10 Rekomendasi Game Crash Bandicoot yang Paling Keren Sepanjang Masa


Crash Bandicoot merupakan game buatan Naughty Dog yang sangat populer pada masanya, khususnya bagi penggemar PlayStation 1. Seiring berjalannya waktu, game ini telah berkembang dan dikembangkan oleh beberapa developer baru selain Naughty Dog.


Karena game ini sangat menarik untuk dimainkan, pada kesempatan kali ini MogiMogy ingin membahas daftar game Crash Bandicoot yang terbaik dan paling keren sepanjang masa. Penasaran? Yuk, kita langsung bahas aja!


10. Crash Bandicoot: Wrath of Cortex (2001)



Wrath of Cortex merupakan salah satu tanda bahwa game Crash Bandicoot pernah melewati masa-masa suram. Game ini seolah-olah adalah game Crash Bandicoot pertama yang dirilis pada generasi baru setelah era PlayStation yang pertama berakhir. Selain itu, game ini adalah game pertama yang tidak dikembangkan oleh Naughty Dog.


Game ini banyak menyuguhkan keseruan dan mengusung konsep yang pernah ada sebelumnya, seperti kemampuan Crash untuk menghancurkan kotak-kotak yang ada di sepanjang game. Namun, ada kritik yang menyampaikan bahwa game ini terlalu mirip dengan Warped dan desain dari game ini cukup mengecewakan dibandingkan game Crash Bandicoot sebelumnya.


9. Crash Bandicoot: Mind Over Mutant (2008)



Sebagai bagian dari sekuel Crash of The Titans, game yang satu ini masih mengusung cara permainan yang hampir mirip, yaitu Crash mampu mengontrol berbagai titan yang punya kekuatan telekinesis atau memperlambat waktu. Game ini bisa dikatakan sebagai game terakhir yang dimainkan fans selama kurun waktu 12 tahun hingga rilisnya game terbaru Crash Bandicoot 4 di tahun 2020.


Dibandingkan dengan sekuel yang pertama, game ini masih jauh lebih baik. Namun, tetap saja ada kritik terkait game ini, seperti teknik kamera yang repetitif dan kurang nyaman. Selain itu, grafis dari game ini agak aneh karena terdiri dari campuran berbagai aspek animasi.


8. Crash Bandicoot 2: N-Tranced (2003)



Game yang satu ini cukup menyita perhatian karena N-Tranced adalah game Crash pertama yang dirilis untuk konsol genggam. Game ini menghadirkan sosok antagonis baru yang bernama N-Tranced. Meskipun tidak selucu dan semenarik pendahulunya, game ini sangat keren saat dimainkan di Game Boy Advance.


Yang paling menarik adalah N-Tranced menyajikan tantangan permainan hingga lebih dari 30 level. Salah satu lebel yang menyenangkan adalah level yang mengharuskan Crash untuk melewati rintangan saat berada di bola hamster.


7. Crash Nitro Cart (2007)



Crash Nitro Cart adalah game balapan kart kedua setelah game Crash Team Racing. Meskipun tidak sepopuler game balapan yang pertama, game yang satu ini masih seru dan menarik untuk dimainkan dengan rute balapan yang lebih baru dan menantang.


Versi konsol dari game ini sempat dikritik karena kualitas frame dari game ini tampak menurun dibandingkan game lain dan sorot kamera yang terlalu dekat. Namun, versi Game Boy Advance dari game ini lebih dinikmati oleh para penggemar. Kebanyakan track atau rute balapan dalam game ini pun sempat digunakan kembali dalam versi remake Crash Team Racing yang dirilis tahun 2018.


6. Crash Bandicoot: The Huge Adventure (2002)



Game ini termasuk salah satu game terbaik Crash Bandicoot yang dirilis untuk Game Boy Advance. Selain itu, game ini adalah game pertama yang tidak dirilis untuk PlayStation. Yang menarik, game ini menyajikan petunjuk tentang keseluruhan multiverse dalam dunia Crash Bandicoot.


Game ini menyuguhkan timeline alternatif setelah cerita Warped. Dari segi tampilan dan desain, game ini kurang lebih mirip dengan game trilogi Crash Bandicoot. Hanya saja, kualitas dari game ini diturunkan menjadi 2D agar sesuai dengan konsol genggam. Hal itu cukup disayangkan oleh para penggemar.


5. Crash Bandicoot (1996)



Sebagai permulaan dari game Crash Bandicoot, game yang satu ini sangatlah ikonik dan meninggalkan kesan yang spesial bagi para fans. Kehadiran dari game ini mampu mendongkrak popularitas PlayStation. Meskipun sangat populer, game ini bukanlah game terbaik Crash.


Ada beberapa kritik tentang game ini, seperti kontrol pemain yang terbatas jika dibandingkan game lain. Terlepas dari hal itu, ada banyak aspek dari game yang sangat menyenangkan, mulai dari pesona hutan Aztec, bos-bos yang lucu dan kreatif, hingga konsep tiga dunia yang berbeda. Karena klasik dan unik, game ini bahkan menjadi bahan rujukan dari Uncharted 4.


4. Crash Bandicoot 4: It's About Time (2020)



Game ini adalah sebuah gebrakan menarik yang dilakukan oleh pengembang baru bernama Toys For Bob. Meskipun ada banyak referensi atau momen lucu yang bisa digunakan, game ini justru mengabaikan hal itu dan menyuguhkan konsep yang lebih seru dan menarik bagi para fans.


Yang paling menarik dari game ini adalah game ini menyajikan tentang dunia multiverse. Crash dalam game ini harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain hingga mencapai kastil Cortex. Ada empat topeng tambahan yang memberi Crash kekuatan untuk menolak gravitasi dan melambatkan waktu. Kritik utama dari game ini adalah cara kerja permainan yang sangat sulit mengingat game ini ditujukan bagk anak-anak.


3. Crash Team Racing (1999)



Setelah sukses dengan trilogi game Crash Bandicot, Naughty Dog mengembangkan game dengan konsep baru yang sempat booming pada masanya, yaitu game balapan kart CTR alias Crash Team Racing. Meskipun balapan kart ini bukanlah game balapan terbaik, CTR sangat seru untuk dimainkan, apalagi versi remake dari game ini yang dirilis pada 2018.


Dalam versi original game ini, ada 16 track yang masih berkaitan dengan latar game trilogi sebelumnya. Selain itu, pemain bisa memilih beberapa karakter yang muncul dalam game sebelumnya. Yang membuat seru balapan ini adalah banyaknya senjata yang bisa dimanfaatkan untuk menyerang lawan sambil balapan.


2. Crash Bandicoot 2: Cortex Strikes Back (1997)



Cortex Strikes Back adalah sekuel kedua dari trilogi game Crash Bandicoot yang jauh lebih sukses dari sekuel pertama. Ada banyak pengembangan dalam game ini yang membuat alur permainan jadi lebih seru dan menantang, khususnya kemampuan serangan Crash yang lebih baru dan variatif, seperti kemampuan double jump dan teknik sleding lawan.


Berbeda dengan game pertama, pemain pada game ini bisa memilih level yang ingin dimainkan terlebih dahulu ketika berada di Warp Room. Pemain akan naik ke stage berikutnya setelah pemain menyelesaikan lima level. Yang jelas, game ini lebih kreatif dan menarik untuk dimainkan.


1. Crash Bandicoot 3: Warped (1998)



Warped alias sekual ketiga sekaligus penutup dari trilogi game Crash Bandicoot adalah game Crash yang terbaik dan paling keren. Game ini kembali mengusung konsep Warp Room dengan pilihan level permainan yang lebih kompleks dan mengusung konsep perjalanan waktu yang menarik.


Sebagai contoh, kita di sini bisa memilih level permainan yang berlatar di masa purba, masa abad pertengahan, masa pembangunan tembok raksasa China, hingga masa depan berteknologi canggih. Di setiap masa, selalu ada rintangan berbeda-beda yang harus dilewati oleh Crash.


Selain itu, ada cerita menarik tentang sosok Uka Uka yang sempat menjadi musuh Crash. Satu-satunya hal yang cukup bikin frustasi dalam game ini adalah tingkat kesulitan game yang tinggi, khususnya pada level balapan motor dan tembak menembak di udara.

0 Response to "10 Rekomendasi Game Crash Bandicoot yang Paling Keren Sepanjang Masa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel