25 Rekomendasi Anime Underrated yang Menarik Buat Ditonton


Buat kalian yang hobi nonton anime, kalian pasti cukup familiar dengan istilah underrated atau overrated. Anime yang masuk dalam kategori underrated biasanya memang kalah populer dan jarang diperhatikan oleh para penggemar. 

Meskipun begitu, anime underrated seringkali menghadirkan sebuah cerita yang menarik dan didukung oleh desain visual yang menyenangkan. Berikut ini, MogiMogy ingin merekomendasikan anime underrated yang menarik buat kalian tonton!

1. Yakitate!! Japan

Jika berbicara tentang anime masak memasak, kalian mungkin langsung teringat dengan Shokugeki no Souma. Meskipun begitu, masih ada anime memasak yang tak kalah menarik. Contohnya adalah Yakitate!! Japan.

Anime tersebut bercerita tentang seorang koki muda bernama Kazuma yang ahli dalam membuat roti. Dia mempunyai impian untuk menciptakan roti yang paling enak di seluruh Jepang. Uniknya, dia punya kemampuan super bernama Solar Hands.

2. Monster

Meskipun tidak sepopuler Death Note, Monster merupakan salah satu anime psikologi thriller dengan alur cerita yang penuh misteri. Anime tersebut bercerita tentang seorang dokter bernama Kenzo Tenma yang memburu seorang penjahat bernama Johan Liebert. 

Di masa lalu, Dr. Tenma pernah menyelamatkan nyawa Johan dari bahaya. Dia tidak pernah menduga bahwa Johan mempunyai sifat kejam dan suka melakukan tindakan pembunuhan. Karena merasa bertanggung jawab, Dr. Tenma memburu Johan dan berniat menghabisinya.

3. Mushi-shi

Berbeda dengan anime sebelumnya, Mushishi bercerita tentang seorang pria bernama Ginko yang berprofesi sebagai mushi-shi. Tugasnya adalah memburu entitas jahat bernama mushi yang mempunyai karakteristik mirip yokai. 

Mereka mampu berinteraksi dengan cara yang unik dan punya kekuatan spesial. Selain itu, kehadiran mereka bisa menyebabkan masalah. Karena itulah, Ginko pun harus menyelesaikan semua permasalahan yang disebabkan oleh entitas jahat tersebut. 

4. Ascendance Of A Bookworm

Ascendance Of A Bookworm sangat cocok ditonton buat kalian penggemar genre isekai. Sesuai judulnya, anime itu bercerita tentang seorang kutu buku bernama Myne yang terlahir kembali sebagai anak kecil di dunia lain.

Meskipun Myne mempunyai keterbatasan fisik, dia lambat laun mulai mengatasi hal tersebut. Dia pun berusaha untuk mendapatkan banyak uang agar dia bisa menikmati kembali hobinya sebagai seorang kutu buku.

5. Samurai Flamenco

Samurai Flamenco merupakan salah satu anime tentang superhero dengan unsur komedi yang kuat. Anime tersebut bercerita tentang seorang pria bernama Masayoshi Hazama yang sangat terobsesi untuk menjadi superhero.

Meskipun tidak mempunyai fisik super atau kekuatan spesial, Masayoshi tetap berjuang memberantas kejahatan yang ada di sekelilingnya. Dia pun menggunakan kostum bertopeng seperti superhero-superhero pada umumnya.

Baca juga: 10 Superhero yang Paling Keren dalam Cerita Tiger & Bunny

6. Hamatora

Selanjutnya, ada anime menarik berjudul Hamatora yang mengusung tema detektif. Cerita anime tersebut berfokus pada dua karakter utama bernama Nice dan Mursaki. Mereka berdua mengelola sebuah agensi detektif yang menerima job dari para klien.

Menariknya, Nice dan Mursaki adalah pengguna kekuatan supranatural yang dikenal dengan istilah Minimum Holder. Selain itu, penyeledikan mereka menjadi serius ketika mereka berhadapan dengan kasus yang melibatkan pembunuh berantai.

7. Toriko

Meskipun kurang begitu populer, Toriko termasuk anime shounen yang menarik dan lumayan seru untuk ditonton. Anime tersebut bercerita tentang petualangan Toriko beserta Bishokuya yang selalu memburu bahan-bahan makanan berkualitas.

Mereka seringkali terlibat pertempuran melawan monster-monster ganas yang punya ciri khas. Selain itu, pertempuran kian menjadi sengit karena Toriko harus berhadapan dengan anggota Bishokukai yang berbahaya.

8. Last Exile

Last Exile menghadirkan cerita peperangan dengan nuansa retro-futuris. Anime tersebut berfokus pada duo pilot dan navigator bernama Claus Valca dan Lavie Head. Mereka berperan sebagai kurir di bentangan langit yang terlibat peperangan.

Claus dan Lavie seringkali menerima misi berbahaya yang berada di luar kemampuan mereka. Selain itu, mereka berdua menjadi bagian dari konspirasi besar yang melibatkan konflik antar dua negara. Salah satu keunggulan anime ini adalah nuansa steampunk-nya yang keren.

9. Moribito: Guardian of the Spirit

Selanjutnya, ada anime menarik yang berjudul Moribito: Guardian of the Spirit. Anime tersebut bercerita tentang seorang perempuan tangguh bernama Balsa Yonsa yang mempunyai keahlian sebagai prajurit pengguna tombak.

Di masa lalu, Yonsa telah berbuat merenggut banyak nyawa orang lain. Dia pun mengembara dan bertekad untuk menebus dosa-dosanya. Di tengah perjalanan, dia bertemu dengan seorang pangeran hingga dia menjadi pengawal pribadinya.

10. Owari no Seraph 

Owari no Seraph berfokus pada pertempuran antara pasukan khusus Japanese Imperial Demon Army melawan para vampir yang membawa kekacauan. Setelah keluarga angkatnya dibunuh oleh vampir, Yuichiro Hyakuya memutuskan untuk bergabung ke dalam pasukan militer tersebut.

Yu kemudian bertemu dengan teman-teman baru yang menjadi rekan seperjuangannya. Dia juga bertekad untuk membasmi para vampir demi membalaskan dendamnya. Dalam bertarung, dia dilengkapi dengan senjata khusus yang dikenal dengan istilah Sacred Gear.

Baca juga: 10 Anime Tentang Superhero yang Terbaik dan Paling Seru

11. Grand Blue

Grand Blue adalah salah satu anime komedi yang sangat kocak dan menghibur. Anime tersebut berkisah tentang kisah lucu seorang anak kuliah bernama Iori Kitahara. Dia menetap bersama dengan paman beserta sepupunya yang bernama Chisa dan Nanaka.

Kehidupan Iori yang normal berubah menjadi kacau setelah dia bergabung dengan klub selam bernama Peek A Boo. Lucunya, anggota klub tersebut lebih sering menghabiskan waktu untuk berpesta dan minum-minuman daripada latihan menyelam ke laut.

12. Sket Dance

Selanjutnya, ada anime komedi yang berjudul Sket Dance. Anime tersebut berfokus pada tiga murid SMA bernama Bossun, Switch, dan Hime. Mereka bertiga membuat sebuah klub bernama Sket Dance yang menerima permintaan apapun dan membantu menyelesaikan masalah di sekolah.

Ketiganya mempunyai sifat dan kepribadian masing-masing. Bossun sangat cerdas dan kreatif dalam memikirkan ide. Switch sangat pintar soal gadget dan komputer. Sementara itu, Hime pun turut membantu keduanya dengan penuh semangat.

13. ReLIFE

ReLIFE menghadirkan sebuah alur cerita yang unik dan menyentuh. Cerita anime tersebut berfokus pada seorang pria bernama Arata Kaizaki yang belum memiliki pekerjaan tetap walaupun usianya sudah 27 tahun. 

Suatu ketika, Arata diberikan kesempatan untuk merasakan kembali kehidupan di masa remaja melalui program khusus bernama ReLIFE. Dengan menelan pil khusus, penampilannya menjadi lebih muda hingga dia kembali menjadi anak SMA.

14. Tsuritama

Jika kalian punya hobi memancing, Tsuritama sangat direkomendasikan buat kalian tonton. Anime tersebut bercerita tentang seorang pemuda canggung bernama Yuki Sanada yang berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Hidupnya menjadi lebih seru setelah dia bertemu dengan Haru yang mengaku-ngaku sebagai alien. Mereka pun seringkali bermain bersama dan melakukan aktivitas memancing ikan di pulau kecil yang menjadi tempat tinggal mereka. 

15. D. Gray Man 

Selanjutnya, ada anime menarik berjudul D. Gray Man yang mengusung tema petualangan dan fantasi gelap. Cerita dari anime ini berpusat pada perjuangan Allen Walker beserta teman-temannya melawan monster bernama Akuma yang mengancam keselamatan umat manusia.

Salah satu hal unik dari Allen adalah dia mempunyai mata terkutuk. Mata itu memungkinkan dia untuk mampu melihat jiwa yang terjebak di dalam tubuh Akuma sehingga dia mampu menyelamatkan jiwa tersebut dan mengirim mereka dengan damai. 

Baca juga: 10 Karakter yang Paling Populer dalam Cerita D. Gray Man

16. Magi 

Jika dibandingkan dengan anime sihir yang lain, Magi memang kalah populer dan kurang begitu menarik perhatian fans. Meskipun begitu, anime tersebut menghadirkan cerita yang cukup seru dengan eksplorasi dunia yang mengesankan.

Sesuai judulnya, anime tersebut bercerita tentang petualangan seorang Magi bernama Aladdin. Dia melakukan perjalanan bersama teman-temannya untuk membawa keseimbangan dunia yang mulai hancur gara-gara sebuah kelompok misterius bernama Al-Thamen.

17. Soul Eater

Soul Eater termasuk anime shounen yang menghadirkan konsep kekuatan unik. Dalam anime tersebut, ada orang-orang yang dikenal sebagai Meister yang bisa menggunakan senjata khusus bernama Demon Weapon.

