15 Musuh Terbaik dalam Marvel Cinematic Universe

Marvel Cinematic Universe telah menghasilkan film-film tentang superhero yang sangat luar biasa. Uniknya, film yang diciptakan oleh MCU saling berkesinambungan sehingga jalan ceritanya sangat seru buat diikuti.

Selain menghadirkan sosok superhero yang keren, MCU juga berhasil menghadirkan villain atau musuh berbahaya yang kekuatannya tak kalah menarik dari para superhero. Mereka malah cenderung membuat superhero kewalahan dalam berbagai situasi.

Nah, kali ini MogiMogy pengen sharing tentang 15 musuh terbaik dalam MCU. Kira-kira, siapakah saja mereka? Yuk, langsung kita ulas aja daftarnya berikut ini!

15. Ronan – Guardians of the Galaxy

Ronan adalah penjahat yang terkuat dari bangsa Kree. Sebelum menggunakan kemampuan Power Stone, Ronan bahkan membuat Drax the Destroyer kesulitan saat melawannya. Nggak hanya itu aja, Ronan juga mampu mengalahkan Korath dengan mudah.

Dalam film Guardians of the Galaxy, Ronan merasa muak dengan perjanjian damai antara bangsa Kree dan Xandar. Oleh karena itu, ia memilih untuk memberontak dan sempat membentuk aliansi dengan Thanos untuk menghancurkan bangsa Xandar. Namun, ia pada akhirnya mengkhianati Thanos setelah ia mengetahui kekuatan dari Power Stone.

14. Kaecilius – Doctor Strange

Penjahat yang dihadapi oleh Dr. Strange ini adalah salah satu penyihir yang pernah belajar di Kamar-Taj bersama Ancient One. Kaecilius menguasai berbagai macam sihir mistis yang kuat. Ia pun memiliki masa lalu yang pahit karena ia kehilangan istri sekaligus anaknya.

Kaecilius kemudian membelot dari Kamar-Taj karena tidak percaya dengan Ancient One ketika gurunya tidak memperbolehkan dimensi lain untuk memasuki bumi. Karena itulah, Kaecilius membentuk grup bernama Zealots untuk mengalahkan Ancient One dan memanggil Dormammu ke bumi.

13. Yellow Jacket – Ant-Man

Musuh Ant-Man yang satu ini adalah karakter yang sangat cerdas karena dia merupakan murid Hank Pym yang ditunjuk sebagai CEO Pym Technologies menggantikan Hank Pym. Ia sangat terobsesi dengan kreasi ciptaan Hank Pym yang bisa membuat orang menyusut hingga sekecil semut.

Karena itu, Cross melakukan penelitian sendiri untuk membuat partikel Pym versinya sendiri. Ia juga berniat menjual senjata berbahaya itu ke HYDRA dan Ten Rings. Ia memang berhasil menciptakan setelan khusus Yellowjacket yang memiliki kemampuan sama dengan setelan Ant-Man, tetapi ambisi jahatnya berhasil dihentikan oleh Ant-Man setelah mereka terlibat pertarungan sengit.

12. Yon Rogg – Captain Marvel

Di awal kemunculannya, kita mungkin akan berpikir bahwa Yon Rogg adalah karakter yang baik hati sekaligus rekan terpercaya dari Captain Marvel. Namun, Yon Rogg sejak awal memang merupakan musuh berbahaya dari bangsa Kree.

Ia adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian Mar-Vell di planet C-53. Berkat Yon Rogg, Carol Danvers kehilangan ingatannya dan kemudian dimanipulasi oleh bangsa Kree. Karena itulah, Yon Rogg selalu berusaha untuk menjauhkan Vers dari kebenaran. Meskipun Yon Rogg kuat, kemampuannya tidak sebanding dengan kekuatan Captain Marvel.

11. Hela – Thor: Ragnarok

Musuh terbaik berikutnya adalah Hela yang merupakan seorang Asgardian dan dikenal sebagai dewi kematian. Hela dipenjara oleh ayahnya Odin selama bertahun-tahun karena sifat serakahnya yang tak bisa dibendung.

Setelah terbebas dari kurungannya, Hela berencana untuk berkuasa di kerajaan Asgard. Ia juga tidak segan-segan mengancam siapapun yang menolak perintahnya. Sisi jahat sekaligus kekuatan Hela yang jauh lebih unggul dibandingkan Asgardian yang lain membuat Hela menjadi musuh yang sulit untuk dilawan Thor.

