai musuh besar pertama yang mengobarkan peperangan di bumi dan membunuh beberapa karakter penting.

Baca juga: 15 Kapten Shinigami Terbaik dalam Cerita Bleach

4. Broly

Bagi para penggemar Dragon Ball, Broly mungkin dianggap kontroversial karena banyak yang menganggap karakater ini overrated dan memiliki kekuatan yang gila. Karakteristiknya yang sangat khas adalah sosoknya sebagai Super Saiyan jahat dan kebiasaannya yang suka meneriakkan Kakarot. Di satu sisi, dia juga mirip dengan Vegeta. Namun, Broly lebih ganas dan brutal dalam cerita Dragon Ball.

Broly memiliki energy yang besar dan dia mampu mengalahkan para petarung Z dalam satu waktu sendirian. Karena kepopulerannya, Broly adalah satu-satunya villain yang muncul dalam tiga film Dragon Ball. Meskipun film Bio-Broly bisa dikatakan lumayan jelek, hal itu tidak membuat karakter ini terlihat buruk. Oleh sebab itulah, Super Saiyan Legendaris yang satu ini pantas menduduki posisi ini sebagai villain terbaik dalam cerita Dragon Ball.

3. Imperfect Cell

Cell mungkin cukup mirik dengan Buu karena Cell memiliki berbagai bentuk yang berbeda dan karakteristik yang berbeda pula. Perfect Cell mungkin memang keren dan terlihat sangat tangguh, tetapi Imperfect Cell dianggap sebagai musuh dengan penampilan paling creepy dalam cerita Dragon Ball.

Imperfect Cell adalah bentuk Cell yang mirip serangga dan terlihat menyeramkan. Hal ini berbeda dengan Perfect Cell yang lebih mirip dengan karakteristik manusia. Terlepas dari penampilannya yang seperti itu, Imperfect Cell memiliki kepribadia seperti halnya predator. Dia sering berkata kepada targetnya bahwa sebuah kehormatan bagi orang-orang yang dia serap untuk mencapai kesempurnaannya.

Selain itu, Imperfect Cell juga sangat menikmati saat membunuh targetnya dan hal itu membuat jijik musuh lain, seperti Android 17 dan 18. Meskipun Imperfect Cell muncul dalam waktu yang cukup singkat, dia meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi para fans.

2. Vegeta

Villain pertama yang membuat fans menyukai seri Dragon Ball Z bukanlah Raditz, saudara Goku, dan juga bukan Nappa si botak brutal, tetapi Vegeta sang pangeran Saiya. Pertarungan perdananya melawan Goku adalah salah satu pertarungan yang paling tak terlupakan dalam cerita Dragon Ball. Pertarungan itu pun menciptakan rivalitas yang sangat epic antara Goku dan Vegeta. Selain itu, Goku juga sangat senang karena Vegeta pun akhirnya memilih melawan kejahatan karena sisi baiknya.

Awalnya, Vegeta tidak dianggap sebagai pahlawan sampai dia diharapkan hidup kembali setelah dia tewas di Namek. Terlepas dari hal itu, konfliknya saat bertarung melawan pasukan Frieza membuat dia berada di garis abu-abu antara musuh atau kawan. Orang-orang yang dia lawan memang lebih jahat dari dia di masa lalu, tetapi Vegeta juga sangat kejam dan brutal saat mengalahkan lawan-lawannya.

Seluruh waktunya saat masih berada di Namek membuat sosok Vegeta sangat menarik dibandingkan villain yang lain karena dia terlihat seperti tentara bayaran yang rela melawan siapapun atau bekerja dengan siapapun yang siap membantunya. Namun, pada akhirnya Vegeta hanya setia dengan dirinya sendiri.

1. Frieza

Musuh terbaik dalam cerita Dragon Ball, tidak lain dan tidak bukan, adalah Frieza yang sangat ikonik dalam cerita buatan Akira Toriyama ini. Frieza merupakan karakter yang paling berbahaya di alam semesta. Hampir semua karakter pernah mengalami pertarungan besar dengan dia. Nggak hanya itu, Frieza juga pernah membunuh karakter, seperti Krillin dan Vegeta. Saat pertarungannya melawan Goku dimulai, pertarungan itu berlangsung sangat lama di anime.

Peran Frieza dalam anime ini nggak hanya tentang menjadi musuh terkuat saja, tetapi dia juga merupakan musuh yang mampu mendorong Goku untuk berubah menjadi Super Saiyan. Selain itu, pengembangan karakter Frieza juga sangat menarik dibandingkan dengan musuh Goku yang lain. Latar belakang Frieza dan keluarganya dijelaskan dalam berbagai seri. Selain itu, dia juga terus hadir dalam seri GT, Super, dan di film-film Dragon Ball. Berdasarkan kriteria-kriteria itulah, Frieza sangat pantas menduduki nomer satu sebagai musuh terbaik dan paling ikonikn dalam cerita Dragon Ball.

Baca juga: Mengenal Penyihir Tingkat Arcane - Black Clover

1 Response to "15 Villain yang Terbaik dalam Cerita Dragon Ball"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel