15 Alkemis Terkuat dalam Anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Salah satu hal yang sangat menarik dari cerita anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood adalah ada banyak alkemis atau karakter yang memiliki kemampuan alkimia hebat. Para karakter ini menggunakan kemampuan alkimia dengan berbagai macam tujuan, khususnya dalam pertarungan.

Buat kita yang hobi nonton anime ini,  kita pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok alkemis yang mampu mengeluarkan berbagai macam teknik dan kekuatan sesuai ciri khas mereka. Nah, kali ini MogiMogy akan mengulas 15 alkemis terkuat yang muncul dalam cerita Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Yuk, kita langsung ulas aja sebagai berikut!

15. Shou Tucker

Shou Tucker adalah salah satu karakter yang paling banyak dibenci oleh penggemar. Dia melakukan perbuatan keji dengan menggabungkan putrinya yang bernama Nina dan anjing mereka Alexander menjadi makhluk chimera. Hal itu dia lakukan untuk menjaga lisensi alkimia yang telah dia peroleh dari negara dan membuat Pemimpin Pusat terkesan.

Shou dikenal sebagai the sewing-life alchemist yang mampu memahami cara menggunakan alkimia pada makhluk hidup dan menciptakan chimera. Dia memang tidak selevel dengan Tim Marcoh, tetapi dia dulu mendapatkan arloji saku alkemis karena suatu alasan.

14. Giolio Comanche

Alkemis yang satu ini hanya muncul sekilas karena dia tewas dalam pertarungan di awal cerita. Orang tua mungil ini berpenampilan rapi dan memiliki gelar silver alchemist karena kecenderungannya untuk menciptakan senjata besi dari hampir semua bahan.

Tangannya ditutupi oleh semua jenis tato alkimia untuk pekerjaannya. Selain itu, dia bisa membuat senjata dan berputar-putar seperti helicopter yang mampu menggiris musuh-musuhnya. Namun, teknik itu tidak bekerja dengan baik saat dia berhadapan dengan Scar.

13. Basque Grand

Alkemis terkuat berikutnya adalah Basque Grand yang juga bekerja untuk negara. Ia dikenal sebagai iron blood alchemist karena keahliannya dalam mengubah batu dan mineral menjadi meriam yang dapat menembakkan proyektil, seperti halnya meriam pada umumnya.

Keterampilan bertarung Basque Grand cukup lumayan. Jika perlu, dia mampu membuat rantai dan penjara kotak besi  yang bisa menjebak lawan. Namun, karena kecerobohannya sendiri dan mengira dia akan menang, Basque pun dikalahkan dengan mudah oleh Scar.

12. Isaac McDougal

Selanjutnya, ada Isaac McDougal yang dikenal sebagai freezing alchemist. Karakter ini hanya muncul dalam anime yang tayang pada tahun 2009 dan aksinya hanya diperlihatkan pada episode pertama saja. Meskipun demikian, Isaac mampu membuat kesan yang keren dengan kemampuan alkimianya yang fleksibel.

Isaac dapat membekukan seluruh air yang ada di area sekitar dan dia juga cukup cerdik dengan membuat lingkaran transmutasi di Central City. Dengan cara itu, Isaac berniat untuk melakukan ritual alkimia dalam skala besar. Untungnya, aski Isaac dapat dihentikan oleh Roy Mustang dan alkemis lain, seperti Alex dan Edward.

11. May Chang

May Chang adalah alkemis yang cukup menonjol dalam cerita FMA: Brotherhood. Berbeda dengan alkemis lain, May Chang berasal dari wilayah timur dan dia mempraktikkan Alkahestry, sebuah bentuk alkimia yang diceritakan hampir punah pada masanya.

Tidak seperti alkimia, Alkahestry bekerja dengan cara menarik energi dari Bumi, bukan dari kehidupan. Kekuatan May bisa dikatakan lebih murni. Selain itu, kemampuan Alkahestry juga lebih baik untuk sisi medis. Meskipun demikian, kemampuan ini masih kalah dengan alkimia barat apabila digunakan dalam pertempuran.

Baca juga: 10 Karakter InuYasha yang Paling Kuat

10. Alphonse Elric

Alkemis berbakat berikutnya adalah Alphonse Elric yang merupakan salah satu protagonist utama dalam cerita ini. Buat kita yang suka dengan anime ini, kita pasti sering melihat kemampuan Alphonse dalam pertarungan berkali-kali, khususnya saat melawan musuh yang cukup menakutkan. Tak dapat disangkal bahwa Alphonse sangat kuat dan kekuatannya pun meningkat seiring berjalannya seri.

Berbeda dengan Edward yang sangat berbakat di bidang alkimia sejak muda, Alphonse cukup tertinggal di belakang dan nggak banyak karakter yang memuji kemampuan alkimianya. Al dapat menggunakan teknik alkimia tanpa perlu lingkaran transmutasi dan dia sudah seringkali menyelamatkan orang-orang dengan kekuatannya.

9. Soft J. Kimblee

Kimblee adalah salah satu alkemis berbahaya yang kekuatannya patut diperhitungkan, khususnya kehancuran yang dia sebabkan pada saat perang di Ishval. Satu hal yang menjadi catatan penting adalah kekuatan Kimblee tidak murni dari dirinya, tetapi berkat batu bertuah yang dia bawa.

Kimblee dikenal sebagai crimson lotus alchemist berkat kemampuannya dalam meledakkan segala sesuatu. Selain itu, Kimblee juga memiliki sifat yang cenderung sadis dan cukup menjadi masalah tersendiri bagi Elric bersaudara. Dalam cerita, dia bekerja sebagai agek spesial yang berada di bawah perintah langsung King Bradley.

8. Alex Louis Armstrong

Selanjutnya, ada alkemis negara yang bernama Alex Louis Armstrong. Dia memiliki perawakan yang besar dan penuh otot, tetapi dia juga memiliki sisi lembut, khususnya saat dia bertemu dengan Elric bersaudara. Alex adalah alkemis yang sangat kuat dan dia mengkombinasikan kekuatan fisiknya yang luar biasa dengan kemampuan alkimianya yang hebat.

Kemampuan Alex terbukti mampu menumbangkan salah satu Homunculus yang bernama Sloth. Dengan teknik alkimia tersebut, Alex mampu memanipulasi tanah dan membentuknya sesuka hatinya. Sebagai contoh, Alex mampu menciptakan semacam duri atau serangan lain dari tanah dan menciptakan dinding pertahanan.

7. Edward Elric

Edward Elric adalah alkemis berbakat terlepas dari usianya yang sangat muda. Dia merupakan protagonist utama dalam cerita ini. Meskipun Ed masih kecil, Ed mampu melakukan sesuatu yang di luar logika dan melakukan eskperimen transmutasi manusia yang illegal. Eksperimen itu membuat Ed kehilangan lengan kanannya dan Al kehilangan tubuhnya. Namun, Ed mampu menghubungkan jiwa adiknya ke dalam sebuah baju zirah.

Meskipun Ed tidak selalu memenangkan pertempuran melawan musuh yang lebih kuat dirinya, Ed terbukti mampu menunjukkan dirinya sebagai alkemis berbakat dengan keahlian yang tidak dimiliki alkemis lain. Ed mampu menggunakan alkimia tanpa perlu membuat lingkaran transmutasi. Selain itu, dia juga salah satu orang yang mampu selamat saat bertarung melawan Kimblee, Scar, da Homunculus.

6. Scar

Scar adalah salah satu musuh utama dalam cerita FMA: Brotherhood dan termasuk karakter yang pertama kali diperkenalkan dalam cerita. Ia bertarung dengan niat membalas dendam terhadap seluruh alkemis negara akibat perang Ishval yang menghancurkan kampong halamannya. Hal itu menjadikan Scar sebagai masalah sekaligus ancaman berbahaya bagi tentara Amestrian.

Setelah melewati peperangan demi membela Ishval, Scar pun memiliki kemampuan bertarung yang hebat. Dia juga selalu menyoroti kelemahan-kelemaha lawannya dan terobsesi menjadi yang terkuat. Dia memiliki tato Transmutasi Array di lengan kanannya yang membuat dia mampu menghancurkan apapun yang disentuhnya. Hal itu membuat Scar menjadi musuh yang cukup menakutkan untuk dilawan.

Baca juga: Profil dan Kekuatan Night Raid dalam Cerita Akame ga Kill

5. Izumi Curtis

Selanjutnya, ada Izumi Curtis yang merupakan sosok mentor sekaligus guru yang mengajari Edward dan Alphonse mengenai alkimia. Di masa lalu, Izumi termasuk karakter yang tangguh dan kekuatannya harus diwaspadai. Sayangnya, Izumi mengalami insiden mengenaskan saat ia mencoba mentransmutasi manusia. Kejadian itu membuat dia terluka parah dan sebagian besar organ dalamnya hancur.

