11 Pengguna Gyojin Karate yang Muncul dalam Cerita One Piece


Gyojin Karate merupakan sebuah seni bela diri spesial yang berasal dari ras manusia ikan. Gaya bela diri tersebut rata-rata mengandalkan teknik pukulan dan sangat cocok digunakan dalam pertempuran bawah air.

Meskipun begitu, gaya bela diri tersebut tidak hanya dikuasai manusia ikan saja. Para manusia yang tinggal di daratan juga bisa menjadi praktisi Gyojin Karate apabila mereka mau mempelajari bela diri itu dengan sungguh-sungguh. 

Di sepanjang cerita One Piece, ada 11 karakter yang terlihat menguasai Gyojin Karate. Siapa sajakah mereka? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Kuroobi

Kuroobi merupakan anggota Bajak Laut Arlong yang menjadi musuh utama Sanji di Arlong Park. Dia mempunyai kepercayaan diri yang sebagai seniman bela diri Gyojin Karate. Kemampuannya terlihat jelas saat dia bertarung melawan Sanji.

Kuroobi menguasai beberapa jurus yang kuat, seperti Hyakumaigawara Seike, Wanto Giri, hingga Senmaigawara Seiken. Dia sempat memberikan serangan fatal kepada Sanji, khususnya ketika mereka bertarung di bawah air. 

2. Jinbe

Jinbe adalah salah satu manusia ikan yang paling kuat dalam cerita One Piece. Dia mempunyai reputasi yang sangat terkenal di lautan. Dia pernah bergabung dengan Bajak Laut Matahari, menjadi anggota Sichibukai, hingga dia kini menjadi kru Topi Jerami.

Dalam hal kemampuan, Jinbe menguasai berbagai teknik tingkat tinggi Gyojin Karate dan Jujutsu. Dia telah menunjukkan kehebatannya berkali-kali dalam cerita, mulai dari pertempuran di Impel Down hingga dia melawan Who’s Who di Wano.

3. Capote

Jika dibandingkan dengan kedua manusia ikan sebelumnya, Capote mungkin tidak begitu populer. Dia sempat mendapatkan sorotan dalam cerita Long Ring Long Land ketika Bajak Laut Topi Jerami melawan Bajak Laut Foxy.

Walaupun Capote tidak begitu kuat, dia menunjukkan keahlian sebagai pengguna Gyojin Karate. Dia punya dua jurus andalan, yaitu Kaimen Wari dan Two Fish Engine. Kedua teknik itu dia perlihatkan saat dia balapan perahu melawan tim Usopp.

Baca juga: Penjelasan Kekuatan Jesus Burgess dalam Cerita One Piece

4. Hody Jones

Hody Jones merupakan musuh utama yang harus dilawan oleh Luffy dalam cerita Fishman Island. Dia mempunyai kebencian yang sangat kuat terhadap para manusia. Selain itu, dia pun akan menyerang para manusia ikan yang menaruh simpati kepada manusia.

Hody termasuk pengguna Gyojin Karate dan Jujutsu yang sangat kuat. Dia punya beberapa jurus menarik, seperti Yabusame, Uchimizu, dan Umidaiko. Kekuatannya pun meningkat berkali-kali lipat setelah dia mengkonsumsi Energi Steroid. 

5. Aladine

Aladine merupakan salah satu manusia ikan yang bersahabat baik dengan Jinbe. Di masa lalu, dia sempat menjadi budak di Mary Geoise hingga dia akhirnya diselamatkan oleh Fisher Tiger. Dia kemudian menjadi anggota Bajak Laut Matahari.

Aladine biasa terlihat membawa sebuah trisula sebagai senjatanya. Selain itu, dia juga mampu bertarung dengan tangan kosong karena dia adalah pengguna Gyojin Karate. Dia memperlihatkan kemampuannya saat dia melawan Oven di Pulau Whole Cake.

6. Hack

Hack pertama kali muncul sebagai gladiator di Blok B yang bertarung demi memperebutkan Mera Mera no Mi. Tanpa diduga, dia ternyata adalah anggota dari Pasukan Revolusioner. Dia ditugaskan ke Dressrosa untuk menyelidiki aktivitas perdagangan senjata ilegal.

Hack merupakan seorang praktisi Gyojin Karate yang kuat dan berpengalaman. Dia mampu mengalahkan banyak petarung di Corrida Colosseum. Sialnya, dia kalah telak saat dia berhadapan dengan Bartolomeo. 

7. Koala

Koala adalah gadis kecil yang pernah diselamatkan oleh Fisher Tiger di masa lalu. Dia punya latar belakang yang tragis karena dia pernah menjadi budak Tenryuubito. Entah bagaimana ceritanya, dia memutuskan untuk bergabung dengan Pasukan Revolusioner. 

Meskipun Koala adalah manusia biasa, dia terlihat menguasai seni bela diri Gyojin Karate dengan sangat terampil. Dia mampu mengeluarkan tinju yang kuat. Kemungkinan, dia mempelajari seni bela diri itu dari Hack.

Baca juga: 10 Pertarungan yang Paling Seru dalam Cerita Impel Down

8. Nico Robin

Selama time-skip dua tahun, Nico Robin berlatih bersama dengan Pasukan Revolusioner. Dia pun menunjukkan perkembangan kekuatan yang begitu pesat saat dia berhadapan dengan Black Maria dalam pertempuran di Onigashima.

Robin terlihat menguasai seni bela diri Gyojin Karate. Dia mampu mengkombinasikan bela diri itu dengan kemampuan Hana Hana no Mi miliknya. Dia mempelajari bela diri tersebut di bawah bimbingan Koala.

9. Tansui

Tansui merupakan salah satu anggota geng Macro yang berprofesi sebagai penculik. Dia sempat menculik Hatchan dan menjualnya kepada kelompok Flying Fish Riders yang dipimpin oleh Duval.

Tansui mengklaim dirinya sebagai seorang praktisi Gyojin Karate. Akan tetapi, kemampuan penuhnya tidak diperlihatkan secara jelas karena dia langsung kalah setelah terkena serangan dari Hatchan.

10. Sebastian

Sebastian adalah karakter non canon yang muncul dalam acara spesial 3D2Y. Dia berasal dari ras Wotan alias campuran antara manusia ikan dan raksasa. Karena itulah, dia punya tubuh yang lebih besar dibandingkan manusia ikan pada umumnya.

Sebastian diceritakan menguasai seni bela diri Gyojin Karate. Dia mempunyai serangan yang berbasis tembakan air dengan daya hancur yang cukup mengesankan. Tekniknya antara lain adalah O Uchimizu dan O Yabusame.

11. S-Shark

S-Shark merupakan salah satu Seraphim yang sangat kuat. Dia mempunyai karakteristik yang sangat mirip dengan Jinbe, baik dalam hal penampilan maupun kemampuan. Dia turut terlibat pertempuran melawan kru Topi Jerami di Pulau Egghead.

Seperti Jinbe, S-Shark mempunyai keahlian sebagai pengguna Gyojin Karate. Bukan hanya itu, dia juga mampu menggunakan kemampuan Sui Sui no Mi. Dia bisa berenang bebas di daratan dan mengeluarkan serangan kejutan kepada musuhnya.

Baca juga: Perkembangan Harga Buronan Roronoa Zoro dari Masa ke Masa

Previous Post Next Post

Contact Form