10 Musuh yang Gagal Dikalahkan Roronoa Zoro pada Pertempuran Terdahulu

Roronoa Zoro adalah salah satu kru Topi Jerami yang memiliki cita-cita untuk menjadi pendekar pedang nomor satu di dunia One Piece. Dia menggunakan teknik santoryuu atau gaya tiga pedang dalam bertarung.

Selama perjalanannya, Zoro telah berkembang dari waktu ke waktu dan dia telah bertemu musuh-musuh yang kuat. Akan tetapi, ada beberapa musuh yang dulu terlalu kuat bagi Zoro sehingga ia gagal mengalahkan musuh-musuh tersebut. Nah, kira-kira siapa sajakah musuh yang gagal dikalahkan Zoro dalam pertempurannya terdahulu?

Yuk, kita lihat list-nya berikut ini.

1. Buggy

Saat baru bergabung menjadi kru Luffy, Zoro dan Luffy sempat singgah ke Orange Town yang menjadi markas bajak laut Buggy. Zoro sempat berhadapan dengan kekuatan Buggy saat dia hendak menyelamatkan Luffy yang sedang ditangkap oleh mereka.

Namun, kekuatan Zoro waktu itu masih belum seberapa dibandingkan dengan kemampuan Buggy yang memiliki kekuatan Bara Bara no Mi. Alhasil, Zoro saat itu belum bisa mengalahkan Buggy dan dia malah terkena serangan yang cukup vital dari Buggy. Meskipun demikian, jika pertarungan mereka diadakan ulang, bisa dipastikan Zoro yang akan menang melihat kekuatan Zoro yang saat ini sudah meningkat drastic.

2. Dracule Mihawk

Pada dasarnya, tujuan Zoro pergi ke lautan adalah untuk bertemu dengan Mihawk yang menyandang gelar pendekar pedang terkuat di dunia. Zoro bertemu dengan Mihawk pada arc Baratie. Di sana, Zoro pun dengan percaya diri menantang duel Mihawk tanpa gentar sedikitpun.

Namun, semua berubah ketika pertempuran mereka dimulai. Hanya dengan mengandalkan pisau kecil, Mihawk mampu menangkis semua serangan-serangan terbaik Zoro. Hasil pertandingan itupun sudah jelas bahwa Mihawk terlalu kuat bagi Zoro saat itu. Sebagai hadiah, Zoro pun terkena tebasan pedang hitam Yoru milik Mihawk.

Saat dilemparkan Kuma, Zoro pun terdampar di tempat tinggal Mihawk dan dia meminta Mihawk mengajarinya untuk bisa menjadi lebih kuat. Berkat bimbingan Mihawk, kemampuan berpedang Zoro pun sekarang telah meningkat.

3. Arlong

Saat berada di Arlong Park, musuh utama yang menjadi lawan Zoro adalah Hacchi yang memiliki kemampuan berpedang yang cukup berbakat. Setelah berhasil mengalahkan Hacchi, Zoro sempat merasakan kekuatan Arlong untuk mengulur waktu agar Sanji bisa menyelamatkan Luffy yang masih terperangkap di bawah laut.

Zoro memang sedang dalam kondisi lemah saat ia berhdapan dengan Arlong. Tubuhnya demam karena luka yang dia terima dari tebasan Mihawk. Pertarungan itu pun hanya berlangsung singkat dan Zoro tidak berdaya dalam cengkeraman Arlong. Untungnya, Luffy berhasil pulih dan mengambil alih pertempuran melawan Arlong.

Baca juga: Profil dan Kekuatan Tujuh Kapten Armada Besar Topi Jerami

4. God Enel

Musuh berikutnya yang dulu gagal dikalahkan Zoro adalah God Enel. Hal ini sangat wajar karena Enel adalah pengguna Logia, Goro Goro no Mi yang membuat dia mampu menjadi manusia petir. Berdasarkan penuturan Nico Robin, buah iblis milik Enel dikatakan sebagai buah iblis dengan daya hancur terkuat.

Setelah melewati ujian survival melawan para pendeta dan suku Shandia, Zoro bersama pejuang lain pun berhadapan dengan Enel. Mereka semua menolak untuk menjadi pengikut Enel. Hal itu membuat mereka semua harus merasakan kekuatan Enel yang levelnya jauh berada di atas mereka. Zoro pun ikut terkena serangan petir Enel hingga dia hangus dan tak sadarkan diri.

5. Aokiji

Sebelum memasuki arc Water Seven dan Enies Lobby, seluruh kru SHP sempat berhadapan dengan admiral Aokiji di sebuah pulau. Keberadaan Aokiji saat itu sempat mengancam Nico Robin. Nggak hanya itu, Aokiji pun membekukan Nico Robin sebagai peringatan terhadap kru SHP.

Luffy dan teman-temannya yang lain pun marah besar. Bersama dengan Zoro dan Sanji, mereka bertiga menyerang Aokiji bersama-sama. Namun, mereka yang saat itu belum menguasai haki tidak mampu berbuat apa-apa di hadapan Aokiji. Saat itu, Luffy dibekukan total oleh Aokiji, sedangkan tangan Zoro membeku terkena es Aokiji dan kaki Sanji pun juga membeku.

