10 Penjara yang Paling Menarik dalam Cerita Anime


Dunia anime seringkali dipenuhi dengan para penjahat yang seringkali melakukan tindakan kriminal. Keberadaan mereka pun menjadi ancaman hingga mereka harus ditahan dalam penjara dengan sistem keamanan yang ketat.

Ada beberapa penjara menarik yang muncul dalam cerita anime. Apa sajakah itu? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

10. Baste Dungeon – Nanatsu no Taizai

Sebagai permulaan, ada penjara kuat bernama Baste Dungeon yang diperkenal di awal-awal cerita Nanatsu no Taizai. Penjara tersebut pernah menahan para kriminal berbahaya. Contohnya adalah Ban yang dulu sempat difitnah atas tuduhan pembunuhan.

Selama Ksatria Suci menguasai Kerajaan Liones, penjara itu juga digunakan untuk menahan para pemberontak yang melawan mereka. Meskipun penjara tersebut sangat kuat, penjara itu kemudian dihancurkan oleh Ban beserta Meliodas.

9. Arizona State Prison – Baki

Penjara yang paling menarik selanjutnya adalah Arizona State Prison dari serial Baki. Penjara tersebut terbilang kompleks dan dirancang khusus untuk menahan para kriminal yang sulit ditangani oleh petugas biasa.

Penjara tersebut dijaga oleh orang-orang kuat, seperti Biscuit Oliva. Selain itu, para penjaga juga diperintahkan untuk mengambil tindakan eksekusi apabila para penjahat berada di luar kendali. Menariknya, Baki Hanma pernah ditahan di penjara tersebut.

8. Cochlea – Tokyo Ghoul

Dalam cerita Tokyo Ghoul, ada banyak ghoul berbahaya dan seringkali melakukan tindakan pembunuhan yang meresahkan masyarakat. Mereka yang berhasil dikalahkan dan ditangkap oleh pasukan CCG kemudian dijebloskan ke tempat bernama Cochlea.

Cochlea mempunyai sistem penjagaan yang sangat ketat dan sulit untuk ditembus. Namun, penjara tersebut sempat dibobol oleh pasukan Aogiri Tree. Setelah insiden itu, sistem keamanan dan pertahanan penjara tersebut diperkuat oleh CCG.

Baca juga: 10 Restoran yang Paling Menarik dalam Dunia Anime

7. Nanba Prison – Nanbaka

Nanba Prison merupakan penjara dengan sistem keamanan ketat menjadi latar utama dalam cerita Nanbaka. Penjara tersebut menahan para kriminal berbahaya dari berbagai tempat, seperti Jyugo, Uno, Nico, dan Rock.

Mereka bereempat sempat berusaha melarikan diri dari penjara tersebut. Namun, upaya mereka bisa dibilang mustahil dan selalu berakhir sia-sia. Walaupun mereka berhasil melewati perangkap, mereka tidak bisa mengalahkan Hajime yang menjadi pengawas mereka.

6. Deadman Wonderland – Deadman Wonderland

Deadman Wonderland termasuk penjara dengan sistem yang unik dan juga kelam. Selain berfungsi untuk menahan para tahanan, penjara itu juga dijadikan sebagia tempat hiburan orang-orang yang mempertontonkan kompetisi atau acara berbahaya yang melibatkan para tahanan.

Normalnya, Deadman Wonderland terbagi menjadi enam distrik dari A sampai F. Namun, penjara itu mempunyai sebuah distrik rahasia yang menahan para Deadmen yang bisa memanipulasi darah. Mereka dipaksa bertarung dalam turnamen mematikan. 

5. Green Dolphin Street Prison – JoJo’s Bizarre Adventure: Stone Ocean

Penjara anime selanjutnya adalah Green Dolphin Street Prison yang menjadi latar utama dalam cerita Stone Ocean. Setelah difitnah atas kasus kriminal, putri Jotaro yang bernama Jolyne Cujoh terpaksa menjadi tahanan di penjara tersebut.

Green Dolphin Street Prison mempunyai sistem keamanan dan penjagaan yang ketat sehingga para tahanan tidak akan bisa melarikan diri. Selain itu, penjara tersebut juga mempunyai ruangan khusus yang menahan para kriminal yang susah untuk diatur.

Baca juga: 25 Rekomendasi Anime Underrated yang Menarik Buat Ditonton

4. Tartarus – Boku no Hero Academia

Tartarus merupakan penjara khusus dalam cerita Boku no Hero Academia yang dilengkapi dengan standar keamanan tingkat tinggi. Selain itu, penjara tersebut berisi para penjahat berbahaya yang sangat ditakuti, seperti All For One, Overhaul, dan Stein.

Meskipun Tartarus dijaga dengan sangat ketat, penjara tersebut berhasil dibobol oleh Tomura Shigaraki beserta pasukannya. Insiden tersebut membuat para tahanan berbahaya yang ada di sana berhasil melarikan diri.

3. Gourmet Prison – Toriko

Gourmet Prison merupakan penjara kuat yang dikelola oleh organisasi bernama IGO. Penjara tersebut menjadi tempat tahanan bagi para kriminal berbahaya yang telah melanggar Delapan Hukum Gourmet.

Menariknya, Gourmet Prison terbagi menjadi tiga fasilitas yang terletak di berbagai lokasi. Ketiga tempat itu adalah Sky Prison, Prison Submarine, dan Honey Prison. Karena sistem penjagaannya sangat ketat, para tahanan tidak akan bisa melarikan diri.

2. Central Great Underground Prison – Bleach

Central Great Underground Prison adalah penjara bawah tanah dengan penjagaan ketat di Soul Society. Penjara tersebut menjadi tempat penahanan Shinigami yang telah melanggar aturan Soul Society dan berbuat tindakan kriminal.

Central Great Underground Prison terbagi ke dalam delapan level. Level yang paling bawah adalah Muken. Level tersebut merupakan sebuah ruang kosong yang tidak terhubung dengan dunia luar. Aizen sempat ditahan di level tersebut atas kejahatan yang dia lakukan.  

1. Impel Down – One Piece

Menurut penulis, penjara terkuat dan menarik di anime adalah Impel Down dari serial One Piece. Penjara tersebut menahan para bajak laut dan kriminal berbahaya dari seluruh dunia. Selain itu, penjara tersebut terbagi ke dalam enam level atau tingkatan.

Pada masing-masing level, para tahanan dijaga ketat oleh petugas sipir hingga monster-monster menakutkan. Salah satu hal yang paling menakutkan dari Impel Down adalah keberadaan Magellan yang mempunyai kekuatan racun Doku Doku no Mi.

Baca juga: 10 Karakter Kepala Botak yang Paling Keren di Dunia Anime

Previous Post Next Post

Contact Form