Daftar Kamen Rider Era Showa yang Legendaris


Kamen rider merupakan salah satu serial Tokusatsu yang sangat populer, khususnya kalangan anak-anak muda. Serial ini diciptakan oleh Bapak Tokusatsu, yakni Shotaro Ishinomori yang juga bekerja sama dengan Toei Production. Perjalanan kamen rider pun sudah sangat lama, mulai dari era Showa, era Heisei, dan saat ini telah memasuki era Reiwa.

Nah, kali ini saya pengen sharing nih guys mengenai daftar kamen rider yang muncul di era Showa. Mungkin, kebanyakan dari kita belum lahir ya ketika serial ini ditayangkan di stasiun TV. Daripada kita berbasa-basi panjang lebar, langsung saja yuk kita bahas bersama-sama para rider tersebut.

1. Kamen Rider (Ichigo & Nigo)                
        

Kamen rider ini merupakan kamen rider generasi pertama. Serial ini pertama kali tayang di Jepang pada tahun 1971-1973 dengan total 98 episode. Cerita dari kamen rider ini bermula saat Takeshi Hongo bertemu dengan Shocker, sebuah organisasi jahat yang ingin menguasai dunia. Ia kemudian diculik oleh mereka dan dijadikan kelinci percobaan untuk dijadikan seorang cyborg. Namun, ia berhasil melarikan diri dari markas tersebut ketika dia sadar dan bertekad untuk melawan mereka dengan berubah menjadi Kamen Rider Ichigo.

Selain Takeshi, ada satu orang lagi yang juga merupakan korban eksperimen dari Shocker, yaitu Hayato Ichimonji yang berubah menjadi kamen rider Nigo. Mereka berdua pun menjadi rekan seperjuangan dalam melawan kejahatan dari organisasi Shocker. Uniknya, mereka memiliki penampilan yang mirip. Perbedaannya hanya terletak pada warna sarung tangan dan sepatu mereka. Sarung tangan dan sepatu kamen rider Ichigo berwarna abu-abu, sedangkan milik kamen rider Nigo berwarna merah menyala. 

2. Kamen Rider V3


Kamen rider V3 adalah serial kamen rider era Showa yang tayang di Jepang dari tahun 1973-1974 dengan total 54 episode. Cerita dari kamen rider ini berawal dari seorang mahasiswa biasa jurusan biokimia di Jounan University yang tak sengaja menjadi saksi pembunuhan yang dilakukan oleh sekelompok organisasi jahat bernama Destron. Sejak saat itu, dia pun manjadi target pembunuhan dari Destron.

Dalam rencananya, Destron pun menarget keluarga Shiro. Keluarganya dibunuh oleh monster Jaguar dan dia untungnya berhasil diselamatkan oleh kamen rider Ichigo dan Nigo. Ia pun akhirnya berniat membalas dendam dan meminta kamen rider Ichigo dan Nigo untuk mengubahnya menjadi cyborg. Lewat bantuan keduanya, ia pun berhasil berubah menjadi kamen rider V3. Mereka bertiga pun menjadi pahlawan yang luar biasa.

3. Riderman



Pada awalnya, Riderman merupakan musuh dari kamen rider V3. Dia adalah mantan anggota dari Destron yang membelot dan bergabung dengan V3 untuk melawan kejahatan mereka. Sosok asli dari Riderman adalah seorang pemuda bernama Joji Yuki.

Dulu, dia merupakan anggota yang sangat loyal dengan organisasi Destron, tetapi ia kemudian dikhianati oleh rekannya yang bernama Marshall Armor yang benci karena Yuki naik pangkat. Yuki kemudian dibunuh oleh Marshall Armor dengan cara ditenggelamkan ke kolam asam. Namun, ia berhasil diselamatkan oleh rekannya dan dia juga dioperasi agar tetap hidup. Sebelah lengannya yang hilang karena terkena zat asam pun digantikan dengan lengan cybernetik. Dibandingkan dengan rider lain, Riderman memiliki penampilan yang unik karena helmnya enggak full face. Selain itu, dia juga dapat mengganti lengan kanannya dengan berbagai senjata, seperti Rope Arm, Power Arm, dll.

Baca juga: 20 Kamen Rider Antagonis yang Paling Keren

4. Kamen Rider X



Kamen Rider X merupakan serial kamen rider yang tayang di Jepang pada tahun 1974. Kamen rider ini bercerita tentang seorang pemuda yang bernama Jin Keisuke yang merupakan anak dari ilmuwan robot jenius bernama Keitaro. Pada suatu ketika, mereka berdua diserang oleh organisasi teroris yang ingin menguasai dunia yang dikenal sebagai G.O.D (Government of Darkness). Karena insiden tersebut, Keisuke hampir mati. Untungnya, dia diselamatkan oleh ayahnya dengan diubah menjadi seorang cyborg.