10. Mysterio – Spider-Man: Far from Home

Mysterio adalah musuh Spider-Man yang memiliki kemampuan untuk menciptakan ilusi. Sosok di balik penjahat ini ialah Quentin Beck yang merasa sakit hati setelah ia kehilangan pekerjaannya karena Tony Stark. Dia kemudian bergabung dengan mantan karyawan Stark yang lain untuk membalas dendam.

Dalam menjalankan aksi jahatnya, Mysterio menggunakan hologram khusus untuk mengeluarkan serangan ilusi Elemental. Setelah rahasia tipuan itu diungkap oleh Spider-Man, Mysterio pun berhasil dikalahkan hingga dia tewas karena ia terlalu percaya diri. Sebelum tewas, ia sempat mengungkap identitas asli Spider-Man.

9. Aldrich Killian – Iron Man 3

Aldrich Killian merupakan penjahat yang sangat jenius. Ia adalah pendiri sekaligus CEO dari Advanced Idea Mechanics. Setelah idenya ditolah oleh Tony Strack, Killian merencanakan balas dendam dan bekerja sama dengan Maya Hansen untuk menciptakan senjata manusia bernama Extremis.

Untuk menutupi aksinya, Killian pun menciptakan sosok Mandarin yang diperankan oleh Trevor Slattery. Nggak hanya itu aja, ia juga bekerja sama dengan wakil presiden Rodriguez untuk mengambil alih control politik dan ekonimi di USA. Meskipun kekuatan Killian sering membuat Tony terpojok, ia pada akhirnya berhasil dikalahkan oleh Tony dengan bantuan Potts dan colonel Rhodes.

8. Helmut Zemo – Captain America: The Winter Soldier

Karakter yang satu ini mungkin bukanlah musuh yang memiliki kekuatan super seperti musuh dalam list sebelumnya. Akan tetapi, Helmut Zemo adalah musuh yang sangat cerdas dan berbahaya karena kepintarannya mampu memecah belah Avengers hingga mereka bertarung satu sama lain.

Setelah kehilangan keluarganya pada insiden Sokovia, Zemo menyusun rencana yang sangat kompleks dan matang untuk menghancurkan Avengers. Rencana itu dimulai ketika Zemo menjebak Winter Soldier hingga menyebabkan kematian raja Wakanda T’Chaka hingga menyebabkan kegemparan di dunia. Meski di akhir cerita ia sempat mencoba membunuh dirinya sendiri, Zemo akhirnya ditangkap oleh Black Phanter dan diamankan di Joint Counter Terrorist Center.

7. Red Skull – Captain America: The First Avenger

Red Skull bisa dibilang sebagai musuh Captain America yang paling legendaris. Ia merupakan mantan pemimpin HYDRA yang bernama Johann Schmidt. Ia memiliki ambisi untuk menjadi manusia superior hingga dia mau menjadi subjek eksperimen manusia super Abraham Erskine.

Sayangnya, serum yang disuntikkan kepada Schmidt masih belum sempurna hingga efeknya membuat Schmidt berubah menjadi Red Skull. Ia sempat terlibat pertarungan dengan Captain America karena dia berniat menghancurkan Amerika. Namun, usaha tersebut gagal pada saat ia menyentuh Tesseract hingga membuatnya terlempat ke planet Vormir.

6. Vulture – Spider-Man: Homecoming

Musuh Spider-Man yang satu ini cukup aneh karena dia merupakan ayah dari orang yang disukai Peter Parker, Liz Allan. Adrian Toomes adalah seorang kriminal yang menjual senjata illegal yang menciptakan senjata dari rongsokan sisa pertempuran Avengers melawan pasukan Chitauri.

Toomes juga menggunakan identitas sebagai Vulture untuk menjalankan aksinya dengan menggunakan exo-suit yang diciptakan dari teknologi Chitauri. Dengan setelan khusus itu, Vulture bisa terbang bebas di udara dan dia menjadi musuh yang sangat merepotkan bagi Spider-Man. Setelah dikalahkan oleh Peter Parker, Toomes pun berakhir di penjara.

5. Ultron – Avengers: Age of Ultron

Berbeda dengan musuh sebelumnya, Ultron adalah musuh Avengers yang sangat berbahaya dan memiliki tingkat ancaman yang sangat tinggi. Ia merupakan kecerdasan buatan A.I yang diciptakan oleh Tony Stark dari Mind Stone yang ada pada tongkat Loki.

Awalnya, Ultron diciptakan untuk melindungi bumi dan umat manusia. Namun, Ultron malah memberontak setelah dia mengetahui bahwa manusia merupakan ancaman bagi bumi. Ultron pun akhirnya menjadi lawan yang sangat sulit dihadapi oleh Avengers. Kekuatan Ultron jauh melebih kemampuan manusia biasa, apalagi dia dilengkapi dengan armor dan senjata kuat yang diciptakan dari vibranium.

4. Iron Monger – Iron Man

Musuh Iron Man yang satu ini dulu adalah seorang rekan bisnis Tony Stark sekaligus teman baik ayahnya. Setelah kematian Howard, Stane sempat menjadi CEO dari Stark Industries hingga akhirnya Tony mengambil alih perusahaan tersebut.

Karena merasa cemburu dengan Tony, Stane bergabung dengan kelompok teroris dan berniat untuk mengambil alih jabatan CEO sekali lagi. Namun, usaha Stane berhasil diendus oleh Pepper Pots dan ia kemudian menciptakan baju tempur Iron Monger untuk melawan Stark. Sayangnya, perlawanan itu membuat Stane kehilangan nyawanya sendiri.

3. Erik Killmonger – Black Phanter

N’Jadaka atau lebih dikenal sebagai Erik Killmonger merupakan mantan pasukan NAVY SEAL sekaligus seorang Wakandan. Ia adalah anak dari pangeran N’Jobu. Ayahnya dibunuh oleh T’Chaka karena telah mengkhianati Wakanda. Karena itulah, Killmonger berniat untuk membalas dendam dan menjatuhkan T’Challa secara paksa.

Killmonger pun berniat untuk menguasai dunia menggunakan seluruh Vibranium milik Wakanda. Hal itu dia lakukan untuk mengakhiri penindasan terhadap orang-orang berkulit hitam. Kemampuan Killmonger pada mulanya jauh lebih kuat dari T’Challa. Ia adalah tentara yang terlatih dan tangguh, apalagi saat dia dilengkapi dengan setelan Phanter Habit.

2. Loki – Thor & Avengers

Musuh Thor sekaligus Avengers yang satu ini adalah saudara angkat dari Thor yang sangat cerdik dan licik. Yang membuat sosok Loki ini berbahaya adalah kepintarannya dalam membuat skenario pertempuran mengerikan dan dia lebih memilih bersembunyi di belakang serta mengontrol pertempuran itu dari balik layar sesuai keinginannya.

Kejahatan Loki mungkin memang sangat berat. Ia pernah melakukan penyerangan terhadap Asgard pada saat Thor dinobatkan sebagai raja. Nggak hanya itu aja, Loki juga sempat mengacaukan bumi dan membuka wormhole menggunakan Tesseract yang menjadi gerbang masuk pasukan Chitauri yang berniat menghancurkan bumi. Dari segi kekuatan, Loki mungkin nggak terlalu menakutkan, tetapi sifat liciknya itu sangat berbahaya.

1. Thanos – Avengers: Infinity War & Avengers: Endgame

Tak bisa dipungkiri bahwa Thanos adalah musuh terbaik sekaligus musuh yang paling menakutkan di alam semesta dalam Marvel Cinematic Universe. Thanos memiliki kekuatan yang sangat overpower dan memiliki tubuh yang berukuran raksasa. Selain memiliki fisik yang luar biasa, Thanos juga memiliki kekuatan lain, seperti menyerap dan menembakkan energi kosmik, telepati, dan telekinesis.

Dalam cerita, Thanos bersama pasukannya mencari ketujuh Infinity Stones dan dia berniat untuk memusnahkan setengah dari penduduk alam semesta. Karena itulah, ia menjadi musuh bagi seluruh umat di alam semesta, khususnya bagi seluruh pahlawan di bumi. Rencana Thanos tersebut telah tercapai dalam film Infinity Wars.

Meski sempat terpuruk, seluruh superhero akhirnya bangkit dalam film Endgame untuk mengumpulkan kembali ketujuh batu Infinty dan mengembalikan kondisi bumi ke kondisi semula. Hal itu pun membuat seluruh superhero harus melawan Thanos sekali lagi demi memperebutkan Infinity Stones tersebut.

0 Response to "15 Musuh Terbaik dalam Marvel Cinematic Universe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel