6 Kriteria yang Harus Dimiliki Oleh Para Yonkou di One Piece


Dalam cerita One Piece, Yonkou adalah para kaisar lautan yang sangat kuat dan namanya ditakuti oleh seluruh dunia, baik oleh bajak laut dan juga angkatan laut. Mereka memiliki kemampuan yang berbahaya dan berpotensi tinggi menjadi ancaman bagi Pemerintah Dunia. 
Nah, kira-kira bagaimana sih kriteria yang harus disandang seseorang untuk bisa disebut sebagai Yonkou? Kali ini saya pengen mencoba mengulas beberapa kriteria seorang Yonkou berdasarkan pengamatan saya selama nonton One Piece. Check it out guys.
1. Kemampuan Bertarung yang Overpower
Sebagai kaisar lautan, seorang Yonkou memiliki kekuatan yang mampu mengintimidasi orang-orang di seluruh dunia. Sejauh ini, hampir rata-rata para Yonkou memiliki kekuatan yang overpower dan levelnya jauh berbeda dibandingkan bajak laut biasa atau rookie yang baru. Bahkan, beberapa Sichibukai yang terkenal kuat ternyata kekuatan mereka tidak sebanding dengan seorang Yonkou.
Tolak ukur yang bisa digunakan dalam hal ini adalah paling tidak kekuatan Yonkou mampu menghancurkan suatu wilayah tanpa kesusahan. Kita ambil contoh Big Mom, Kaido, dan juga Shirohige. Mereka bertiga memiliki kekuatan yang sangat hebat dan berpotensi mampu menghancurkan sebuah pulau. Dengan kekuatan Prometheus, Big Mom dapat membakar sebuah wilayah dalam waktu singkat. Begitupun Kaido dengan teknik semburan naga miliknya yang dapat menjadi bencana. Bukti lain adalah Shirohige yang mampu membuat Marinefor hancur karena kekuatan gempa miliknya.
2. Memiliki Haohshoku no Haki
Kriteria kedua yang dimiliki oleh seorang Yonkou adalah dia memilik Haohshoku no Haki dan berpotensi untuk menjadi raja di lautan. Kriteria ini sangatlah logis karena hampir semua Yonkou memilikinya, contoh saja Kaido, Big Mom, Shanks, dan Shirohige. Kekuatan haki raja milik mereka pun memiliki level yang lebih kuat jika kita lihat sejauh ini. 
Untuk kasus Teach, saat ini kita tidak tahu apakah dia memiliki haki raja atau tidak karena belum dijelaskan secara langsung oleh Oda. Namun, kemungkinan besar Teach juga memilikinya melihat dia punya ambisi yang kuat berdiri di atas puncak.

Baca juga: Mengenal Daftar Anggota Bajak Laut Akagami
3. Memiliki Kekuatan Tempur atau Militer yang Sangat Tangguh
Berikutnya, kriteria yang dimiliki oleh Yonkou adalah mereka punya kekuatan tempur atau militer yang tangguh dan berpotensi mendominasi sebuah wilayah. Seperti yang kita lihat sejauh ini, hampir semua para Yonkou memiliki kru yang tangguh dengan bounty kisaran ratusan juta hingga milyaran Berry. Selain itu, rata-rata dari mereka adalah pengguna buah iblis dan mampu menguasai dua jenis haki.
Selain kru utama, Yonkou biasanya juga menjalin aliansi dengan bajak laut lain yang baru memasuki dunia baru. Para bajak laut tersebut rela bersedia bekerja di bawah pimpinan para Yonkou demi keselamatan mereka. Contohnya adalah bajak laut Big Mom yang pernah membawahi bajak laut Matahari dan bajak laut Firetank atau bajak laut Beast yang membawahi bajak laut Hawkins, Drake, dan On Air.
Sebagai tolak ukur, kita bisa lihat Shirohige dan aliansinya yang mampu membuat angkatan laut kerepotan. Bisa kita simpulkan bahwa kekuatan tempur milik Yonkou setara dengan seluruh kekuatan tempur angkatan laut. Oleh sebab itu, untuk menantang seorang Yonkou pun seseorang harus mengumpulkan pasukan dalam jumlah besar.
4. Memiliki Wilayah Kekuasaan atau Teritori
Selain memiliki kekuatan tempur yang besar, para Yonkou biasanya memiliki teritori yang menjadi basis kekuatan mereka. Normalnya, para Yonkou biasanya memiliki kekuasaan di beberapa wilayah di dunia baru, tetapi mereka juga menjadikan pulau tertentu sebagai markas utama mereka, contohnya Kaido yang menduduki Wano, Big Mom yang berada di Whole Cake Island, dan Kurohige yang berada di pulau Beehive.
Dalam beberapa kasus, wilayah yang berada di bawah bendera Yonkou biasanya memiliki kewajiban untuk memberikan upah atau upeti tertentu. Di pulau manusia ikan dulu, kerajaan Ryugu harus memberikan sejumlah permen dan manisan kepada Big Mom selama kurun waktu tertentu. Apabila permintaan itu tidak terpenuhi, Big Mom bisa sangat marah dan mengeluarkan kekuatan tempurnya untuk menghancurkan pulau tersebut. Di Wano, Kaido bekerjasama dengan Orochi untuk memproduksi senjata dengan kualitas yang tinggi.
Baca juga: 20 Kru Bajak Laut Big Mom yang Terkuat

5. Bounty yang Tinggi > 2 Miliar Berry
Berdasarkan kekuatan serta potensi ancaman yang berbahaya bagi angkatan laut dan Pemerintah Dunia, bukan hal yang aneh jika seorang Yonkou memiliki bounty yang sangat fantastis dengan angka di atas dua miliar berry. Sejauh ini, bounty yang paling rendah dimiliki oleh Teach dengan harga 2,247,000,000 berry dan bounty tertinggi dipegang oleh Kaido dengan harga 4,611,100,000 berry.
6. Mendapat Pengakuan dari Seluruh Dunia
Hal terakhir yang membuat seseorang mampu menyandang gelar Yonkou adalah dia mendapat pengakuan dari seluruh dunia, khususnya pihak-pihak yang punya otoritas tinggi seperti angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Oleh sebab itu, seorang bajak laut tidak bisa mendeklarasikan dirinya secara sepihak untuk menjadi seorang Yonkou, contohnya ketika Morgan memberitakan bahwa Luffy telah muncul sebagai seorang kaisar lautan kelima.
Meskipun berita itu menggemparkan dunia, menurut saya Luffy memang belum waktunya menyandang gelar tersebut. Dia memang sudah memenuhi beberapa kriteria, seperti Haohshoku no Haki dan kekuatan tempur yang besar dengan armada SHP yang dibentuk di Dressrosa. Akan tetapi, Luffy masih perlu beberapa langkah lagi untuk bisa menjadi seorang Yonkou.
***
Nah, mungkin itu saja ya guys beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang Yonkou. Semoga artikel ini menghibur dan menambah wawasan kalian seputar One Piece. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan. Thanks.

Baca juga: Mengenal Anggota Bajak Laut Kurohige

0 Response to "6 Kriteria yang Harus Dimiliki Oleh Para Yonkou di One Piece"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel