10 Musuh yang Paling Tangguh dalam Cerita Film Ip Man


Ip Man merupakan salah satu film bela diri asal China yang sangat populer di seluruh dunia. Film yang terdiri dari beberapa sekuel ini bercerita tentang kisah hidup ahli Wing Chun legendaris bernama Ip Man yang diperankan oleh Donnie Yen.


Di sepanjang seri film, Ip Man bertemu dengan musuh atau ahli bela diri hebat dari berbagai latar belakang dan menyajikan pertarungan yang sangat menarik dengan bela diri Wing Chun yang sangat dia kuasai.


Nah, pada tulisan kali ini MogiMogy ingin membahas daftar musuh Ip Man yang paling tangguh. Siapa sajakah mereka? Yuk, langsung kita bahas aja!

 

10. Colin Frater



Colin Frater (Chris Collins) merupakan seorang instruktur karakter dari Marine Corps. Dia memiliki skill bela diri hebat dan terbukti mampu mengalahkan beberapa instruktur bela diri. Namun, dia bukanlah lawan yang berat bagi Ip Man.


Frater sangat kewalahan saat bertarung melawan Ip Man, padahal Ip saat itu dia diceritakan mengidap kanker tenggorokan di awal cerita film Ip Man 4. Meskipun tidak dalam kondisi prima, Ip Man mampu mengalahkan Frater tanpa kesulitan,


9. Suchart



Suchart (Simon Kuke) merupakan salah satu karakter minor dalam cerita Ip Man 3. Meskipun karakternya kurang begitu penting, Suchart sempat menampilkan aksi pertarungan yang sangat menarik melawan Ip Man saat berada di dalam lift.


Suchart memiliki keahlian Muay Thai yang sangat mematikan. Namun, dia mengalami kesulitan saat bertarung melawan Ip Man di ruang yang sangat sempit. Dengan teknik Wing Chun, Ip Man bisa mengalahkan Suchart dengan mudah.


8. Wan Zhong-Hua 



Grandmaster Wan Zhong-Hua (Wu Yue) adalah musuh pertama yang harus dihadapi oleh Ip Man dalam film Ip Man 4. Zhong-Hua dan Ip Man menyajikan pertarungan yang sangat mengesankan antara master Tai-Chi dengan master Wing Chun.


Keduanya saling mengeluarkan teknik terbaik mereka selama berduel. Selain itu, keduanya menunjukkan kesabaran sekaligus kewaspadaan mereka sebelum menyerang satu sama lain. Yang jelas, koreografi dalam adegan pertarungan ini sangat keren dan wow banget.


Baca juga: 10 Musuh yang Paling Menarik dalam Cerita Fast & Furious


7. Jin Shan Zhao



Jin Shan Zhao (Louis Fan) adalah ahli kungfu dari utara yang sangat tangguh sekaligus musuh awal dalam film pertama Ip Man. Keahlian bela dirinya dapat mengalahkan petarung Nanquan yang paling tangguh di Foshan hingga membuat dia sombong dengan kemenangannya.


Namun, kekuatan Zhao tidak ada apa-apanya di hadapan Ip Man yang lebih hebat darinya. Gaya bertarung Zhao memang sangat agresif dan kemampuan akrobatnya sangat mengesankan. Namun, dia pada akhirnya takluk di hadapan bela diri Wing Chun milik Ip Man.


6. Jenderal Miura 



Jenderal Miura (Hiroyuki Ikeuchi) merupakan musuh final Ip dalam cerita film Ip Man. Dia adalah pemimpin militer Jepang yang menjajah China sekaligus ahli karate yang sangat tangguh. Aksi kekejaman tentara Jepang sempat membuat Ip Man marah besar.


Ip Man mendapat tantangan untuk bertanding satu lawan satu di arena melawan Miura. Dia yang sangat emosi pun mendaratkan pukulan yang bertubi-tubi hingga membuat Miura tak berdaya. Yang jelas, pertarungan mereka sangatlah emosional untuk ditonton.


