Daftar Lengkap Rider yang Muncul Pada Serial Kamen Rider Zi-O



Kamen rider Zi-O adalah kamen rider penutup era Heisei. Kamen rider mulai tayang pada tahun 2018 dan berakhir pada 25 Agustus 2019. Serial kamen rider ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Sougou yang berniat menjadi raja di kemudian hari. Ia kemudian bertemu dengan Geiz dan Tsukuyomi yang berasal dari masa depan untuk menghentikan Sougo agar tidak berubah menjadi raja iblis. Mereka bertiga pun melalui petualangan yang kompleks dan bertarung melawan sekelompok penjarah waktu bernama Time Jacker yang dipimpin oleh Swortz.

Nah, kali ini saya pengen mengulas beberapa daftar rider yang muncul dalam serial kamen rider ini. Buat kalian yang pernah nonton kamen rider ini, pasti tidak asing lagi dengan kamen rider berikut. Langsung saja yuk kita bahas bersama.

1. Kamen Rider Zi-O


Tokiwa Sougo adalah seorang murid SMA yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang raja yang hebat dan baik hati. Dia berubah menjadi kamen rider Zi-O setelah bertemu dengan Tsukuyomi dan Geiz yang datang dari masa depan, tepatnya 50 tahun dari waktu Sougo muda. Mereka berdua berniat menghentikan Sougo agar tidak berubah menjadi Ohma Zi-O yang jahat dan kejam.

Sougo berubah menjadi kamen rider Zi-O dengan menggunakan Zi-O Ridewatch dan memasukkannya ke Ziku-Driver. Dia pun bertarung melawan sebuah grup bernama Time Jacker yang menciptakan Another Rider untuk melawan Zi-O. Tujuan dari Time Jacker adalah mencari calon raja yang tepat untuk menjadi penguasa waktu. Zi-O memiliki senjata utama yang bernama Zikan Girade yang dapat berubah ke dalam dua mode, yaotu mode pedang dan mode senjata api. Salah satu serangan akhir Zi-O yang sangat khas adalah Time Break dengan dua variasi, yaitu versi Rider Kick dan Rider Slash.

Sebagai kamen rider Zi-O, Souge berusaha keras melakukan yang terbaik. Kemampuan bertarungnya juga meningkat pesat meskipun pada awalnya dia hanya seorang siswa biasa. Dia pun berhasil menjadi Ohma Zi-O dan menyelamatkan dunia Tsukuyomi serta Geiz di masa depan. Ia lalu mereset ulang kembali waktu dan hidup normal seperti biasa.

2. Kamen Rider Geiz


Kamen rider kedua yang muncul dalam serial ini adalah kamen rider Geiz. Geiz adalah seorang prajurit yang datang dari masa depan bersama dengan Tsukuyomi. Mereka berdua adalah korban kekejaman Ohma Zi-O dan berniat menghentikannya dengan cara pergi ke masa lalu ketika Sougo masih belum menjadi raja iblis. Awalnya, Geiz memiliki sikap yang keras dan berniat menghancurkan Sougo, tetapi dia dicegah oleh Tsukuyomi dan mereka bertiga kemudian menjadi teman yang akrab.

Geiz berubah menjadi rider dengan menggunakan Geiz Ridewatch dan Ziku-Driver, sama seperti Zi-O. Dia juga dapat menggunakan kemampuan Rider Ridewatch seperti halnya Zi-O. Selain itu, Geiz memiliki senjata utama yang bernama Zikan Zax yang dapat berubah menjadi dua mode, yaitu mode panah dan mode kapak. Selain itu, Geiz juga memiliki serangan finisher yang bernama Time Burst dengan dua variasi, yaitu Rider Kick dan Rider Break.

Setelah Sougo menulis ulang waktu, Geiz hidup kembali sebagai siswa normal dan dia tinggal di tahun 2018 dengan nama Keito Myokoin.

3. Kamen Rider Woz


Selanjutnya, kamen rider yang muncul dalam serial ini adalah kamen rider Woz. Woz adalah pelayan dari Tokiwa Sougo. Dia memiliki misi untuk membantu Sougo menjadi Ohma Zi-O. Selain itu, dia juga berperan sebagai narator. Woz memiliki sebuah buku catatan yang berisi kumpulan informasi penting mengenai Zi-O dan juga kamen rider.

Dalam cerita ini, terdapat dua versi Woz yang berbeda akibat perubahan yang terjadi di masa depan. Woz yang pertama adalah pelayan Zi-O atau bisa disebut sebagai black Woz. Sementara itu, Woz yang satunya lagi merupakan pelayan dari Geiz dari masa depan dan dia juga memiliki kemampuan untuk berubah menjadi kamen rider Woz dengan Ridewatch yang disebut Miridewatches dan juga BeyonDriver. Namun, kekuatan itu berhasil dicuri oleh black Woz dan eksistensi dari white Woz menghilang di tengah cerita.

Dalam bertarung, kamen rider Woz mampu mengakses kekuatan rider dari masa depan. Selain itu, Woz juga menggunakan sebuah senjata scythe yang bernama Zikan Despear. Woz juga memiliki finisher yang bernama Time Explosion, sebuah tendangan super kuat dengan mengirimkan energi hijau di sekeliling target.

4. Kamen Rider Shinobi


Kamen rider Shinobi merupakan rider dari masa depan. Dia berasal dari tahun 2022. Dalam cerita ini diceritakan bahwa kekuatan Rantaro Kagura sebagai kamen rider Shinobi dicuri dan diekstrasi ke dalam Another Ridewatch yang kemudian digunakan kepada dirinya sendiri pada tahun 2019 akibat ulah Time Jacker. Hal itu membuat Rantaro berubah menjadi Another Shinobi.

Pada dasarnya, Rantaro adalah seorang ninja terlatih yang mampu menggunakan beragam teknik ninjutsu, seperti teknik api dan teknik bayangan. Dia kemudian berubah menjadi kamen rider Shinobi dengan menggunakan Shuriken Starter dan Shinobidriver. Kekuatan utama kamen rider ini berbasis pada teknik serangan ninjutsu. Senjata yang dia gunakan juga tak beda jauh dengan peralatan ninja pada umumnya, seperti kunai dan shuriken. Meskipun demikian, kamen rider Shinobi sangat unggul dalam hal kecepatan dibandingkan kamen rider yang lain.
5. Kamen Rider Quiz


Sama seperti kamen rider Shinobi, kamen rider Quiz juga berasal dari masa depan. Mondo Douan adalah seorang pemuda yang berasal dari tahun 2040. Ketika ibunya sakit, dia dibawa oleh white Woz ke tahun 2019 untuk menelusuri jejak ayahnya yang bekerja sebagai ilmuwan. Dia ingin tahu apakah ayahnya pernah mencintai ibunya atau tidak agar ibunya bisa meninggal dengan tenang.

Sebagai kamen rider Quiz, Mondo adalah petarung yang kuat dan juga jenius. Dia dapat berubah menjadi kamen rider Quiz dengan menggunakan Quzi Topper dan Quizdriver. Uniknya, gaya bertarungnya berbeda dengan kamen rider lain yang mengandalkan kekuatan ataupun kecepatan. Kamen rider Quiz bertarung dengan memberikan pertanyaan kepada lawan. Apabila lawan gagal menjawab pertanyaan, dia akan menerima serangan elektrik yang sangat menyakitkan. Bahkan, Zi-O dan Geiz dapat dikalahkan oleh kamen rider Quiz dengan mudah karena mereka kesusahan menjawab pertanyaan dari kamen rider Quiz.

6. Kamen Rider Kikai


Sosok asli dari kamen rider Kikai adalah Rento Makina yang hidup pada tahun 2121. Rento di masa lalu merupakan mainan robot milik Tokiwa Sougo kecil. Berkat kemampuan super Ohma Zi-O, robot itu pun terlahir dan memiliki eksistensi sebagai Rento di tahun 2121. Pada awalnya, dia bergabung bersama pasukan Humanoise yang menyerang manusia, tetapi dia kemudian berubah menjadi baik dan pelindung manusia setelah berteman dengan anak-anak kecil.

Untuk berubah menjadi kamen rider Kikai, Rento menggunakan Spannender dan Screwder dan memasukkannya tepat ke pusat dari Kikaidriver secara bersamaan. Selain itu, kamen rider ini juga memiliki berbagai macam teknik serangan yang berbasi energi es. Dengan menyentuh Destructo Reactor yang terdapat pada Kikaidriver, kamen rider Kikai dapat menggunakan salah satu dari tiga serangan utamanya, yaitu Kikai Will Destroy, Ultimetal Finish, dan juga Fullmetal The End. Jika dibandingkan dengan kamen rider lain, kamen rider Kikai kalah dalam hal kecepatan.      

7. Kamen Rider Ginga


Selanjutnya, ada kamen rider Ginga yang merupakan kamen rider jahat dan memiliki tujuan untuk menaklukkan seluruh alam semesta. Dia datang pada tahun 2019 tepat ketika meteor jatuh di bumi akibat distorsi yang terjadi dalam kontinum ruang dan waktu. Kedatangannya bertepatan dengan pertempuran antara kamen rider Zi-O melawan Another Kiva. Ia juga tidak memihak siapapun dan menyerang siapapun yang menghalanginya.

Kamen rider Ginga memiliki kemampuan yang sangat kuat. Dia dapat memanipulasi energi kosmik dan menembakkan sejumlah besar energi tesebut ke arah musuhnya. Hal itu membuat dia mampu mengalahkan musuh-musuhnya secara tanpa susah payah. Selain itu, Ginga juga dapat menggunakan kekuatan solar energi. Meskipun kekuatannya sangat super, dia masih memiliki kelemahan, yaitu kegelapan yang membuat dia tidak mampu mengeluarkan energinya secara maksimal. Untuk mengalahkan kamen rider Ginga, Zi-O bahkan menggabungkan kekuatannya dengan para Time Jacker.

Baca juga: Daftar Lengkap Form Kamen Rider Kuuga Beserta Kekuatannya

8. Kamen Rider Tsukuyomi


Tsukuyomi merupakan teman baik dari Sougo dan Geiz. Ia berasal dari masa depan bersama dengan Geiz dan bertemu dengan Sougo untuk mencegahnya agar tidak berubah menjadi Oma Zi-O yang jahat.

Dalam perjalanannya, dia membantu Sougo melawan para Another Rider dan juga sekelompok penjahat bernama Time Jacker. Lambat laun, identitas Tsukuyomi pun akhirnya terbongkar. Ia merupakan adik dari pemimpin Time Jacker, yaitu Swartz yang memiliki kemampuan untuk menghentikan waktu. Swartz dan Tsukuyomi ternyata berasal dari dunia yang berbeda, seperti dunia rider yang lain. Namun, dunia mereka berada di ambang kehancuran karena di dunia tersebut tidak ada seorang Kamen Rider.

Tsukuyomi berubah menjadi Kamen Rider Tsukuyomi untuk mencegah kehancuran dunianya. Ia kemudian juga membunuh Swartz di akhir cerita. Namun, akibat dari perbuatan itu, dia juga terbunuh karena serangan terakhir dari Swartz.

9. Kamen Rider Barlckxs


Kamen rider Barlckxs adalah antagonis utama dalam film Zi-O: Over Quatzer. Sosok dibalik kamen rider ini adalah pemimpin dari organisasi bernama Overquatzer yang bernama Sougo Tokiwa, sosok yang berbeda dari Sougo yang asli. Sebagai kamen rider Barlckxs, dia ingin membangun kembali dunia rider era Heisei dengan cara menghapusnya dan mengganti itu dengan sebuah era baru. Dia memiliki sikap yang sangat arogan.

Kamen rider Barlckxs memiliki kekuatan yang sangat merepotkan. Dia mampu menggunakan kemampuan dari kamen rider legenda, yaitu kamen rider Black RX dengan berubah menjadi liquid dan kamen rider J dengan mengubah ukurannya menjadi jumbo. Selain itu, kamen rider ini juga memiliki kemampuan untuk menonaktifkan perubahan kamen rider Zi-O ketika menggunakan form rider lain. Kamen rider Barlckxs memiliki serangan finisher bernama Barlckxs Time Break yang mirip tendangan super kamen rider Black RX.

10. Kamen Rider Zonjis


Kagen adalah salah satu anggota dari Quartzer yang berubah menjadi kamen rider Zonjis. Dia juga memiliki loyalitas yang tinggi terhadap SOUGO. Selain itu, Kagen memiliki sikap yang emosional dan selalu bertarung dengan mengandalkan kemampuan ototnya tanpa strategi atau taktik.

Kamen rider Zonjis juga memiliki kemampuan dari kamen rider legenda Black RX Roborider, yaitu menembakkan missile dari dadanya. Selain itu, dia juga memiliki serangan akhir bernama Zonjis Time Break yang berupa tendangan yang difokuskan pada kaki kirinya dan menimbulkan efek warna hijau ketika dia menyerang musuhnya.

11. Kamen Rider Zamonas


Selain Kagen, ada Jogen yang merupakan anggota Quartzer yang dapat berubah menjadi kamen rider Zamonas. Sama seperti Kagen, dia juga memiliki loyalitas yang tinggi terhadap SOUGO. Namun, Jogen memiliki sifat yang bertolak belakang dengan Kagen. Dia memiliki sikap yang lebih tenang dalam pertempuran. Karena itulah, Kagen lebih senang menggunakan taktik dibandinkan serangan mentah.

Dalam bertarung, kamen rider Zamonas menggunakan senjata yang berupa alat panah. Selain itu, kamen rider ini juga memiliki serangan akhir berupa tendangan yang memancarkan warna merah dan biru yang dinamakan Zamonas Time Break. Salah satu fakta unik mengenai kamen rider ini adalah penamaan kamen rider ini merupakan anagram dari “Amazons”, salah satu kamen rider era Showa.

***
Nah, mungkin itu saja ya guys daftar lengkap para rider  yang muncul dalam serial kamen rider Zi-O. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian seputar dunia kamen rider ya guys. Thanks atas kunjungannya.

Baca juga: 10 Tertiary Rider Era Heishei Terkeren


EmoticonEmoticon