Mengenal Lebih Dekat Atsushi Nakajima, MC Utama Bungo Stray Dogs


Atsushi Nakajima merupakan protagonis utama dalam cerita Bungo Stray Dogs. Dia bergabung sebagai anggota Detektif Bersenjata dan seringkali terlibat aksi pertempuran berbahaya melawan organisasi kriminal, seperti Port Mafia.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin mengajak kalian untuk mengenal lebih dekat sosok Atsushi Nakajima. Penasaran? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

Sifat dan Kepribadian

Atsushi mempunyai sifat yang baik, suka menolong, dan juga naif. Dia seringkali berbuat nekat untuk menyelamatkan orang lain tanpa memikirkan keselamatannya. Selain itu, dia mempunyai rasa setia kawan yang tinggi.

Meskipun demikian, Atsushi juga mempunyai rasa minder dan takut menerima penolakan karena dia punya pengalaman buruk di masa lalu. Lambat laun, kepercayaan dirinya pun mulai tumbuh berkat dorongan motivasi dari Dazai.

Sebagai seorang detektif, Atsushi terbilang sangat cerdas meskipun dia tidak sejenius Ranpo. Dia mampu memahami teka-teki misteri dan menemukan solusi untuk sebuah permasalahan. Dia juga sering diandalkan oleh teman-temannya.

Penampilan & Gaya Rambut yang Unik

Dari segi penampilan, Atsushi biasa mengenakan kemeja putih yang kasual dengan dasi hitam. Dia mempunyai potongan rambut yang tidak rapi dan panjang sebelah. Selain terlihat aneh, potongan rambut itu menyimpan cerita tersendiri.

Di masa lalu, Atsushi sering mengalami perundungan dari teman-temannya di panti asuhan. Mereka memotong rambut Atsushi menjadi tidak rapi. Meskipun begitu, Atsushi tetap membiarkan potongan rambutnya seperti itu.

Atsushi juga mempunyai warna mata yang cukup indah, yaitu berwarna ungu di bagian atas iris dan warna kuning di bagian bawahnya. Warna tersebut ternyata berhubungan dengan sebuah kondisi mata yang disebut segmental heterochromia.

Latar Belakang

Atsushi mempunyai masa lalu yang sangat traumatik. Dia dulu tinggal di sebuah panti asuhan beserta anak-anak yatim yang lain. Selain itu, dia seringkali disiksa dan mendapatkan perlakuan buruk dari pengurus panti.

Sebagai contoh, Atsushi ditahan di sebuah sel tahanan tanpa diberikan makanan sama sekali. Alasan di balik penahanan tersebut kemungkinan besar berkaitan dengan kekuatan harimau di dalam tubuh Atsushi yang seringkali mengamuk dan kehilangan kendali. 

Setelah berumur 18 tahun, Atsushi pun diusir dari panti asuhan tersebut hingga dia hidup luntang-luntung dari satu tempat ke tempat yang lain. Sampai akhirnya, dia sampai di Yokohama dan bertemu dengan anggota Detektif Bersenjata.

Awal Mula Bergabung dengan Detektif Bersenjata

Atsushi pertama kali ditemukan oleh Dazai dan Kunikida di dekat sungai. Mereka sedang menyelidiki insiden harimau yang meresahkan para warga. Mereka menyadari bahwa keberadaan harimau itu berhubungan erat dengan Atsushi.

Tanpa disadari olehnya, Atsushi adalah harimau yang dimaksud. Dia sempat mengamuk dan kehilangan kendali di bawah bulan purnama. Namun, dia berhasil dihentikan dengan mudah oleh kekuatan Dazai.

Dazai kemudian menawari Atsushi untuk bergabung dengan Detektif Bersenjata karena dia tahu bahwa Atsushi tidak punya tinggal. Atsushi pun menyetujui tawaran tersebut. Namun, dia tidak bisa bergabung begitu saja tanpa persetujuan ketua.

Atsushi juga harus melewati serangkaian ujian untuk membuktikan bahwa dirinya layak. Ujian tersebut berlangsung tanpa disadari oleh Atsushi. Namun, dia berhasil lolos berkat keberaniannya dalam bertindak. 

Baca juga: Mengenal Anggota Hunting Dogs dalam Cerita Bungo Stray Dogs

Mengagumi Osamu Dazai

Setelah diselamatkan oleh Dazai, Atsushi merasa sangat berhutang budi kepada Dazai. Meskipun dia suka jengkel dengan tindakan absurd Dazai, dia sangat menghormati dan mengagumi Dazai jauh di dalam lubuk hatinya.

Atsushi juga mempelajari banyak hal dari Dazai dalam beraksi. Berkat bantuan dari Dazai, Atsushi mampu menjadi lebih kuat dan lebih percaya diri dengan dirinya.

Menjalin Persaingan Sengit dengan Akutagawa

Atsushi dan Akutagawa menjalin persaingan yang sangat sengit dalam cerita. Atsushi sangat membenci Akutagawa yang suka berbuat kejahatan, sedangkan Akutagawa membenci Atsushi yang mendapat pengakuan lebih dari Dazai.

Hubungan mereka sangat mirip seperti hubungan Dazai dan Chuuya. Meskipun mereka tidak bisa akur, mereka bisa menjadi rekan yang solid saat bertarung bersama. Contohnya saat dia mengalahkan pemimpin Guild.

Kemampuan Bertarung

Kemampuan Atsushi adalah Beast Beneath the Moonlight. Kemampuan itu memungkinkan dia untuk berubah menjadi seekor harimau. Pada awalnya, dia tidak mampu mengontrol kekuatan tersebut. Dia juga tidak menyadari kalau dia adalah pengguna kemampuan.

Setelah menjadi anggota resmi Detektif Bersenjata, Atsushi pun bisa mengontrol kekuatan tersebut berkat efek All Men Are Equal milik Fukuzawa. Akan tetapi, dia biasanya bertarung dalam wujud setengah harimau.

Hubungan Asmara

Meskipun Bungo Stray Dogs lebih berfokus pada cerita detektif dan kriminal, anime tersebut juga menghadirkan bumbu romantis yang cukup kuat. Contohnya adalah kedekatannya dengan Kyouka.

Kyouka pernah diselamatkan oleh Atsushi hingga mereka menganggap Atsushi lebih dari sekadar teman. Mereka pun seringkali menghabiskan momen yang manis dan lucu ketika bersama dengan Atsushi.

Selain itu, mantan anggota Guild yang bernama Lucy juga menyukai Atsushi. Dia seringkali memperhatikan Atsushi diam-diam. Dia juga cemburu ketika dia melihat Atsushi bersama Kyouka. Namun, dia selalu gengsi untuk mengakui perasaannya.

Referensi Karakter

Di dunia nyata, Atsushi Nakajima merupakan seorang sastrawan terkenal dari Jepang di tahun 40’an. Dia mempunyai gaya tulisan yang unik dan bertemakan intropeksi diri. Tulisan-tulisannya terinspirasi dari cerita klasik China dan pengalamannya pribadi.

Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah The Moon Over the Mountain alias Tiger Poet yang menjadi inspirasi kekuatan Atsushi di Bungo Stray Dogs. (sumber: Wikipedia)

***

Barangkali itu saja penjelasan tentang karakter Atsushi yang berperan penting dalam cerita Bungo Stray Dogs. Terima kasih banyak atas kunjungannya. 

Baca juga: 10 Organisasi yang Paling Kuat dalam Cerita Bungo Stray Dogs

Previous Post Next Post

Contact Form