5. Barton Geddes



Barton Geddes (Scott Adkins) adalah seorang sersan dari pasukan angkatan laut Amerika. Dia merupakan musuh final Ip dalam cerita Ip Man 4. Geddes sangatlah tangguh karena dia mampu mengalahkan Zhong-Hua yang sama kuatnya dengan Ip Man. 


Dalam pertarungan ini, Ip Man memang kurang diuntungkan karena fisiknya yang mulai menua dan mengidap kanker tenggorokan. Pertarungan keduanya sangat seru dan menegangkan. Geddes dan Ip Man saling beradu teknok Karate dan Wing Chun di hadapan pasukan milter.


Baca juga: Daftar Lengkap Film Rush Hour Beserta Alur Ceritanya


4. Hung Chun-Nam 



Pertarungan antara Ip Man melawan Hung Chun-Nam (Sammo Hung) di atas meja berputar merupakan salah satu momen ikonik dalam film Ip Man 2. Setelah pindah ke Hong Kong, Ip telah bertarung dengan para master bela diri di negara itu, termasuk Chun-Nam.


Chun-Nam adalah master dari bela diri Hung Ga yang kekuatannya hampir setara dengan Ip Man. Sayangnya, Chun-Nam menderita penyakit asma hingga menyebabkan dia meninggal saat melawan Taylor Miller. Meski begitu, Chun-Nam meninggalkan kesan yang menarik dalam film kedua Ip Man.


3. Taylor Milos "The Twister" 



Taylor Milos (Darren Shahlavi) adalah musuh utama yang harus dihadapi oleh Ip Man dalam film kedua. Petinju ini dikenal dengan julukan The Twister dan memilik sifat arogan sekaligus rasis. Dia sempat membuat Ip Man kerepotan saat beradu tinju di ring.


Dalam pertarungan final mereka, Ip Man sempat tidak diuntungkan karena dia tidak boleh menggunakan kakinya dalam bertarung. Selain itu, Taylor memiliki tubuh yang lebih besar dari Ip Man. Namun, hal itu bukan masalah besar karena Ip Man tetap membuktikan kehebatannya dalam bela diri dan mengalahkan petinju sombong ini.


2. Frank



Frank (Mike Tyson) merupakan seorang pengembang proyek dari Amerika yang sempat membuat masalah dalam film Ip Man 3. Selain itu, Frank adalah petinju kelas berat yang berbadan tinggi dan mempunyai pukulan kuat.


Ip Man sempat berhadapan dengan Frank dalam pertarungan yang sangat singkat. Frank memberikan tawaran kepada Ip Man. Apabila Ip Man mampu bertahan selama tiga menit melawan Frank, Ip Man akan dibiarkan lolos dan Frank tidak akan mencampuri urusannya lagi.


Ip Man menyetujui syarat itu. Namun, pertarungan ini tidaklah mudah karena Frank mempunyai power yang besar. Meskipun demikian, Ip Man berhasil bertahan selama tiga menit dan dia sempat memberikan serangan kepada Frank.


1. Cheung Tin-Chi



Musuh Ip Man yang paling tangguh di sepanjang seri film adalah Cheung Tin-Chi (Zhang Jin) yang menguasai seni bela diri Wing Chun, seperti Ip Man. Mereka berdua sempat beradu skill untuk menunjukkan kehebatan bela diri mereka sekaligus menentukan gelar grandmaster Wing Chun.


Selain itu, Cheung termasuk lawan yang sangat tangguh bagi Ip Man. Pertarungan antara dua ahli Wing Chun ini sangat keren dan menegangkan. Mereka saling adu pukul, adu tendangan, hingga adu senjata. Adegan pertarungan mereka memiliki koreografi yang sangat epik dan sat set hingga membuat penonton terpukau.


Baca juga: 10 Karakter yang Paling Menarik dalam Film John Wick

0 Response to "10 Musuh yang Paling Tangguh dalam Cerita Film Ip Man"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel