Teori Kekuatan Monkey D. Dragon dalam Cerita One Piece


Monkey D. Dragon adalah pemimpin pasukan revolusi sekaligus ayah kandung dari Luffy dan anak dari Garp. Karakter ini merupakan orang yang paling dicari oleh Pemerintah Dunia karena keberadaannya yang berbahaya dan mengancam eksistensi Pemerintah Dunia. Bersama dengan pasukan revolusi, Dragon memiliki tujuan untuk menggulingkan tahta Tenryuubito dan menciptakan keadilan bagi warga dunia yang tertindas.

Dalam cerita One Piece, Dragon memang hanya muncul dalam momen-momen tertentu. Selain itu, dia juga menyimpan berbagai macam misteri, khususnya mengenai kekuatan utamanya. Pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba mengulas beberapa kekuatan yang mungkin dimiliki oleh Dragon. Langsung saja yuk kita ulas bersama.

1. Kekuatan Fisik yang Powerful

Sebagai pimpinan pasukan revolusi yang membawahi pasukan yang kuat, dapat dipastikan bahwa Dragon memiliki kemampuan di atas rata-rata, khususnya dalam hal fisik. Hal ini juga didukung oleh fakta bahwa rata-rata keluarganya memiliki keunggulan dalam hal bertarung menggunakan kemampuan fisik dan tangan kosong, contohnya adalah Garp yang memiliki tinju yang dapat menghancurkan pegunungan dan Luffy yang memiliki kemampuan fisik yang juga di atas rata-rata manusia normal pada umumnya. Dari beberapa alasan itulah, bukan hal yang tidak mungkin kekuatan fisik Dragon setingkat dengan Garp atau paling tidak mendekati Garp.

2. Ahli Martial Arts

Kemampuan Dragon berikutnya adalah kemampuan martial arts atau bela diri yang hebat. Dalam hal ini, Dragon kemungkinan besar menguasai teknik bela diri khusus yang berbasis pada kekuatan cengkeraman tangan dan serangan yang berpusat pada inti suatu benda. Alasan saya berpendapat demikian adalah teknik menarik milik Sabo yang bernama Dragon Claw yang dia tunjukkan saat bertarung di Dressrosa, khususnya di Colosseum. Teknik itu memiliki daya rusak yang mematikan karena Sabo dapat menghancurkan arena hanya dalam satu kali serangan. Selain itu, teknik itu juga memungkinkan penggunannya untuk meretakkan tengkorak manusia yang sangat keras.

Pertanyaan utamanya adalah darimana Sabo mempelajari teknik tersebut? Jawaban yang paling memungkinkan adalah Dragon yang mengajarkan teknik itu kepada Sabo. Teknik itu kemungkinan besar diciptakan oleh Dragon.

3. Pengguna Buah Iblis dengan Kekuatan Badai atau Cuaca

Meskipun hal ini sering menjadi perdebatan bagi para fans, hal ini sangat menarik untuk dibahas. Kemungkinan bahwa Dragon adalah pengguna buah iblis sangatlah besar. Dia kemungkinan besar memiliki kekuatan buah iblis yang berhubungan dengan badai atau cuaca. Bukti kuat yang mendukung teori ini adalah kemunculannya di Logue Town yang serba misterius. Pada saat itu, cuaca yang tadinya normal mendadak berubah menjadi badai maha dahsyat yang membuat Luffy dan teman-temannya bisa lari dari kejaran Smoker dan berlayar menuju Grand Line.

Jika dianalisis lebih dalam, badai tersebut tidaklah normal karena cuaca di East Blue relatif normal, berbeda dengan Grand Line yang gampang berubah-ubah. Jadi, kemungkinan besar badai hebat yang terjadi di Logue Town pada saat itu adalah berkat kekuatan Dragon. Yang jadi perdebatan saat ini adalah buah iblis apa yang dimiliki Dragon? Kemungkinan pertama adalah buah iblis tipe Paramecia atau Logia yang membuat penggunannya bisa mengendalikan badai dan yang kedua adalah buah iblis tipe Zoan mistik yang mampu mengendalikan cuaca.

Berdasarkan referensi yang saya baca sejauh ini, ada dua makhluk mitologi yang dapat mengendalikan cuaca, yaitu naga Shen Long dari legenda Tiongkok dan Thunderbird dari Amerika Utara. Kedua hewan mitologi tersebut sama-sama mampu mengendalikan badai dan cuaca. Mungkin banyak yang berpendapat bahwa buah iblis Dragon adalah Zoan naga karena itu berkaitan dengan namanya, tetapi bisa saja Dragon memiliki buah iblis Zoan model Thunderbird. Entahlah, saya tidak bisa berasumsi lebih jauh dari ini.
4. Pengguna Tiga Jenis Haki

Kemungkinan besar, Dragon juga merupakan pengguna haki tingkat tinggi melihat posisi dan jabatannya. Menurut saya, Dragon mampu menguasai tiga jenis haki, yaitu Kenbunshoku, Bushoshoku, dan Haohshoku. Untuk dua jenis haki utama mungkin tidak perlu diperdebatkan karena kedua jenis itu hampir dimiliki oleh karakter-karakter kuat dalam cerita One Piece dan Dragon hampir bisa dipastikan masuk dalam daftar tersebut.

Untuk Haohshoku no Haki, Dragon kemungkinan besar juga memilikinya karena menurut saya Dragon memiliki aura raja dan berpotensi untuk menjadi pemimpin dunia. Bukti dari kharisma Dragon adalah dia memiliki banyak pengikut serta anggota yang loyal, seperti Sabo, Ivankov, dan empat komandan utama pasukan revolusi.

5. Kemampuan Mengatur Strategi Militer

Pasukan revolusi adalah pasukan yang terkenal mampu menggulingkan kerajaan-kerajaan yang berafiliasi dengan Pemerintah Dunia dengan cara memicu pemberontakan antara rakyat dan penguasa. Melihat hal itulah, sangat logis jika saya mengatakan bahwa Dragon sebagai pemimpin pasukan revolusi yang sangat menguasai strategi militer dan peperangan, seperti kemampuan propaganda, spionase, dan sejenisnya. Bukti lainnya, Dragon juga mampu menugaskan pasukannya di berbagai belahan dunia. Selain itu, dia juga sangat cerdik dalam beroperasi karena markasnya tersembunyi dan tidak diketahui oleh angkatan laut dan Pemerintah Dunia.
***
Nah, mungkin itu saja ya gaes beberapat teori kekuatan yang dimiliki oleh Dragon. Sekali lagi, ini hanyalah teori yang didasarkan pada pengamatan serta opini saya selama nonton One Piece. Apakah nanti terwujud atau tidak, tidak masalah. Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Sekian dari saya. Thanks atas kunjungannya.

Baca juga: Kekuatan Hebat Gol D. Roger dalam Cerita One Piece


EmoticonEmoticon