Dengan kekuatan barunya, Keisuke berubah menjadi kamen rider X dan berusaha menghentikan serangan-serangan dari G.O.D yang dipimpin oleh Apllogeist, mutant yang terinspitasi dari mitologi romawi. Selain itu, kamen rider X juga memiliki berbagai macam kekuatan super, seperti kemampuan bertarung di bawah kedalaman 10 ribu meter dan meng-upgrade kekuatannya tiga kali lipat. Dia juga memiliki empat senjata utama yang berupa tombak, pedang, tali, dan tombak panjang.

5. Kamen Rider Amazon



Berbeda dengan kamen rider era Showa yang lain, kamen rider Amazon terlihat lebih liar, sadis, berdarah-darah, dan tidak bermotif serangga. Kamen rider ini tayang di Jepang pada tahun 1974 hingga tahun 1975. Kisah kamen rider ini berpusat pada seorang anak yang bernama Daisuke Yamamoto. Ia merupakan anak yatim piatu yang keluarganya meninggal dalam kecelakaan pesawat di hutan Amazon. Setelah itu, dia hidup di pedalaman dan tumbuh menjadi anak yang liar.

Suatu hari, terjadi, insiden penyerangan dari monster bernama Gorgos yang ingin mencari Gigi Armlet, benda warisan suku Inca yang mampu memberikan kekuatan super. Setelah insiden itu, kepala suku Inca melakukan ritual mistis kepada Daisuke dan ia diberi amanat untuk menjaga benda tersebut. Kemudian, ia bertransformasi menjadi kamen rider Amazon dengan benda itu. Gigi Armlet juga merupakan sumber utama kekuatan kamen rider Amazon.

6. Kamen Rider Stronger



Kamen rider Stronger tayang di Jepang pada tahun 1975. Cerita dari kamen rider ini berpusat pada seorang pemuda yang bernama Jou Shigeru. Awalnya, dia adalah seorang pemuda eksentrik dan terkesan sombong. Namun, semua berubah ketika sahabatnya dibunuh oleh sebuah organisasi bernama Black Satan. Ia pun berniat membalas dendam kematian sahabatnya.

Jou berpura-pura bergabung ke dalam organisasi tersebut untuk melakukan operasi cyborg. Ketika operasi itu berhasil, ia pun melarikan diri sebelum dicuci otaknya oleh Black Satan. Jou berubah menjadi kamen rider Stronger dan berbalik melawan organisasi jahat tersebut. Salah satu kekuatan utama Stronger adalah Charge-Up yang berupa serangan elektrik yang mampu menyengat musuhnya.

Baca juga: 17 Metal Heroes Jepang dari Masa ke Masa

7. Kamen Rider Skyrider



Sama seperti pendahulu-pendahulunya, kamen rider Skyrider kembali menggunakan motif belalang. Kamen rider ini tayang di Jepang pada tahun 1979-1980 sebanyak 54 episode. Kisah dari kamen rider ini berawal dari hobi Hiroshi Tsukuba yang senang melakukan kamping dan juga terbang layang. Suatu ketika, ia tanpa sengaja menjadi saksi penculikan organisasi bernama Neo-Shocker yang kemudian mengubah hidupnya. Ia pun bersama seorang dokter bernama Dr. Keitaro diculik.

Dengan kepintaranya, Dr. Keitaro memperdayai pemimpin organisasi Neo-Shocker dan menyakinkannya untuk mengoperasi Hiroshi menjadi cyborg. Namun, bukannya menjadi bawahan yang tangguh, Hiroshi malah menjadi pahlawan yang berbalik memerangi organisasi tersebut. Seusai dengan namanya, salah satu kemampuan super dari kamen rider ini adalah dia mampu terbang.

8. Kamen Rider Super-1



Selanjutnya, ada kamen rider Super-1 yang serialnya tayang di Jepang pada tahun 1980 hingga 1981. Cerita ini berpusat pada seorang astronot yang bernama Kazuya Oki. Dia dengan sukarela diubah menjadi seorang cyborg agar dia mampu beradaptasi di luar angkasa tanpa memakai baju astronot. Akan tetapi, stasiun luar angkasa yang menjadi destinasinya diserang oleh sekelompok musuh yang bernama Dogma Kingdom. Dan dia adalah satu-satunya orang yang selamat dari insiden itu.

Ketika kembali ke Jepang, Kazuya belajar bela diri dan berubah menjadi kamen rider Super-1. Kekuatan utama Super-1 terletak pada kekuatan yang ada pada sarung tangannya. Dia memiliki lima sarung tangan yang berbeda dengan beragam fungsi. Salah satu yang terkuat adalah Silver Hands yang membuatnya mampu mengeluarkan pukulan dengan daya rusak sebesar 300 ton. Wow, fantastis.