Izumi juga merupakan karakter yang mampu menggunakan alkimia tanpa perlu lingkaran transmutasi, sama seperti Ed dan AL. Selain itu, kemampuan Izumi menjadi lebih menakutkan karena dia sangat ahli dalam seni bela diri dan ia pun memiliki kemampuan fisik yang lebih unggul dibandingkan karakter lain.

4. Roy Mustang

Roy Mustang adalah lawan yang sangat tangguh dalam pertempuran karena kekuatan alkimianya yang sangat hebat dalam mengendalikan api. Dalam cerita FMA: Brotherhood, alkimia api sangatlah jarang ditemui dan kemampuan itu termasuk salah satu tipe alkimia yang paling destruktif.

Mustang membuktikan dirinya layak menggunakan kemampuan alkimia api di sepanjang cerita. Dia menggunakan apinya untuk menghancurkan musuh kuat, seperti Lust yang sangat ikonik dan membuat fans mengagumi kolonel yang satu ini. Namun, konfrontasi melawan Lust itu membuat Mustang mendapatkan bekas luka berbentuk lingkaran transmutasi di tangannya.

3. Tim Marcoh

Meskipun karakter ini bukanlah petarung yang kuat, Dr. Tim Marcoh adalah seorang alkemis yang sangat ahli dan pengetahuannya mengungguli karakter lain. Dia memilih mengasingkan diri hingga sosok Father menyeretnya kembali ke Central. Tim Marcoh merupakan salah satu orang yang berhasil mengembangkan batu bertuah, meskipun dia sendiri tidak bangga dengan penemuan tersebut.

Batu bertuah itu diciptakan dari manusia yang hidup. Hanya alkemis hebatlah yang mampu mengembangkan itu. Namun, Tim Marcoh memiliki symbol alkimia yang kompleks sebagai efek dari batu bertuah. Saat ia berkontak langsung dengan Homunculus, dia dapat mendekonstruksi batu yang berada di dalam Homunculus dengan sekali sentuhan. Hanya sedikit orang yang mampu melakukan itu.

2. Van Hohenheim

Van Hohenheim adalah ayah dari Ed dan Al, tetapi karakter ini awalnya sangat misterius. Ia seringkali menghilang dan pergi keluar pada saat Ed dan Al masih kecil dan masih dalam masa pertumbuhan. Hal itu membuat kakak beradik itu sedikit membenci ayahnya. Namun, alasan Hohenheim menghilang cukup rasional karena Hohenheim sejatinya ingin menghentikan rencana Father.

Hohenheim pada aslinya lebih tua dan jauh lebih kuat dari yang dibayangkan. Nggak hanya itu, dia secara tidak sengaja juga pernah menjadi batu bertuah. Dengan kekuatannya, Hohenheim dapat melakukan alkimia tanpa lingkaran transmutasi dan dia juga bisa mengatasi hukum Equivalent Exchange yang seharusnya tidak bisa dilakukan oleh mayoritas alkemis. Selain itu, Hohenheim juga abadi dan memiliki kemampuan regenerative sehingga sangat sulit melukainya dalam pertempuran.

1. Father

Karakter yang satu ini adalah musuh utama sekaligus terkuat dalam cerita Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Sejujurnya, yang membuat Father sangat kuat adalah fakta bahwa dia merupakan Homunculus asli dan batu bertuah yang asli. Hal itu membuat Father dianggap sebagai alkemis terkuat. Selain mengendalikan seluruh Homunculus dengan kekuatannya, Father juga mampu mencegah alkemis lain menggunakan kemampuannya.

Bisa dibayangkan, kemampuan Father yang itu membuat dia menjadi lawan yang hampir mustahil untuk dikalahkan. Kemampuan itu juga menjelaskan bahwa Father hampir berhasil menuntaskan pencariannya terhadap kekuatan tertinggi. Apabila semua alkemis tidak menyatukan kekuatan mereka, mungkin Father tidak akan bisa dikalahkan.

Baca juga: 10 Karakter Terkuat dalam Anime Hunter x Hunter

Previous Post Next Post

Contact Form