10 Dokter Hebat yang Muncul di One Piece


Dalam cerita One Piece, seringkali muncul sosok dokter yang mengambil peran penting dalam cerita, khususnya dokter kapal. Peran dokter kapal ini sangat penting karena ia memiliki tugas untuk mengobati luka-luka yang diperoleh dari pertarungan para kru. Di samping itu, ada juga dokter yang tidak berkarir di dunia bajak laut, tetapi dia memiliki kemampuan medis yang luar biasa.

Nah, kali ini MogiMogy sudah merangkum sepuluh dokter hebat yang muncul di One Piece. Pasti kalian yang suka nonton One Piece tidak asing dengan nama-nama berikut ini. Langsung saja yuk kita lihat list-nya.

1. Marco The Phoenix


Marco adalah komandan divisi pertama bajak laut Shirohige. Ia juga merupakan pengguna buah setan mistik yang membuatnya mampu berubah menjadi burung legenda, yaitu burung Phoenix dengan kemampuan api biru yang spesial. Api biru itu bersifat healing yang mampu menyembuhkan luka. Hal itu mampu membuat Marco meregenerasi tubuhnya sendiri apabila mendapatkan luka selama pertempuran.

Di samping itu, Marco juga memiliki pengetahuan mengenai ilmu medis. Di desa tempat Shirohige dilahirkan, ia sangat dihormati oleh masyarakat. Dia menggunakan api biru miliknya untuk mengobati mereka. Banyak yang berobat kepada dia apabila masyarakat di sana mengalami keluhan, seperti encok ataupun luka ringan.

2. Dr.Hogback


Dr. Hogback ialah salah satu kru bajak laut Moria. Dia merupakan pria yang berawakan agak besar dan gendut. Kemampuan Hogback di dunia medis sangat terkenal dan banyak yang mengaguminya, termasuk Chopper.

Hogback terkenal sebagai ahli bedah ternama di dunia One Piece. Sayangnya, keberadaannya tiba-tiba menghilang dari dunia dan ia memilih bergabung dengan Moria untuk menciptakan para zombie. Selain ilmu bedah, Hogback kemungkinan besar juga mampu mendiagnosa penyakit-penyakit lain yang diderita pasiennya.

3. Dr. Kureha


Dr. Kureha adalah perempuan tua yang tinggal di kerajaan Drum. Ia merupakan dokter yang sangat hebat dan memiliki wawasan luas. Kemampuannya dalam mengobati pasiennya juga tidak perlu dipertanyakan lagi.

Ia mampu mendiagnosa penyakit seseorang hanya dari mengamati gejala tersebut, khususnya penyakit-penyakit ringan. Bahkan, ia mampu mengobati Nami yang terkena demam karena terkena gigitan serangga Kestia yang hidup ratusan tahun yang lalu. Sayangnya, harga pengobatan Dr. Kureha sangat mahal dan membuat ia dijuluki sebagai nenek sihir.

4. Tony Tony Chopper


Chopper merupakan murid dari Dr. Kureha. Usai kematian Hiluluk, rusa berhidung biru ini meminta kemurahan hati Dr. Kureha untuk mengajarinya ilmu pengobatan. Dia belajar dengan sangat tekun dan membaca buku-buku pengobatan. Hingga akhirnya, dia mampu menguasai ilmu medis dan kepintarannya tidak kalah dengan dokter-dokter lain.

Saat ini, Chopper berperan sebagai dokter kapal bajak laut Topi Jerami. Dia berlayar bersama Luffy dengan membawa impiannya untuk menjadi dokter yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Dia sering mengobati luka-luka anggota SHP yang baru saja melewati pertempuran mematikan, khususnya Luffy yang sering kehabisan darah setelah bertarung. Dia juga sempat belajar ilmu pengobatan di pulau Torino saat dilempatkan oleh Kuma.

5. Crocus


Crocus ialah seorang kakek tua penjaga Tanjung Kembar bersama Laboon yang merupakan titik awal Grand Line. Tanpa diduga, ia ternyata mantan kru Raja Bajak Laut. Dia berlayar di kapal Roger dengan niat untuk mencari Brook yang telah lama menghilang tanpa kabar. Sementara itu, Laboon terus menunggunya tanpa henti.

