Daftar Makanan Indonesia yang Mirip dengan Makanan Jepang


Halo guys! Pada kesempatan ini saya pengen sharing seputar dunia kuliner nih. Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan mengulas daftar makanan indonesia yang mirip banget dengan makanan Jepang. Saya yakin, sobat sudah tidak asing dengan makanan-makanan berikut ini. Langsung saja yuk sob kita liat bersama daftar makanan tersebut.

1. Ramen - Mie Ayam

via brillio.net

Ramen dan mie ayam merupakan makanan yang sama-sama berbentuk mie kuah dengan campuran kaldu yang memiliki cita rasa gurih dan memikat. Selain itu, untuk menambah kenikmatan, ramen dan mie ayam biasanya ditambahi sayuran dan juga daging.

2. Sushi – Lemper

via brillio.net

Sushi adalah salah satu makanan Jepang yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari nasi dengan isi berbagai macam bahan, seperti daging ayam atau daging ikan salmon, lalu dibungkus menggunakan nori atau kertas rumput laut. Sushi mirip banget dengan lemper guys. Bedanya, lemper terbuat dari ketan dan dibungkus dengan daun pisang. Isi dari lemper pun bisa berupa daging ayam ataupun abon sapi.

3. Dango – Klepon

via brillio.net

Selanjutnya, ada Dango nih guys yang mirip banget dengan klepon. Kedua makanan ini sama-sama terbuat dari tepung beras dengan tekstur kenyal plus rasa manis. Dango biasanya berisi kacang merah, sedangkan klepon berisi gula merah dengan taburan parutan kelapa. Dalam penyajiannya, dango biasanya disajikan dengan tusukan sate, sementara klepon bisa disajikan langsung guys.

4. Yakisoba - Mie Goreng

via brillio.net

Mie goreng merupakan makanan favorit kita nih guys, khususnya anak kos. Di Jepang, juga ada lho mie goreng yang disebut Yakisoba. Kedua makanan ini sama-sama terbuat dari mie dan digoreng dengan tambahan bumbu-bumbu yang membuat cita rasa mie lebih nikmat guys.

5. Yakitori - Sate Ayam

via brillio.net

Yakitori ini mirip banget lho sama sate ayam. Kedua makanan ini sama-sama ditusuk dan disusun dari potongan daging. Kemudian, makanan ini dilumuri dengan bumbu kemudian dibakar. Perbedaan dari kedua makanan ini hanya terletak pada bumbu dan sausnya. Yakitori menggunakan saus kecap asin dengan bumbu khusus, sedang sate menggunakan saus kacang.
6. Gyoza - Pangsit

via brillio.net

Gyoza merupakan makanan Jepang yang terbuat dari udang cincang yang dibungkus dengan lembaran kulit tepung terigu. Sama persis dengan pangsit lho guys, bedanya pangsit biasa diisi dengan daging cincang dan disajikan bersama mie ayam. Cara memasak kedua makanan ini pun sama-sama direbus, tetapi juga bisa digoreng.

7. Doreyaki – Apem

via brillio.net

Ketika kita mendengar doreyaki, pasti kita langsung teringat Doraemon yang sangat suka makanan ini. Doreyaki ini bentuknya mirip dengan apem lho guys. Komposisi dari kedua makanan ini juga sama-sama terbuat dari tepung beras, santan, dan telur. Selain itu, pembuatannya dibuat dengan cara dikukus atau dibakar.

8. Mochi – Kue Bugis

via travel.tribunnews.com 

Mochi merupakan makanan Jepang yang berbentuk bulat dan terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga halus dan lengket. Makanan ini mirip banget dengan kue bugis lho guys. Kue bugis juga terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan. Hanya saja, kue bugis ini dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus dengan daun pisang.

9. Yakimeshi - Nasi Goreng

via brillio.net

Di Jepang, ternyata juga ada nasi goreng loh guys. Hanya saja, nasi goreng di sana disebut yakimeshi. Cara pembuatannya pun kurang lebih sama, yaitu nasi yang dioleh dengan cara digoreng dengan tambahan bumbu-bumbu spesial.
10. Onigiri – Lontong

via brillio.net

Onigiri adalah makanan Jepang yang terbuat dari nasi. Cara pembuatan dari makanan ini ialah nasi yang masih hangat dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk kepalan. Lalu, makanan ini dipadukan dengan kertas nori. Sekilas, makanan ini mirip banget dengan lontong guys. Lontong merupakan makanan pengganti nasi yang biasa disajikan dengan opor.

11. Chanpuru - Sayur Tumis

via brillio.net

Chanpuru ialah makanan dari sayuran yang terbuat dari campuran telur ayam, tahu, maupun daging. Di Indonesia, kita juga memiliki makanan erupa chanpuru loh guys, yaitu sayur tumis. Cara memasaknya pun sama, sayur ditumis dengan berbagai macam campuran, bisa dengan daging maupun bahan yang lain.

12. Okonomiyaki - Martabak Asin

via brillio.net

Selanjutnya, ada Okonomiyaki nih guys yang mirip banget dengan martabak asin. Penyajian dari kedua makanan ini samasama dibuat pipih dan enak dimakan selagi masih hangat. Pembuatan dari kedua makanan ini sama-sama berasal dari tepung, irisan kol, dan juga daging. Kemudian, kedua makanan ini juga digoreng di atas penggorengan yang datar.

13. Oden – Baceman

via brillio.net

Oden merupakan makanan khas Jepang yang direbus dalam kuah yang sudah dicampur dengan kecap asin. Di dalamnya terdapat berbagai macam campuran makanan, seperti lobak, telur rebus, dan lain-lain. Makanan ini sama dengan baceman yang ada di Indonesia. Baceman biasanya direbus dalam kuah bumbu hingga berwarna cokelat kehitaman. Dalam penyajiannya, Oden disajikan dengan kuah dan disantap ketika masih hangat, berbeda dengan baceman yang bisa disantap tanpa perlu kuah.

Baca juga: Membeli New Toyota Hiace Luxury Di Auto 2000 Pluit Pasti Menguntungkan

14. Kakiage - Bakwan



via idntimes.com

Terakhir nih guys, ada kakiage yang mirip banget dengan bakwan. Kakiage merupakan makanan khas yang terbuat dari campuran sayur serta bisa ditambahkan potongan udang yang dicampur adonan tepung lalu digoreng. Sama banget kan dengan bakwan. Bedanya, bakwan biasanya berisi campuran sayur seperti wortel dan juga gubis. 

15. Nikujaga – Semur

via kuliner.ilmci.com

Nikujaga adalah makanan yang memiliki arti daging kentang. Artinya, makanan khas Jepang yang satu ini terbuat dari daging, kentang, dan bawang bombay yang direbus dengan gula serta kecap asin. Sementara itu, bahan-bahan semur adalah kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala, dan juga cengkeh. Selain itu, bahan lain yang biasa dimasak dengan kuah semur adalah ayam, kentang, tahu, tempe, dan juga telur.

***
Nah, mungkin itu dulu ya gaes daftar makanan Indonesia yang mirip dengan makanan Jepang. Akhir kata, semoga artikel ini menghibur kalian semua ya. Thanks banget atas kunjungannya. Bye Bye.

Baca juga: Hal-Hal yang Menjadi Dilema Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

1 comments:

Blogwalking Lurr...silaturahmi

Iku Dorayaki, rumangsaku kok koyok terang mbulan yo?


EmoticonEmoticon