Para Meister dan Demon Weapon saling bekerja sama dan menyeleraskan gelombang jiwa mereka untuk mengalahkan makhluk Kishin yang berbahaya. Cerita anime ini berfokus pada petualangan Maka Albarn beserta Soul Evans yang menjadi partner bertarungnya.  

18. Tiger Mask W

Tiger Mask W merupakan salah satu anime olahraga dan bela diri yang cocok buat penggemar pertandingan gulat atau WWE. Dalam anime tersebut, ada banyak pegulat keren yang saling beradu kemampuan di atas ring.

Anime tersebut berfokus pada dua pegulat muda yang bernama Naoto Azuma dan Takuma Fujii. Mereka berusaha untuk membalas dendam kepada pegulat bertopeng Yellow Devil yang telah membuat mentor mereka terluka hingga lumpuh.

19. Tengoku Daimakyou

Tengoku Daimakyou merupakan salah satu anime terbaru yang rilis pada tahun 2023. Anime tersebut mengambil latar post apocalypse setelah bencana besar melanda seluruh dunia.Cerita berfokus pada perjalanan dua orang bernama Maru dan Kiruko. 

Mereka melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain untuk menemukan sebuah tempat yang dianggap sebagai surga. Selain menyenangkan, perjalanan mereka juga penuh dengan bahaya karena mereka harus bertarung melawan monster pemakan manusia.

20. Full Metal Panic!

Full Metal Panic! adalah serial anime yang memadukan cerita humor, kehidupan sekolah, tentara militer, dan mecha canggih. Tokoh utama dari anime tersebut adalah Sousuke Sagara yang berprofesi sebagai tentara di organisasi Mithril.

Sagara mendapatkan tugas untuk menyamar sebagai anak SMA dan melindungi siswi bernama Chidori Kaname. Namun, dia mengalami kesulitan untuk membaur dengan siswa lain. Dia bahkan sering bertingkah seperti seorang tentara hingga dia terlihat lucu dan aneh.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime tentang Permainan Kartu yang Paling Keren

21. Terra Formars

Terra Formars merupakan anime menarik yang menyuguhkan konsep cerita yang sangat unik. Anime ini bercerita tentang sekelompok grup yang tergabung dalam sebuah ekspedisi bernama Annex Project

Mereka harus pergi ke Mars untuk menemukan obat yang bisa menyembuhkan virus mematikan.  Akan tetapi, misi mereka tidaklah mudah karena mereka harus menghadapi monster kecoa bernama Terraformar yang menghuni Mars. 

22. Noragami

Noragami merupakan sebuah anime menarik yang bercerita tentang seorang dewa bernama Yato. Dia dikenal sebagai dewa yang miskin dan tidak mempunyai banyak pengikut. Meskipun begitu, dia selalu bertarung membasmi siluman jahat.

Selain itu, Yato seringkali terlibat konflik dengan dewa lain yang mempunyai dendam atau masalah pribadi dengannya. Dalam bertarung, Yato menggunakan sebuah senjata alias Harta Suci bernama Yukine/Sekki yang mampu berubah wujud menjadi pedang.

23. 86 -Eighty Six-

86 -Eighty Six- merupakan sebuah anime menarik tentang mecha dengan alur cerita yang mengharukan dan penuh tragedi. Anime ini bercerita tentang pasukan Spearhead yang dipimpin oleh Shinei Nouzen.

Pasukan Spearhead terdiri dari orang-orang terbuang yang disebut dengan istilah 86 alias Eighty Six. Mereka mendapatkan misi kejam dari Republik San Magnolia untuk mempertaruhkan nyawa mereka sampai mati di medan pertempuran.

24. God Eater

God Eater merupakan sebuah anime menarik yang diadaptasi dari sebuah game dengan judul yang sama. Anime tersebut bercerita tentang pertempuran para pengguna senjata bernama God Eater melawan monster Aragami yang menjadi ancaman umat manusia.

Sebagai protagonis utama dalam cerita God Eater, Lenka Utsugi mempunyai kemampuan sebagai New-Type sehingga dia mempunyai keunggulan dibandingkan God Eater yang lain. Dia sangat berambisi untuk menghancurkan para monster yang telah membuat dunia menjadi sengsara.

25. Isekai Nonbiri Nouka 

Sebagai penutup, ada anime isekai menarik berjudul Isekai Nonbiri Nouka. Anime tersebut mungkin tidak begitu populer di kalangan fans. Namun, penulis merasa bahwa anime tersebut sangat menyenangkan untuk ditonton pas senggang.

Cerita dari anime tersebut berfokus pada seorang lelaki bernama Hikaru Machio terlahir kembali di dunia lain. Dia pun memutuskan menjadi petani dan membuat sebuah desa. Meskipun dia awalnya hidup sendirian, dia lambat laun mulai ditemani para karakter cantik yang menghormatinya.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Martial Arts yang Paling Seru dan Populer

Previous Post Next Post

Contact Form