Penjelasan Kekuatan Koby dalam Cerita One Piece


Koby merupakan salah satu teman baik Luffy yang ditemuinya di awal perjalanannya. Dia awalnya sangat lemah dan penakut hingga dia terpaksa menjadi kacung di kapal Alvida. Meskipun begitu, dia mempunyai tekad yang kuat untuk menjadi seorang angkatan laut.

Setelah kekalahan Morgan, Koby pun mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan angkatan laut. Dia pun berlatih dengan keras di bawah bimbingan Garp hingga dia tumbuh menjadi kuat dan naik jabatan secara perlahan-lahan.

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin mengulas lebih lanjut tentang kekuatan Koby secara keseluruhan dalam cerita One Piece. Penasaran? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

Kemampuan Fisik

Tidak lama setelah bergabung dengan angkatan laut, Koby dilatih secara intens oleh Garp. Dia pun melalui berbagai latihan fisik yang sangat keras selama berhari-hari. Latihan tersebut membuat dia pun menjadi lebih kuat.

Koby pun menggunakan gaya bertarung yang sangat mirip dengan Garp. Dia hanya mengandalkan tinju alias tangan kosong dalam pertempuran. Meskipun demikian, kekuatan tinjunya tidak bisa dianggap remeh.

Koby pun diam-diam menggunakan metode pelatihan Garp yang unik dan anti mainstream, yaitu menggunakan kapal angkatan laut sebagai samsak tinju. Latihan tersebut membuat kekuatan tinjunya jadi lebih mematikan.

Rokushiki

Rokushiki merupakan sebuah gaya bela diri menarik yang biasa digunakan oleh para anggota CP9 dalam pertarungan. Bela diri tersebut terdiri dari enam teknik utama, yaitu Shigan, Soru, Geppou, Tekkai, Rankyaku, dan Kami-e.

Koby diperlihatkan menguasai teknik bernama Soru. Teknik itu memungkinkan dia untuk bergerak dengan kecepatan tinggi dalam waktu singkat. Teknik itu pertama kali ditunjukkan oleh Koby saat dia berkunjung ke Water 7 untuk menemui Luffy. 

Baca juga: 6 Anggota SWORD yang Telah Diketahui dalam Cerita One Piece

Kenbunshoku Haki & Busoshoku Haki

Koby pertama kali membangkitkan Kenbunshoku Haki selama peperangan besar di Marineford. Dia mampu mendengarkan teriakan putus asa orang-orang sekaligus merasakan rasa sakit yang mereka derita.

Setelah time skip selama dua tahun, Koby terlihat mampu menguasai Haki tersebut dengan terampil. Hal itu terbukti saat dia menjadi pengawal keluarga Kerajaan Dressrosa dan Prodence di perjalanan menuju Levely.

Pada saat itu, Koby mampu merasakan torpedo yang mengincar kapal keluarga kerajaan tersebut, padahal torpedo tersebut bergerak di bawah air dan tidak disadari oleh orang-orang. Tindakan cepat Koby berhasil menyelamatkan mereka dari bahaya.

Selain menguasai Kenbunshoku Haki, Koby juga mampu menggunakan Busoshoku Haki dalam pertarungan. Dia memperlihatkan kemampuan tersebut secara jelas selama pertempuran di Pulau Hachinosu melawan Bajak Laut Kurohige, khususnya Avalo Pizarro.

Honesty Impact

Honesty Impact merupakan sebuah teknik pukulan khas Koby yang diperlihatkan saat dia bertempur melawan Avalo Pizzaro di Pulau Hachinosu. Teknik tersebut bisa dibilang sebagai bukti dari hasil konsistensi dan kerja keras yang telah dijalani oleh Koby.

Saat menggunakan teknik tersebut, Koby melapisi tinjunya dengan Busoshoku Haki lalu dia memukul target dengan sekuat mungkin. Pukulan Koby mampu menghasilkan efek shockwave dan terbukti mampu menghancurkan tangan raksasa Avalo Pizarro dan membuatnya kesakitan.

***

Barangkali itu saja penjelasan tentang kekuatan Koby secara keseluruhan dalam cerita One Piece. Apabila ada kurang lebihnya, penulis memohon maaf. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian seputar One Piece.

Baca juga: Penjelasan Metode Pelatihan Garp dalam Cerita One Piece

Previous Post Next Post

Contact Form