6. Rob Lucci

Rob Lucci sampai saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu musuh terbaik yang pernah dilawan oleh Luffy. Bukan hanya Luffy saja yang sempat merasakan kekuatan pengguna Neko Neko no Mi model Leopard ini, melainkan Zoro pun pernah bertarung singkat dengannya di gedung Galley-La, tempat tinggal Iceburg.

Zoro saat itu memang tidak dalam kondisi prima. Dia dapat dengan mudah dikalahkan oleh Rob Lucci dalam mode hybrid dan ia pun dilemparkan sangat jauh hingga terjebak di cerobong asap. Zoro saat itu mungkin memang masih belum selevel dengan Rob Lucci karena agen CP9 yang satu ini memang benar-benar monster dengan kemampuan tempur 4000 dokuriki.

7. Kapten Shu

Saat menunggu hasil pertempuran Luffy melawan Rob Lucci, seluruh kru SHP ditambah Franky bertarung habis-habisan melawan angkatan laut yang mengepung mereka. Sialnya, banyak dari mereka yang memiliki posisi sebagai kapten angkatan laut sehingga mereka bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan.

Salah satu kapten yang cukup merepotkan, khususnya bagi Zoro, adalah kapten Shu yang memiliki kemampuan buah iblis Sabi Sabi no Mi. Kemampuan kapten Shu mampu membuat apapun yang dia sentuh menjadi berkarat. Karena Zoro bertarung menggunakan pedang, kapten Shu adalah lawan yang sulit untuk dikalahkan. Saat bertarung melawan dia, Zoro harus kehilangan pedang Yubashiri miliknya. Meski kemampuan buah iblisnya merepotkan, kapten Shu berhasil dikalahkan oleh Sogeking dengan tembakannya.

Baca juga: 10 Karakter yang Berpotensi Menjadi Next Kru Topi Jerami

8. Bartholomew Kuma

Bartholomew Kuma adalah mantan petinggi pasukan revolusi sekaligus mantan Sichibukai yang rela menjadi eksperimen pembuatan senjata penghancur Pacifista. Kuma sempat menjadi musuh yang sangat merepotkan di Thriller Bark karena saat itu dia memiliki misi untuk membawa kepala Luffy ke angkatan laut.

Melihat kepala kapten mereka sedang diincar, seluruh kru SHP menolak dan memilih melawan Kuma, khususnya Zoro yang sekuat tenaga menyerang Kuma di sisa-sisa kekuatannya yang telah mencapai batas. Karena Kuma terlalu kuat untuknya, Zoro pun pasrah dan dia rela menyerahkan dirinya untuk dibawa Kuma. Sebaliknya, Kuma malah membuat perjanjian dengan Zoro dan memintanya untuk menerima seluruh rasa sakit yang dialami Luffy dalam pertempuran.

9. Kizaru

Musuh berikutnya yang belum mampu dikalahkan oleh Zoro adalah Kizaru yang notabene merupakan admiral angkatan laut. Setelah insiden penyerangan Tenryuubito, Kizaru mendapat perintah untuk menghabisi Luffy dan seluruh krunya beserta bajak laut lain yang terlibat, seperti Kid dan Law. Ia bersama Sentomaru dan dua Pacifista mampu membuat Luffy terpojok dan di ujung tanduk.

Zoro saat itu pun juga tak berdaya saat berhadapan dengan Kizaru yang tak bisa diserang dengan cara apapun, kecuali dengan haki atau batu laut. Untungnya, saat itu ada Kuma yang datang menyelamatkan Luffy dan teman-temannya, meskipun itu artinya mereka harus terpisah di berbagai tempat.

10. Fujitora

Musuh terakhir yang gagal dikalahkan Zoro pada pertempuran terdahulu adalah Fujitora. Admiral yang satu ini memang cukup bijaksana dan menentang keras sistem Sichibukai yang menurutnya sangat merugikan. Buktinya, ia tidak mau tunduk dan bekerja sama dengan Doflamingo di Dressrosa.

Saat masih berada di pulau itu, Fujitora sempat bertarung singkat dengan Luffy dan Zoro. Kekuatan Fujitora saat itu memang mengerikan. Ia mampu menangkis serangan Zoro dengan mudah dan membuat Zoro terjebak dalam medan gravitasi yang dia buat. Namun, saat itu Fujitora memilih untuk melepaskan Luffy dan Zoro yang berperan penting dalam mengalahkan bajak laut Donquixote.

***

Nah, mungkin itu aja ya guys daftar musuh yang belum bisa dikalahkan Zoro pada pertempuran dahulu. Akhir kata, semoga artikel ini bisa menghibur dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan atau perbedaan pendapat dalam penulisan artikel ini. Sekian dan thanks atas kunjungannya!

Baca juga: 10 Pertarungan Terbaik Roronoa Zoro di One Piece

Previous Post Next Post

Contact Form