9. Kamen Rider ZX



Cerita dari kamen rider ZX berpusat pada seorang pria yang bernama Ryou Murasama. Dia bekerja sebagai seorang pilot, Suatu hari, ia mengajak kakanya pergi ke hutan Amazon untuk meneliti misteri UFO. Sayangnya, pesawatnya tertembak dan dia ditangkap oleh organisasi bernama Badan Empire. Ia juga kehilangan kakaknya yang tewas pada insiden tersebut. Kemudian, Ryou dijadikan eksperimen oleh organisasi jahat itu untuk dijadikan sebagai cyborg warrior. Berbeda dengan kamen rider lain, Ryou tidak berhasil kabur dan dia sempat menjadi anggota dari organisasi jahat itu.

Semua berubah ketika Ryou mengalami kecelakaan dan dia mendapatkan kesadarannya kembali. Ia juga sempat mengalami pertempuran dengan  Super-1 dan Riderman karena salah paham. Kekuatan utama dari kamen rider ZX terletak pada tendangannya yang mematikan dan mampu membasmi musuh-musuhnya. Selain itu, dia juga memiliki peralatan tempur ninja yang modern, seperti Cross Shuriken, Impact Bomb, dan juga Microchain. Kamen rider ZX tayang di Jepang pada tahun 1984.

Baca juga: 10 Final Villain Kamen Rider Terganas

10. Kamen Rider Black



Kamen rider Black adalah serial kamen rider yang sangat populer di Indonesia. Kita biasa menyebutnya dengan julukan “Ksatria Baja Hitam”. Serial ini pernah beberapa kali ditayangkan di salah satu TV swasta lokal pada tahun 90-an. Nah, aslinya serial ini sudah tayang di Jepang pada tahun 1987 hingga 1989 dengan jumlah 51 episode. Sosok dibalik kamen rider ini bernama Kotaro Minami yang sudah sangat melegenda di dunia Tokusatsu.

Dalam serial ini dikisahkan bahwa Kotaro Minami dan Akizuki Nobuhiko lahir pada saat gerhana matahari. Kedua orang tua Kotaro dibunuh oleh sebuah organisasi bernama Gorgom. Kemudian, Kotaro diadopsi menjadi anak angkat Prof Akizuki. Pada ulang tahun mereka yang ke-19, mereka berdua diculik oleh Gorgom untuk diubah menjadi cyborg dan dihapus ingatannya. Tujuan mereka melakukan ini adalah untuk mencari kandidat terbaik untuk dijadikan “The Creation King” selanjutnya.

Prof Akizuki yang mengetahui hal itu tidak rela kedua anaknya dijadikan kelinci percobaan. Ia kemudian mengacaukan operasi tersebut. Kotaro berhasil kabur sebelum memorinya dihapus permanen, tetapi Nobuhiko tidak berhasil kabur. Selain itu, Prof Akizuki juga dibunuh oleh Gorgom. Setelah insiden itu, Kotaro menyadari bahwa ada yang sesuatu yang ada di dalam dirinya, yaitu King Stone yang ditanam di tubuhnya pada saat ia dioperasi. Ia kemudian berubah menjadi kamen rider Black dan melawan Gorgom. Kotaro juga berniat menolong Nobuhiko yang berubah menjadi Shadow Moon.

11. Kamen Rider Black RX



Kamen rider ini merupakan kelanjutan dari serial kamen rider Black. Pemeran utama dari serial ini juga masih Kotaro Minami. Setelah kehancuran Gorgom, dunia sempat mengalami kedamaian, meskipun tidak lama. Semua berubah ketika sebuah organisasi bernama Crisis Empire datang ke bumi dan berniat menguasai dunia.

Karena kamen rider Black tidak mau bekerja sama dengan mereka, ia akhirnya dihabisi dengan cara menghancurkan king stone di dalam tubuhnya dan mengirimnya ke luar angkasa. Namun, bukannya tewas, tubuh Kotaro malah bermutasi setelah terpapar radiasi matahari. Hal itu membuatnya memiliki kekuatan baru dan berevolusi menjadi kamen rider Black RX.



Kekuatan dari kamen rider Black RX juga lebih beragam. Dia mampu berubah bentuk ke dalam mode lain, yaitu Robo Rider dan juga Bio Rider. Bentuk Robo Rider tercipta ketika Kotaro tidak bisa membendung kesedihannya dan Bio Rider tercipta ketika ia dipenuhi dengan kebencian.
***
Nah, mungkin itu saja ya guys daftar kamen rider era Showa yang melegenda. Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga artikel ini mampu mengobati kerinduan kalian terhadap serial kamen rider lawas dan juga menambah wawasan kalian seputar kamen rider. Thank you guys.

Referensi:


EmoticonEmoticon