Jenis-Jenis Zord yang Muncul dalam Cerita Power Rangers


Buat kalian penggemar cerita Power Rangers, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan mecha raksasa yang biasa disebut Zord. Apakah kalian tahu kalau Zord-Zord itu terbagi ke dalam klasifikasi sesuai karakteristiknya masing-masing?

Pada tulisan kali ini, MogiMogy telah merangkum jenis-jenis Zord yang muncul dalam cerita Power Rangers sesuai dengan informasi yang tertera pada RangerWiki. Cek informasi selengkapnya berikut ini!

1. Zord (a)

Zord (a) bisa dibilang sebagai Zord utama yang digunakan oleh para Ranger. Zord tersebut selalu muncul pertama kali dalam cerita. Bentuknya pun sangat beraneka ragam. Yang paling umum adalah hewan dan kendaraan. 

Selain itu, Zord tersebut bisa digabungkan secara bersama-sama untuk membentuk sebuah Megazord. Contohnya adalah Galactabeasts, Time Flyers, Wildzords, Dinozords, Ninjazords, dan sejenisnya. 

2. Zord (b)


Berbeda dengan tipe sebelumnya, Zord (b) merupakan Zord yang bersifat eksklusif dan dimiliki oleh Sixth Ranger. Zord tersebut biasanya mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan Zord normal pada umumnya.

Bukan hanya itu saja, Zord (b) bisa bertransformasi ke bentuk Megazord tanpa perlu melakukan penggabungan dengan Zord lain. Contohnya adalah Dragonzord dan White Tigerzord milik Tommy Oliver atau Torozord milik Magna Defender.

3. Auxilliary Zord

Sesuai namanya, Auxilliary Zord adalah Zord tambahan yang berada di luar formasi Zord utama. Zord tersebut bisa bergabung ke dalam formasi utama untuk membentuk senjata atau gaya bertarung yang baru.

Kita bisa mengambil contoh beberapa Zord tambahan yang muncul dalam cerita Power Rangers Ninja Steel, yaitu Rumble Task Zord dan Astro Zord. Kedua Zord tersebut sangatlah menarik dan bisa memperkuat daya tempur Megazord milik Ranger.

4. Carrierzord

Carrierzord mengacu pada Zord-Zord yang mempunyai kapasitas untuk membawa atau menampung Zord lain. Karena itulah, Carrierzord biasanya mempunyai ukuran yang sangat besar melebihi Zord biasa.

Ada beberapa contoh menarik dari Carrierzord yang muncul dalam cerita Power Rangers, yaitu Pyramidas dari Power Rangers Zeo, Artillatron dari Power Rangers Turbo, dan Brachiozord dari Power Rangers Dino Thunder.

Baca juga: 15 Ranger Hitam yang Paling Keren dalam Cerita Power Rangers

5. Battlezord

Battlezord merupakan sebuah Zord yang berukuran besar dan biasanya berbentuk humanoid. Dalam hal bentuk, Battlezord sekilas memang sangat mirip dengan sebuah Megazord karena Battlezord mempunyai kokpit yang ditujukan pilot.

Contoh Battlezord yang paling jelas adalah Red Battlezord yang dikendalikan oleh Tommy dalam cerita Power Rangers Zeo. Uniknya, musuh terkadang juga merancang Battlezord mereka untuk menghancurkan Ranger, seperti Dooomtron milik Frax dalam cerita Time Force.

6. Megazord (a)

Megazord (a) bisa dibilang sebagai formasi dasar Megazord yang paling umum dalam cerita Power Rangers. Megazord tipe tersebut tercipta dari beberapa Zord sekaligus hingga membentuk robot humanoid berukuran raksasa.

Dalam hal kemampuan, Megazord (a) biasanya hanya mampu menandingi monster-monster lemah yang muncul di awal cerita. Beberapa contoh dari Megazord (a) adalah Dino Megazord, Turbo Megazord, Zeo Megazord, Lightspeed Megazord, dan masih banyak lagi.

7. Megazord (b)

Berbeda dengan tipe (a), Megazord (b) menggunakan formasi yang lebih kompleks dan melibatkan beberapa Zord, seperti Zord utama, Auxillary Zord, dan bisa juga Battlezord

Karena itulah, kekuatan Megazord (b) jauh lebih kuat dibandingkan Megazord (a). Contohnya adalah Centaurus Wolf Megazord, Lightspeed Solarzord, Zeo Megabattlezord, Claw Battlezord, dan sejenisnya.

8. Megazord (c)

Megazord (c) merupakan sebutan untuk Megazord yang tercipta dari sebuah Zord atau mesin tempur raksasa. Megazord tersebut terkadang juga dikendalikan lewat remote control, contohnya adalah Delta Megazord dalam cerita In Space dan Time Shadow dalam cerita Time Force.

Dalam beberapa kasus, tipe ini sejak awal sudah berbentuk mecha humanoid tanpa perlu melakukan perubahan, seperti Transwarp Megazord. Selain itu, tipe ini sepertinya juga mengacu pada Megazord milik Sixth Ranger, contohnya adalah Solar Streak Megazord dan Rhino Warrior Mode.

Baca juga: 10 Mentor yang Paling Hebat dalam Cerita Power Rangers

9. Megazord (d)

Megazord (d) merupakan hasil penggabungan dari dua atau lebih Megazord pada saat yang bersamaan. Karena itulah, Megazord tipe ini sangatlah kuat dan seringkali memegang peran krusial dalam melawan monster-monster dengan level kekuatan yang tinggi.

Nama dari Megazord (d) biasanya juga didasarkan pada nama-nama Megazord yang ikut andil dalam penggabungan. Ada banyak contohnya yang muncul dalam cerita, seperti Rescue Turbo Megazord, Astro Delta Megazord, Shadow Force Megazord, dan Thunderstrom Megazord.

10. Ultrazord

Ultrazord bisa dikatakan sebagai bentuk ultimate Megazord yang tercipta dari keseluruhan Zord yang dimiliki oleh Ranger. Bukan hanya ukurannya saja yang fantastis, kekuatannya pun sangat overpower dan destruktif.

Ultrazord biasanya muncul saat para Ranger berhadapan dengan jenderal monster atau bos besar terkuat yang memimpin pasukan monster. Beberapa contoh Ultrazord yang paling keren adalah Dino Ultrazord, DriveMax Ultrazord, RPM Ultrazord, dan Samurai Gigazord.

11. Warzord

Berbeda dengan sebelumnya, Warzord merupakan istilah yang mengacu pada sebuah unit Zord/Megazord yang mempunyai kekuatan penghancur dan mampu membawa malapetaka di seluruh dunia. Selain itu, ukurannya pun lebih besar dari Megazord biasa.

Dalam cerita Power Rangers, ada lima mecha yang dikategorikan ke dalam kelas Warzord, yaitu Serpentera, Cyclopsis, Black Dragon, Typhonis, dan Chimera Zord.

12. Zord form

Penjelasan tentang Zord form sebenarnya cukup ambigu. Menurut sepemahaman penulis, tipe ini mengacu pada monster yang bisa bergabung bersama dan membentuk makhluk baru berukuran raksasa yang seukuran Zord.

Contohnya adalah monster bernama Vivix yang muncul dalam cerita Power Rangers Dino Charge. Dengan menggabungkan kekuatan bersama-sama, mereka bisa berubah menjadi Vivizords yang cukup menyeramkan.

Baca juga: 15 Battlizer yang Paling Keren dalam Cerita Power Rangers

Previous Post Next Post

Contact Form