10 Tokusatsu Keren yang Berasal dari Luar Jepang

Serial tokusatsu merupakan salah satu serial Superhero dari Jepang yang sangat terkenal, contohnya adalah kamen rider, super sentai, metal hero, dan sejenisnya. Uniknya, serial ini tidak hanya dibuat di Jepang saja lho gaes, tetapi serial tokusatsu ini juga dibuat di beberapa negara dengan ciri khas dan keunikan masing-masing.

Nah, kali ini saya ingin mengulas daftar tokusatsu yang berasal dari luar Jepang. Buat kalian yang menggemari tokusatsu, pasti kalian tidak asing lagi dengan serial-serial ini. Yuk, langsung saja kita list-nya berikut ini.

1. Armor Hero


Armor Hero adalah serial Tokusatsu yang berasal dari China dan tayang pertama kali pada tahun 2009. Cerita dari Armor Hero berpusat pada lima pemuda yang berasal dari lima desa yang berbeda, yaitu desa Api, desa Air, desa Kayu, desa Emas, dan desa Tanah. Di dalam tubuh mereka terdapat sebuah gen yang misterius. Dengan kekuatan Guang Ying Shi, mereka dapat berubah menjadi ksatria berarmor yang sangat kuat.

Sebagai ksatria berarmor, mereka semua bertarung melawan rencana jahat sekaligus menentang Shadow Emperor dan prajuritnya. Para penjahat tersebut ingin merusak kebahagiaan orang-orang dengan menggunakan polutan untuk menciptakan monster yang merusak lingkungan. Berkat kekuatan Armor Hero, mereka semua berhasil dikalahkan.

Serial Armor Hero pernah ditayangkan di Indonesia. Menurut saya, serial ini sangat keren dan tak kalah dengan serial Tokusatsu Jepang. Desain para Armor Hero sangat bagus dan mereka juga memiliki ciri khas masing-masing dalam pertarungan.

2. Legend Hero Samgugjeon

via suka2sub

Berbeda dengan Armor Hero yang berasal dari China, Legend Hero Samgugjeon merupakan serial Tokusatsu yang berasal dari Korea. Serial ini diproduksi oleh MoonWatche dan juga Synergy Media dan ditayangkan di EBS1, salah satu stasiun TV Korea.

Cerita dari Tokusatsu ini erat kaitannya dengan cerita Romance of Three Kingdoms. Terdapat banyak elemen dari kisah asli yang dimunculkan dalam cerita. Selain itu, penamaan karakter dan beberapa adegan juga didasarkan cerita asli Three Kingdoms.

Tokoh utama dari cerita ini adalah Liu Bei, seorang pemuda naif dan kurang beruntung yang diadopsi oleh master dari dojo Flying Dragon Fist. Hidupnya berubah ketika XU Shu, salah satu Spirits memberitahukan kepada Liu bahwa dia adalah salah satu dari Legend Heroes. Karena itulah, dia harus bertarung sebagi Legend Hero Guan Yu untuk menyelamatkan dunia sekaligus demi keinginannya sendiri.

3. Battle Strike Team: Giant Saver


Battle Strike Team: Giant Saver adalah serial tokusatsu yang berasal dari China. Serial ini diciptakan oleh Alpha Group C. Ltd dan ditayangkan pada tahun 2012 dengan jumah 52 episode. Cerita dari tokusatsu ini berpusat pada sekelompok superhero bernama Giant Saver yang bertugas untuk melindungi bumi dari ancaman para demon yang sering berbuat kekacauan.

Dengan menggunakan Savers yang ditinggalkan oleh para naga dari masa lalu, enam pemuda dengan berbagai macam kepribadian berubah menjadi ksatria Giant Savers, yaitu Fire Guard, Steel Guard, Ocean Guard Thunder Guards, Sky Guards, dan Earth Guard dengan keunikan mereka masing-masing.
4.  Bima Satria Garuda


Bima Satria Garuda adalah serial Tokusatsu asli Indonesia yang merupakan hasil kerjasama MNC Media dengan Ishimori Productions atas inisiatif Reino Barack. Serial ini mulai ditayangkan di RCTI pada tahun 2013 setiap hari Minggu pukul 08.30 WIB dengan toal 26 episode.

Cerita dari serial ini berpusat pada seorang pemuda yang bernama Ray Bramasakti. Suatu ketika, dia mendapatkan Powerstone Merah dari seorang pemuda misterius bernama Mikhail untuk menghentikan usaha Rasputin dari kerajaan VUDO untuk mengambil alih Bumi. Diceritakan bahwa kerajaan VUDO tengah berada di ambang kehancuran dan Rasputin ingin menemukan sumber daya baru. Dengan kekuatan Powerstone merah, Ray dapat berubah menjadi Bima sang Satria Garuda dan menghentikan rencana dari Rasputin.

5. Sport Ranger


Sport Ranger merupakan serial Tokusatsu pahlawan super dari Thailand yang dibuat oleh Broadcast Thai Television. Serial ini terdiri dari 16 episode dan disiarkan di Thailand pada tahun 2006. Sport Ranger beranggotakan enam orang. Masing-masing anggota memilliki kekuatan dan teknik serangan yang bertemakan olahraga, seperti tinju, sepak bola, tennis, dll.

Dalam cerita ini, Sport Ranger bertempur melawan Starhunter yang berasal dari ras alien. Starhunter ingin mencuri seluruh energi kehidupan dari planet lain. Salah satu planet yang ingin dikuasai oleh Starhunter adalah bumi. Akan tetapi, keberadaan Sport Ranger membuat rencana Starhunter gagal dan mereka berhasil dihancurkan.

6. Erexion


Erexion adalah serial tokusatsu yang berasal dari Korea yang tayang pada tahun 2006. Serial ini diciptakan oleh Chungam Entertainment dan ditayangkan di tv KBS 2. Erexion terdiri dari tujuh anggota yang didasarkan pada tujuh hari dalam kalender Asia (Sun, Moon, Fire, Water, Wood, Metal, dan Earth).

Sinopsis dari cerita ini berpusat pada tujuh pahlawan yang berusaha untuk menjaga kristal energi yang berasal dari planet Airon. Keberadaan kristal tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan galaksi. Namun, ada musuh bernama Terra yang sangat jahat dan berniat mengendalikan energ itu. Ketujuh Erexion itu pun bertempur melawan Terra yang sudah dibangkitkan yang berniat menguasai energi tersebut.

7. Battle Strike Team: Space Deleter


Battle Strike Team: Space Deleter adalah sekuel kedua dari Giant Savers. Serial tokusatsu ini dibuat dan diproduksi oleh Alpha Group Co. LTd yang ditayangkan pada tahun 2014. Tim Space Deleter terdiri dari enam angota, yaitu merah,  biru, hijau, kuning, pink, dan hitam. Sesuai dengan namanya, Space Deleter mengambil tema yang berkaitan erat dengan luar angkasa dan video game.

Para Space Deleter berjuang melawan para alien yang datang ke bumi melalui wormhole atau lubang cacing. Mereka berniat menjadikan manusia sebagai budak mereka. Akan tetapi, kekuatan Space Deleter yang mampu menggunakan kekuatan dari planet sekaligus teknologi super membuat mereka mampu menghentikan serangan para alien.

8. Mystic Knight Tir Na Nog


Mystic Knight Tir Na Nog adalah serial Tokusatsu asli ciptaan Saban. Serial ini ditayangkan pada tahun 1998 hingga 1999 di Amerika. Cerita dari serial ini berdasarkan mitologi dari Irish. Istilah Tir Na Nog sendiri merupakan sebuah dunia lain dalam mitologi Irish.

Cerita dari tokusatsu ini berpusat pada lima pahlawan terpilih dari kerajaan yang berperang melawan kejahatan ratu Maeve. Pemuda ini memperoleh senjata dan juga armor yang mampu menggunakan kekuatan elemen klasik, yaitu api, udara, air, tanah, dan hutan. Ratu Maeve yang jahat berniat inging menguasai kerajaan Kells dengan menciptakan berbagai macam monster untuk melancarkan rencananya.

Serial ini sebenarnya ingin dibuat sekuel kedua. Namun, karena kepopulerannya kalah dengan Power Rangers, akhirnya Saban memilih membatalkan sekuel ini dan semua anggaran produksinya dialihkan ke Power Rangers Lost Galaxy.

9. X-Garion


X-Garion adalah salah satu serial Tokusatsu dari Korea yang tayang pada tanggal 1 Agustus 2019 hingga Januari 2020 dengan total 44 episode. Serial ini mirip banget sama Super Sentai dari Jepang. Dalam serial ini, X-Garion merupakan sebuah entitas misterius dan sangat kuat dengan kekuatan tanpa batas.

Tidak sembarang orang yang dapat berubah menjadi X-Garion karena hanya orang-orang terpilih yang dapat mendapatkan kekuatan X-Garion dan bertransformasi menjadi ksatria super kuat dengan perubahan yang didasarkan pada hewan legenda, seperti White Tiger, Blue Dragon, the Turtle, dan The Phoenix. Para ksatria X-Garion saling bekerjasama dalam melawan musuh yang bernama Black Army Corps yang datang ke bumi dengan tujuan mengumpulkan Mega Stones.
10. Power Master Maxman



Sama seperti X-Garion, Power Master Maxman juga merupakan serial tokusatsu dari Korea yang tayang pada tahun 2004. Cerita ini berpusat pada seorang siswa SMA yang bernama Baek Gi-Hoon yang mendapatkan kemampuan super untuk berubah menjadi Maxman.

Sebagai Maxman, Gi-Hoon memiliki tugas untuk melindungi putri Soophia dari Skillaand dan membantu putri untuk menemukan seluruh batu Leonia. Tak hanya itu, Gi-Hoon juga bertugas melawan D’ga yang menguasai kerajaan Leonia dari galaksi Stella. Dalam bertarung, Gi-Hoon memiliki tiga perubahan utama dengan kekuatan yang berbeda-beda, yaitu Fire Maxman, Aqua Maxman, dan Storm Maxman.
***
Nah, mungkin itu saja ya guys dapat saya share seputar Tokusatsu keren dari luar Jepang. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga menghibur dan menambah wawasan kalian ya guys.


EmoticonEmoticon