Crocus termasuk dokter yang cukup terkenal sehingga Roger mau merekrutnya. Dia mampu membuat obat yang mampu meredakan rasa sakit Roger. Di samping itu, Crocus juga yang sering membuat obat penenang untuk Laboon ketika dia sedang mengamuk dan membenturkan kepalanya ke Red Line.

6. Mansherry


Mansherry adalah putri suku Tontatta yang memakan buah setan Chiyu Chiyu no Mi. Dia memang tidak memiliki kemampuan medis, tetapi kemampuan buah setan itu membuatnya mampu menyembuhkan luka seseorang akibat pertempuran.

Cara kerja dari buah setan ini adalah dia meneteskan air matanya ke orang yang hendak disembuhkan dan secara ajaib orang itu akan kembali pulih. Selain itu, dia juga bisa membuat bunga dandelion dan menyebarkannya ke orang-orang. Dandelion itu juga memiliki efek penyembuhan. Kekuatan Mansherry juga dapat bertambah apabila ia mendapatkan donor darah dari orang lain.

7. Dr. Hiluluk


Berbeda dengan dokter lainnya, orang-orang sering menganggap Hiluluk sebagai dokter gadungan. Bagaimana tidak? Ia seringkali salah memberikan obat dan ia membawa senjata pistol selama beroperasi. Contoh kegagalannya adalah pasiennya berubah menjadi kodok usai mendapatkan suntikan dari serum racikan Hiluluk.

Terlepas dari itu semua, Hiluluk merupakan dokter yang sangat hebat karena dia mampu menumbuhkan sakura di pulau bersalju berkat eksperimennya selama bertahun-tahun. Ia memiliki niat baik untuk menyembuhkan hati warga Drum yang sakit karena ditindas oleh pemerintahan Wapol yang otoriter dan penuh tirani. Meskipun dia sudah mati, impiannya tetaplah terwujud.                                                            

8. Caesar Clown


Caesar Clown ialah ilmuwan gila yang menjadi musuh Luffy di Punk Hazard. Dia seringkali bereksperimen dengan obat-obatan dan zat-zat kimia. Salah satu kreasinya yang luar biasa adalah senjata pemusnah masal, Shinokuni. Efek dari senjata itu membuat orang-orang yang terkena dari gas Shinokuni berubah menjadi batu.

Di samping itu, Caesar Clown juga paham mengenai ilmu medis. Dia bahkan membuat permen yang berisi bahan kimia berbahaya yang membuat anak kecil normal menjadi berukuran raksasa. Pada suatu kesempatan, tepatnya pasca penyerangan Zou, Chopper memaksa Caesar untuk membuat anti biotik dan obat untuk menyembuhkan suku Mink yang terkena racun dari senjata pemusnah masal.

9. Trafalgar D. Water Law


Law ialah kapten dari bajak laut Heart. Selain menjabat sebagai kapten, ia juga berperan sebagai dokter kapal. Sejak kecil, dia sudah belajar ilmu kedokteran bersama kedua orang tuanya yang juga seorang dokter. Spesialis Law ialah ilmu bedah. Dia yang juga menyelamatkan Luffy yang mengalami luka parah pada saat perang di Marineford.

Dengan kemampuan buah Ope Ope miliknya, Law bisa dikatakan sebagai dokter yang hebat dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ia bahkan mampu menyembuhkan penyakitnya Amber Lead yang merenggut nyawa orang-orang di kampung halamannya. Dia satu-satunya penderita Amber Lead yang selamat dan tetap hidup sampai saat ini.

10. Dr. Vegapunk


Terakhir, dokter yang paling hebat di One Piece adalah Dr. Vegapunk. Dia merupakan karakter yang sangat jenius dan bekerja untuk angkatan laut. Dialah orang yang terlibat dalam berbagai proyek besar angkatan laut, seperti Pacifista dan lain-lain. Ia juga merupakan orang pertama yang tahu cara menanamkan buah setan pada senjata.

Kejeniusannya sebagai ilmuwan tidak perlu lagi dipertanyakan. Selain itu, ia harusnya paham mengenai ilmu medis. Bahkan, Tashigi sempat menemui Vegapunk untuk menyembuhkan anak-anak yang menjadi korban eksperimen Caesar Clown. Meskipun demikian, kejeniusan Vegapunk lebih dominan kepada alat-alat teknologi yang mutakhir di dunia One Piece.

***

Nah, mungkin itu saja Sob, sepuluh dokter terhebat yang muncul di One Piece. Sekian dari saya. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan dalam artikel ini. Thanks atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon